Sedang Banyak Diminati Ini Cara Membuat Masker Tie Dye | Toko Kain Surabaya

Windy 23 Jan 2022 at 8:09
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Sedang Banyak Diminati, Ini Cara Membuat Masker Tie Dye

 

Sudah berjalan hampir dua tahun kita hidup dalam suasana pandemi dimana ancaman terinfeksi masih tetap ada, terlepas bagaimana grafik penyebaran terus naik turun. Mungkin dulu kita tidak menyangka bahwa memakai masker akan menjadi kebutuhan dalam jangka waktu yang panjang. Memakai masker nyatanya tidak akan berhenti sekalipun angka infeksi covid19 terus menurun dan kehidupan mulai kembali normal. 

 

Cara Membuat Masker Tie Dye

 

Ibarat dalam sebuah perang, masker adalah perisai pertama seorang prajurit yang berhadap-hadapan dengan musuhnya. Jika kita lelah memakai masker, bahaya terinfeksi menjadi semakin tinggi. Virus covid19 tidak terlihat, kita pun tidak bisa menduga darimana kita akan terpapar. Sehingga masker akan terus menjadi kebutuhan dalam jangka panjang. 

 

Kadang kala kita dilanda kejenuhan memakai masker. Kejenuhan itu salah satunya datang dari model masker yang monoton itu-itu saja. Warnanya polos, modelnya polos, dan dimana-dimana kita akan melihat barang yang sama.

 

Sebagian orang benci memakai masker karena dapat menutupi wajahnya dan membuatnya tidak terlihat fashionable karena masker. Sebagian sisanya merasa bosan dengan masker yang sama sekali tanpa variasi. Karena kondisi yang hampir seragam ini, muncullah sebuah ide untuk membuat masker jadi lebih unik, kreatif dan tentunya tidak membosankan. Masker motif tie dye akhirnya muncul di pasaran. 

 

Motif tie dye sendiri bukan benar-benar motif yang baru dalam dunia fashion. Ini merupakan motif yang dihasilkan dari teknik celup ikat yang memberikan corak warna yang abstrak namun terlihat indah dan segar. Kita pun dapat bebas berkreasi ingin membuat corak yang seperti apa maupun warna apa. Awalnya tie dye banyak dipakai untuk kain jarik wanita, kemudian jadi baju atasan, kaos, jaket, jilbab hingga sekarang menjadi salah satu kreasi pada masker. Kenapa masker tie dye menjadi primadona di tengah pandemi? 

 

Rekomendasi Warna Potensha Bahan Seragam Sekolah Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Apa yang menarik dari masker tie dye? 

Alasan yang pertama, karena masker tie dye ini menjadi ide segar di tengah kejenuhan pasar. Masker yang beredar kebanyakan hanya masker kain polos, masker medis juga terbatas warnanya. Jika pun ada masker bercorak, motifnya pun itu-itu saja. Masker tie dye muncul dengan kesan bebas, unik dan segar. Motif tie dye tidak membosankan karena perpaduan warnanya abstrak dan tidak saklek. Kita juga bisa membuatnya sendiri sesuai dengan keinginan kita. 

 

Cara Membuat Masker Tie Dye

 

Alasan kedua karena masker tie dye mudah kita buat sendiri. bahan-bahannya dapat memanfaatkan masker-masker kain yang sudah dimiliki sehingga tidak harus membeli baru lagi. dari segi kreasi warna dan motifnya bebas tergantung kita. Hasil jadinya pun akan lebih memuaskan dan memberikan kebahagiaan sebab kita memakai masker tie dye karya sendiri. 

 

Tertarik untuk mencoba membuatnya sendiri? Caranya mudah. Yuk disimak!

Bahan yang perlu disiapkan 

Sebelum membuat, kita siapkan dulu bahan-bahan yang diperlukan. Seperti kita uraikan di awal bahwa membuat masker tie dye ini tidak harus membeli masker baru. Masker kain apapun yang kita miliki, dapat dijadikan bahan eksperimen membuat motif tie dye, syaratnya masker kainnya polos tanpa motif dan usahakan berwarna putih. Masker kain warna lain berpotensi gagal pewarnaan. 

 

Cara Membuat Masker Tie Dye

 

Pewarna kain, biasanya sering memakai wenter atau pewarna apapun. Lalu untuk membuat motifnya kita dapat menggunakan karet gelang dan wadah untuk mencampur pewarnanya. 

 

Begini cara membuat masker tie dye

Setelah semua bahannya siap, mari kita mulai membuat motif tie dyenya terlebih dahulu. Untuk membuat motif garis lurus, lipat-lipat masker memanjang lalu ikat dengan karet di bagian-bagian yang kita inginkan. Bekas ikatan karet itulah yang nanti akan membentuk motif putih. Jika ingin motif lingkaran, maka jumput sedikit kain di ujung jari, kemudian rapatkan dan ikat dengan karet gelang. 

 

Cara Membuat Masker Tie Dye

 

Setelah melakukan beberapa ikatan untuk motif, kita siapkan pewarnanya dengan mencampur bersama air hangat dalam sebuah wadah. Untuk membuat masker lebih dari satu warna, berarti kita butuhkan wadah pewarna sesuai jumlah warna yang diinginkan. Proses pewarnaan dengan diciprat-cipratkan atau disemprotkan ke masker sesuai keinginan. Namun, jika menghendaki hanya satu warna saja, maka kita bisa merendamnya sekaligus dalam satu wadah pewarna lalu menunggunya hingga kering. 

 

Masker dapat digantung seperti dijemur namun tidak di bawah terik matahari, atau dimasukkan ke dalam plastik kedap udara dan menunggunya kering hingga warna meresap sempurna. Setelah pewarnaan kering, kita boleh melepas karet gelangnya dan muncullah motif acak warna putih sesuai jumputan kita. Setelah itu, bilas masker dengan air dingin sampai bersih dan masker dikeringkan kembali sebelum dipakai. 

 

Agar masker tie dye kita tidak cepat kusam warnanya dan tahan lama, ketika menjemurnya tidak di bawah terik matahari secara langsung. Gantung di tempat yang teduh dan berangin agar masker dapat kering secara alami tanpa kehilangan warna tie dyenya. 

Baca Artikel Terkait Yuk

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 42
  • 2106 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article