Inilah 5 Bahan Kain Terbaik untuk Membuat Tunik Cantik | Toko Kain Surabaya

Administrator 23 Mar 2021 at 8:21
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Inilah 5 Bahan Kain Terbaik untuk Membuat Tunik Cantik!

 

 

Setelan dengan panjang hingga mencapai lutut (bahkan lebih) ini tentu tak asing lagi, terutama bagi kalangan hawa. Tunik sudah menjadi salah satu setelan yang banyak digemari oleh para wanita Indonesia. Selain memiliki motif dan model yang cantik, banyak wanita menjadikannya sebagai salah satu baju andalan. Mengingat karakter tunik yang tidak hanya cocok untuk dipakai saat suasana formal, tapi juga saat suasana kasual.

 

Tak mengherankan jika kemudian para pebisnis konveksi tertarik untuk memproduksi baju tunik. Mengingat potensi pasar yang tidak kalah menarik dari gamis dan jilbab. Sehingga pada akhirnya mulai banyak yang mencari tentang bahan-bahan kain yang cocok. Supaya nantinya tunik yang dihasilkan bukan hanya menjadi estetik setelah dijahit, tapi juga nyaman untuk dipakai sehari-hari.

Baca Juga Artikel Berikut

 

Kain Brokat

 

Model Menggunakan Busana dengan bahan Kain Brokat

Model Menggunakan Busana dengan bahan Kain Brokat

 

 

Tunik yang dibuat dari bahan kain brokat tentu tak asing karena sering kita lihat terutama saat menghadiri pesta pernikahan. Karena tunik brokat menjadi salah satu andalan para kaum hawa untuk bisa tampil elegan dan lebih atraktif saat datang ke acara seperti itu. Selain karena kain brokat yang memiliki banyak dekorasi seperti bunga-bunga, polanya yang rumit dan sangat beragam menjadikan kain brokat tak pernah membosankan.

 

Saat kaum hawa merasa cukup ribet dengan kebaya, tunik brokat akhirnya menjadi alternatif yang lebih simpel. Dengan lapisan furing yang tepat, tunik brokat bukan hanya menjadi baju pesta yang menambah daya tarik, tapi juga menjaga kenyamanan saat dipakai. Berikut ini adalah beberapa jenis bahan brokat yang banyak dipakai dalam pembuatan tunik:

 

1.Brokat Perancis

Bahan kain brokat ini memiliki pola dan serat yang cenderung rapat sehingga tak terlalu menerawang. Karenanya banyak produsen yang membiarkan tunik dari bahan brokat ini tanpa dilapisi furing.

 

2.Brokat Prada

Jenis ini termasuk kain brokat yang cukup eksklusif dan memberikan kesan mewah. Karena dalam satu kain bisa memberikan hingga tiga warna sekaligus. Tak heran akhirnya menjadi salah satu pilihan favorit untuk produksi tunik pesta.

 

3.Brokat Varanasi

Karakter jenis kain brokat ini cenderung lembut di kulit sehingga nyaman saat dipakai. Namun meskipun begitu tunik dari bahan ini masih membutuhkan furing pelapis karena bahannya menerawang.

 

4.Brokat Awan Nangkring

Dinamakan demikian karena bahan kain brokat ini memiliki warna-warna yang indah dan mirip dengan awan di langit. Tunik yang dibuat dari bahan brokat ini akan menghasilkan kesan yang cantik dan anggun.

 

 

Kain Katun

 

Model Menggunakan Busana dengan bahan Kain Inma Premium

Ilustrasi : Busana dengan bahan Kain Inma Premium

 

 

Orang banyak mengatakan bahwa kain katun adalah kain yang paling multifungsi karena bisa dipakai untuk beragam jenis pakaian. Hal itu tidak berlebihan memang, mengingat kain katun yang memiliki banyak ragam pilihan dan kualitas. Sehingga sangat fleksibel untuk disesuaikan dengan kebutuhan pembuatan baju, tak terkecuali dalam produksi tunik-tunik cantik.

 

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika kain katun menawarkan kenyamanan saat dipakai, terutama di daerah dengan iklim tropis seperti Indonesia. Kainnya menjadi cukup hangat saat cuaca dingin dan sebaliknya tidak gerah saat cuaca panas. Selain juga mampu menyerap keringat dengan cukup baik dan permukaan yang halus. Dengan karakter serat kain yang rapat, membuat kain ini tidak menerawang dan tidak membutuhkan furing tambahan seperti halnya kain brokat.

 

Berikut ini beberapa jenis bahan kain katun yang bagus untuk dibuat menjadi tunik:

 

1.Katun Oxford

Selain bagus untuk dipakai bahan pembuatan kemeja, katun Oxford juga cocok untuk dibuat menjadi tunik. Pilihan warna yang sangat beragam membuat kaum hawa bisa bebas memilih. Teksturnya juga sangat rapi dan halus, sehingga akan mendukung penampilan ketika dibuat menjadi tunik.

 

2.Katun Inma Premium By Sumtex

Bahan kain ini juga banyak direkomendasikan bagi para produsen tunik. Karena permukaannya yang halus dan beberapa jenis memiliki tampilan silky (mengkilap). Menjadikan tunik bukan hanya tampak cantik namun juga mewah. Meskipun kain ini memiliki jalinan serat yang rapat, namun tetap nyaman dipakai karena kain menyerap keringat dengan baik dan tidak membuat gerah. Berikut adalah salah satu contoh baju tunik yang dibuat dengan bahan kain ini.

 

3.Kain Katun Toyobo

Bahan kain ketiga yang juga bagus untuk dibuat menjadi tunik adalah katun Toyobo. Selain kainnya yang halus dan lembut bagi permukaan kulit, tampilannya yang lebih licin membuat tunik tampak semakin berkelas. Sehingga membuat pemakainya semakin percaya diri untuk mengenakan ke acara seperti pesta.

 

 

Kain Batik

 

Model Menggunakan Busana dengan bahan Batik

Model Menggunakan Busana dengan bahan Batik

 

 

Tentu saja bahan kain ini tidak absen ketika membicarakan soal tunik. Batik menjadi salah satu andalan favorit untuk mendukung penampilan, dalam acara kasual maupun formal. Tak sedikit pula wanita yang memakainya untuk ke tempat kerja. Karena selain batik tak pernah ketinggalan mode dengan aneka ragam motif artistiknya, beberapa tempat kerja bahkan mewajibkan batik untuk dipakai dalam hari-hari tertentu.

 

Ada cukup banyak ragam bahan kain batik yang bisa digunakan dalam produksi tunik. Berikut ini adalah beberapa diantaranya yang banyak disarankan:

 

1.Kain Batik Tulis

Jenis kain batik ini biasanya memiliki warna yang lebih tajam dan motif lebih unik. Mengingat pembuatannya dilakukan secara manual menggunakan tangan. Bisa menjadi pilihan yang bagus untuk membuat tunik premium, karena bahan kain batik tulis memiliki harga yang relatif tinggi.

 

2.Kain Batik Jumputan

Dibandingkan dengan kain batik tulis, bahan kain ini cenderung lebih ramah di kantong karena tekniknya meskipun manual, namun jauh lebih mudah. Yakni dengan mengikat kain dan kemudian mencelupkannya pada cairan pewarna.

 

3.Kain Batik Printing

Jenis kain batik ini juga memiliki harga yang cenderung lebih terjangkau karena pembuatannya menggunakan mesin cetak otomatis. Ini bisa menjadi alternatif yang bagus untuk produksi tunik batik dengan harga yang lebih terjangkau di pasaran.

 

 

Kain Maxmara

 

Model Menggunakan Busana dengan bahan Maxmara

Model Menggunakan Busana dengan bahan Maxmara

 

 

Mungkin bagi kaum hawa cukup sering menemukan kain ini dipakai dalam pembuatan gamis atau jilbab. Tak mengherankan jika bahan kain ini juga direkomendasikan untuk pembuatan tunik, karena karakter kainnya yang jatuh dan halus, membuat tunik tampak cantik elegan saat dikenakan.

 

Selain itu, kain maxmara juga banyak digemari karena karakter berikut:

1. Kain ini cenderung tipis, namun meski begitu memiliki kerapatan serat yang cukup baik sehingga tidak menerawang

 

2. Tampilannya akan terlihat sedikit berkilau, namun tidak glossy, melainkan doff.

 

3. Sangat wajar jika kain ini tergolong cukup mahal, karena memiliki tekstur yang licin dan ringan seperti satin, namun dengan kualitas lebih bagus.

 

4. Ada sangat banyak pilihan motif dan warna pada bahan kain maxmara, membuat para kaum hawa semakin banyak yang menyukainya.

 

Beberapa jenis bahan kain maxmara yang bagus untuk dipakai dalam pembuatan kain tunik seperti kain maxmara lokal, maxmara pure Italy, maxmara galaxy, hingga maxmara lux yang biasanya dipakai untuk pembuatan tunik premium.

Baca Juga Artikel Berikut

 

 

Kain Wolfis

 

Model Menggunakan Busana dengan bahan Wolfis

Model Menggunakan Busana dengan bahan Wolfis

 

 

Inilah bahan kain terakhir yang banyak direkomendasikan untuk pembuatan tunik. Bahan kain ini memiliki karakter yang jatuh saat dikenakan, membuat penampilan wanita akan semakin tampak elegan. Meskipun bahannya ringan, namun bahannya tidak menerawang. Selain itu kain wolfis juga memiliki karakter berikut:

 

1. Teksturnya halus dan lentur, sehingga nyaman ketika mengenai permukaan kulit

 

2. Bahan ini tidak mudah kusut saat dikenakan, sehingga akan menjaga penampilan tetap rapi

 

3. Bahan ini sangat cocok untuk dipakai, terutama saat cuaca panas. Karena bahan wolfis memiliki sensasi sejuk saat dipakai.

 

Apabila Anda membutuhkan Bahan Katun Inma Premium untuk Perusahaan maupun Pribadi. Anda dapat menghubungi WA kami untuk info lebih lanjut.

 

Cek Yuk Sis Pilihan Warna Bahan Kemeja Dan Gamis Inma Premium Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 34
  • 11659 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article