Tips Tingkatkan Omset dengan Promo di Akhir Tahun | Toko Kain Surabaya

Windy 18 Dec 2021 at 7:42
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Tips Tingkatkan Omset dengan Promo di Akhir Tahun

 

Selalu ada jalan untuk mereka yang berusaha. Pepatah itu juga berlaku dalam dunia bisnis dan marketing. Selalu ada cara untuk memaksimalkan penjualan, salah satunya dengan memanfaatkan momen akhir tahun sebagai media promosi besar-besaran untuk menarik minat para calon pembeli. Akhir tahun dipilih karena ini momen pergantian tahun ini identik dengan momen keluarga, waktu-waktu dimana banyak orang menghabiskan waktu berlibur dengan keluarga atau orang-orang terkasih. 

Pada momen seperti itu, daya beli pasar sedang meningkat dan pertimbangan-pertimbangan pembelian biasanya melemah. Pasar sedang masanya ingin memanjakan diri dengan berbelanja dan berbahagia. Kondisi psikologis seperti inilah yang ditangkap para marketer untuk mempromosikan produknya dengan gencar. Ini adalah momen langkah pada saat pergantian tahun.

Jika Anda juga seorang pebisnis, sudah seyogyanya tidak boleh melewatkan momentum pergantian tahun ini tanpa sebuah strategi-strategi khusus untuk mendorong penjualan Anda. Ada banyak ide strategi promosi pada bulan-bulan pergantian tahun ini. Ini dia beberapa tips yang dapat menjadi pertimbangan anda untuk menyambut momen pergantian tahun.

 

Pilihan Warna Rekomendasi Bahan Jas Almamater dan Bahan Baju Wear Pack Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Paket Bundling

 

 

Paket bundling bertujuan membuat pelanggan membeli banyak sekaligus. Jika bisa membeli dua mengapa harus satu? Jenis promo ini menginginkan pelanggan tidak hanya membeli satu jenis produk saja, atau kuantitasnya satu saja, tapi jika bisa membeli sepaket produk bahkan dengan kuantitas yang banyak. Untuk mencapai tujuan itu, dibuatlah banyak strategi marketing untuk menanamkan mindset bahwa membeli banyak akan mendapatkan harga yang lebih murah daripada hanya satu. Membeli banyak itu lebih menguntungkan. Jenis bundling ini pun beragam. Contohnya beli A akan mendapatkan gratis B, atau beli A dan B sekaligus harganya jadi lebih murah.

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Flash sale

 

 

Flash sale menjadi langganan mendorong penjualan pada tanggal-tanggal cantik dan prime time. Dulu mungkin kita masih asing dengan model promosi yang memberikan batas waktu yang singkat seperti ini, namun semakin seringnya flash sale dijadikan andalan menaikkan penjualan, kita jadi mulai terbiasa. Promosi flash sale identik dengan harga yang dipangkas sangat murah, waktu pembelian terbatas dan jumlah barangnya pun terbatas. Strategi ini menciptakan psikologis panik dan takut kehabisan. Barang yang semurah itu tidak akan datang dua kali, hanya saat itu dan jumlahnya terbatas, sehingga harus beli. Kira-kira seperti itulah psikologis yang dibangun kepada pembeli dengan flash sale.

 

Give away

 

 

Metode give away banyak dipakai oleh produk-produk baru yang sedang dalam misi mengenalkan produknya ke pasar. Targetnya adalah meluaskan jangkauan pasar lewat peranan pelanggan yang ikut membantu mempromosikan produk dengan imbalas produk gratis Cuma-Cuma. Give away menjadi cara favorit yang dianggap paling mudah dan murah untuk mengenalkan produk ke semakin banyak orang. Untuk meraih penjualan yang tinggi, syarat pertamanya adalah produk sudah dikenal pasar dengan cukup baik.

 

Voucher diskon pembelian kedua

 

 

Bukan pada pembelian pertama, namun yang kedua. Biasanya potongan harga yang ditawarkan sangat besar. Sebetulnya cara ini tidak jauh berbeda dengan promosi beli 2 lebih hemat, namun diskon besar pada pembelian kedua terlihat lebih kuat bahasa pemasarannya, apalagi jika diskon yang ditawarkan mencapai 70%. Angka itu sangat fantastis dan kuat sekali menarik perhatian. Strategi promosi ini sepenuhnya memanfaatkan bahasa pemasaran yang cukup cerdik. Kita pun dapat menjadikan cara ini sebagai refrensi dan variasi promo akhir tahun produk kita.

 

Beli 1 gratis 1

 

 

Dari sekian banyak tips promosi, jenis diskon ini dianggap yang paling kuat. Siapa yang dapat menolak jika diberi 1 gratis produk padahal hanya membeli 1 produk seperti biasanya? Tidak ada. Semua orang akan berbondong-bondong membeli produk kita dengan label gratis satu ini. Dari kacamata pembeli, diskon ini sangat menggiurkan dan sulit sekali untuk mereka tolak. Namun, strategi ini mensyaratkan modal yang cukup besar dari sisi penjualnya sebab harus menyediakan produk gratisan yang sama (berbedapun tidak masalah asal dikomunikasikan). Sekalipun harga penjualan sudah dinaikkan 150% dari biasanya, tetap saja, pihak penjual harus menyediakan modal yang lebih besar.

 

Gratis konsultasi sepuasnya

 

Beli produk gratis layanan, sepuasnya pula. Siapa yang tidak akan tergiur untuk segera membeli? Banyak pelanggan merasa bingung dan ragu untuk membeli produk karena ketidaktahuan informasi produk dan bagaimana produk tersebut dapat memenuhi kebutuhannya. Konsultasi gratis seputar produk dan kecocokan pada pelanggan adalah sebuah layanan yang sangat menarik. Contohnya saja produk skin care yang memiliki permintaan sangat tinggi di kalangan wanita. Konsultasi seputar produk skin care, kecocokan dengan kulit, seputar masalah kulit mereka dan produk mana yang bisa mengatasi, adalah topik-topik yang sangat dibutuhkan dan hal itu dapat menguatkan alasan pembelian. Masih jarang yang memberikan layanan ini sebagai strategi promosi produk, mungkin kamu bisa mencobanya!

Itulah beberapa tips strategi promosi yang dapat menaikkan penjualan dengan memanfaatkan momen akhir tahun. Tertarik mencoba salah satunya?

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 17
  • 2093 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article