Inilah 5 Ciri Masker Kain yang Bagus dan Efektif Cegah Covid 19 | Toko Kain Surabaya

Administrator 30 Dec 2020 at 17:30
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Inilah 5 Ciri Masker Kain yang Bagus dan Efektif Cegah Covid-19

 

 

Pandemi Covid-19 yang masih belum selesai hingga saat ini melahirkan banyak perubahan. Salah satunya kebiasaan baru memakai masker saat beraktivitas. Sebagian orang memilih untuk memakai masker medis, sedangkan sebagian lainnya memilih alternatif yang lebih ekonomis dengan masker kain.

 

Ada yang mengatakan bahwa masker kain tidak layak untuk digunakan mencegah virus Covid-19, tapi sebagian lainnya membantah. Karena menurut mereka, ada masker kain yang kualitas dan efektivitasnya hampir sama seperti masker medis. Hanya saja, untuk bisa menjadi masker kain yang benar-benar efektif, harus memenuhi ciri-ciri tertentu yang akan dijelaskan lebih lengkap di bawah ini.

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Menutupi Bagian Tepi Wajah

 

Anak2 memakai masker kain

 

 

Masker kain coba untuk diciptakan demi menggantikan masker medis. Maka idealnya secara bentuk juga tak berbeda atau mengadopsi bentuk masker medis. Dimana masker menutupi hidung hingga pangkal, mulut hingga dagu dan pipi hingga batas telinga. Sehingga dengan begitu droplet virus Covid-19 tidak mudah untuk masuk lewat hidung maupun mulut.

 

Jika Anda memiliki rencana untuk memproduksi masker kain, maka poin ini seharusnya menjadi catatan sejak pembuatan desain. Karena harus Anda pastikan bahwa produk masker kain Anda nanti benar-benar menutupi bagian tersebut. Pengukurannya juga harus diperhitungkan dengan baik sejak pembuatan pola, sehingga para penjahit bisa mengikuti pedoman yang tepat.

 

Cek Yuk Bahan Oxford/ Granmax/ Japan Matt di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Tali atau Karet yang Pas

 

 
Anak2 memakai masker kain
 
 
 

Syarat masker kain selanjutnya adalah adanya tali atau karet yang bisa digunakan untuk mengaitkan masker dengan telinga atau bagian belakang kepala. Sehingga dengan begitu masker kain tidak mudah lepas saat digunakan beraktivitas.

 

Meski begitu adanya tali dan karet saja tidak cukup, karena ukurannya harus benar-benar pas. Tali yang dibuat harus bisa dengan mudah disesuaikan panjang pendeknya. Sedangkan karet harus benar-benar pas dan tidak longgar saat dipakai. Karena jika longgar atau tidak mengait dengan pas, orang akan merasa kurang nyaman dan justru terus menyentuh area wajah untuk membetulkannya.

 
 

Lapisan Kain Masker

 

 
Masker Terbuat Dari Kain
 
 
 

Perlu dipahami bahwa droplet virus Covid-19 bisa dengan mudah menembus kain biasa. Karenanya masker kain tidak bisa menggunakan sembarang bahan. Idealnya masker terdiri dari minimal dua lapis, yakni lapisan luar dengan karakter anti air dan lapisan dalam dengan karakter mampu menyerap air. Seperti halnya karakter masker medis dimana lapisan luarnya waterproff dan lapisan dalamnya mudah menyerap air.

 

Jika Anda ingin membuat masker kain yang benar-benar efektif, maka pakailah bahan kain yang anti air dan bakteri untuk lapisan luarnya. Salah satu contoh bahan yang banyak dipakai adalai Oxford Dy dari Sumtex. Bahan kain ini dibuat dengan teknologi Achroma sehingga bisa menahan droplet dan juga anti bakteri.

 

Sedangkan untuk bagian lapisan dalamnya bisa menggunakan bahan yang menyerap droplet dan memiliki permukaan yang halus. Sehingga ketika pemakai bersin atau batuk, droplet langsung diserap dan juga tetap nyaman digunakan. Contoh bahan kain yang bisa Anda gunakan adalah Golden Mella.

 
 

Tidak menyulitkan Pernapasan

 
 
Seorang wani menggunakan masker dari kain
 
 
 

Tentu saja ini menjadi syarat yang penting dari masker kain. Karena sebagus apapun kualitas masker, namun bahan kainnya membuat pemakai sulit untuk bernapas, tak ada yang tahan memakainya. Karena itu jika Anda ingin membuat masker kain yang nyaman dipakai, pilihlah bahan yang breathable dan membuat aliran udara tetap mudah.

 

Salah satu bahan kain yang bisa Anda gunakan adalah Oxford Dy dari Sumtex. Memang benar bahwa karakternya anti air dan menahan droplet. Tapi itu tak membuatnya sulit mengalirkan udara. Sehingga bahannya yang ringan tetap memudahkan pemakai untuk bernapas dengan lega.

 
 

Tidak Berubah Bentuk

 

Kriteria terakhir yang harus dimiliki oleh masker kain supaya efektif mencegah Covid-19 adalah tidak mudah berubah bentuk. Artinya bahan kain itu cukup kuat, sehingga tidak mudah mengembang saat dicuci dan tidak mudah menyusut saat dikeringkan.

 

Bahan kain Oxford Dy dari Sumtex yang sudah dipaparkan sebelumnya pun juga memiliki karakteristik ini. Karena meskipun ia ringan dan tergolong tipis, tapi anyaman benangnya membentuk kain yang kuat. Sehingga bahan tidak mudah mengembang atau menyusut karena proses pencucian maupun pengeringan.

 

Kriteria yang sudah dipaparkan di atas bisa menjadi pedoman bagi Anda yang ingin membeli masker kain maupun memproduksinya. Bagi Anda yang menjadi konsumen, perhatikanlah setiap masker kain yang ingin Anda beli untuk memastikan bahwa ia sudah memenuhi kriteria-kriteria tersebut. Sehingga Anda pun merasa semakin optimis kain masker itu bisa menahan droplet virus Covid-19.

 

Sedangkan bagi Anda yang berencana untuk memproduksi masker kain, entah dalam jumlah kecil maupun besar, perhatikan kriteria di atas dalam proses pembuatan. Pastikan bahwa desain Anda memenuhi kriteria, prosesnya dilakukan dengan benar. Sehingga nantinya hasil produksi masker kain Anda bukan hanya punya nilai jual di pasaran, tapi juga benar-benar melindungi para pelanggan dari virus Covid-19.

 

Apabila anda membutuhkan Berbagai macam kain oxford, baik itu Oxford sari warna, Oxford Dy by sumtex, Oxford twotone. Kusuka Tropical. Kami Mitra mulia menyediakan nya. Untuk informasi lebih jelas dapat menghubungi contact wa kami : 081703812160

Semoga bermanfaat!

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 77
  • 2494 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article