Mengenal Kain Dakron dan Manfaatnya yang Sangat Beragam | Toko Kain Surabaya

Administrator 15 Mar 2021 at 20:44
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Mengenal Kain Dakron dan Manfaatnya yang Sangat Beragam

 

 

Dalam industri furniture dan tekstil kita mengenal salah satu bahan baku yang sudah banyak beredar di masyarakat yaitu dakron. Pada dasarnya dakron bukanlah nama resmi dari suatu bahan, akan tetapi dakron adalah sebuah merek dagang yang dikenalkan oleh salah satu perusaahn tekstil di Inggris yang bernama Du-pont. Nama asli dari produk dakron ini adalah Polietilena Tereftalat yaitu salah satu jenis serat benang yang terbuat dari bahan polyester.

 

Di Indonesia, bahan dakron ini dipopulerkan oleh perusahaan yang bernama Hilon Indonesia. Perusahaan ini membuat dakron dengan menyesuaikan lingkungan di Indonesia serta menggunakan bahan baku yang berasal dari Indonesia sehingga dakron yang ada di Indonesia memiliki karakter mudah dicuci, cepat kering, tidak mudah menyusut atau kempes, dan memiliki daya serap yang tinggi.

 

Dakron terdiri dari serat halus dan memiliki daya kembang yang tinggi, sehingga apabila ditekan kemudian dilepaskan maka produk dengan bahan dakron akan kembali mengembang ke bentuk semula dan tidak kempes.

 

 

Foto : Dakron
 
 

Masyarakat mengenal bahan dakron yang berwujud seperti kapas atau gulali, berwarna putih dan dijual secara kiloan. Ternyata selain dakron kiloan, terdapat jenis lain dari bahan baku dakron yaitu dakron lembaran atau dikenal dengan sebutan padding. Padding terbuat dari serat polyester dan fiber, kemudian diikat dengan thermal bonding maupun chemical bonding. Bahan kain dakron ini biasanya dijual dalam satuan meter. Ketebalan dari kain dakron ini juga bervariatif.

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Ketebalann kain dakron yang tersedia di pasar berkisar antara 2,5 cm hingga yang paling tipis yaitu 0,5cm. Bahan baku dakron sangat mudah ditemui di pasar online maupun offline, namun anda disarankan untuk membeli bahan baku dakron langsung di pasar tekstile agar dapat menilai langsung kualitas dakron dan melakukan tawar menawar. Jika anda akan melakukan pembelian dalam jumlah banyak, tentu saja anda dapat memperoleh harga yang lebih murah.

 

Apa bila anda membutuhkan Dakron, Mitra mulia menyediakan Anda dapat menghubungi WA kami, untuk info lebih lanjut. Atau mengunjungi website kami. Kami Dengan Senang Hati akan membantu anda

 

Foto : Dakron
Foto : Dakron
 
 

Jenis Kain Dakron

 

1. Kain dakron reguler

Karakter kain dakron ini adalah memiliki daya tahan terhadap berbagai bahan kimia dan tingkat kekeringannya tinggi. Kelebihan kain dakron ini cenderung lebih awet dan lebih cepat kering apabila dicuci. Kain dakron jenis ini memiliki serat yang cenderung kasar, dan kurang lembut sehingga kurang cocok dipakai sebagai bahan baku bed cover.

 

2. Kain dakron air hole

Kain ini memiliki bulky yang tahan lama, serta terkombinasi dengan tingkat kekeringan tinggi.

 

3. Feether Touch

Kain dakron dengan jenis ini juga memiliki bulky yang tahan lama, dengan tingkat kekeringan tinggi, sekaligus memberikan kesan yang halus dan licin.

 

4. Absolite

Kain dakron ini mampu menjaga suhu tetap hangat secara naksimal. Bahan kain ini bersifat ringan dan halus. Cocok digunakan untuk produk yang superior karena memiliki keunggulan lembut, daya tahan tinggi, kuat dan hangat.

 

5. MC Fill

Bahan kain dakron jenis ini merupakan perpaduan dari polyester dengan micro fiber sehingga menghasilkan kain dakron yang lembut seperti sutra dan mampu melindungi produk anda dari gesekan atau goresan. Karakter kain dakron jenis ini adalah memiliki serat yang sangat halus, berwarna sangat putih, bobotnya ringan serta sangat mengembang.

 

6. Hard Padding

Hard padding adalah bahan kain dakron yang berbentuk lembaran ataupun roll. Kelebihan kain dakron ini dibandingkan busa adalah kain dakron ini memiliki pori-pori yang dapat dilalui udara, bebas dari bahan kimia sehingga aman digunakan untuk bayi, anak-anak dan tentu saja ramah lingkungan. Ditinjau dari harga, kain dakron jenis ini tergolong murah karena proses produksinya yang efisien sehingga harga jualnya tidak tinggi. Kain dakron ini dapat dimanfaatkan sebagai kasur bayi, matras, bantalan kursi.

 

 

Foto : Dakron
Foto : Dakron
 
 

7. Silicon

Kain dakron jenis silicon terbagi menjadi dua kelas. Kain dakron kelas satu biasanya merupakan jenis yang bagus, seratnya sangat halus dan berwarna sangat putih. Sedangkan untuk kelas dua, memiliki warna yang terkesan sedikit kusam. Dari segi harga, kain dakron kelas dua tentu saja dijual dengan harga lebih murah.

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

 

Manfaat kain dakron

 

Manfaat kain dakron diantaranya dapat digunakan untuk membuat bed cover, sebagai batting atau bahan pelapis tas, kasur tipis untuk bersantai, bahan pelapis jaket. Sedangkan bahan dakron yang kiloan biasanya dimanfaatkan sebagai isian bantal, guling, boneka, kasur. Bahan dakron jenis ini mulai digunakan untuk menggantikan bahan kapuk yang dinilai sudah ketinggalan zaman.

 

Kelebihan Kain Dakron

 

1. Dapat dicuci

Seluruh produk yang terbuat dari bahan dakron, baik dakron kiloan maupun dakron lembaran dapat dicuci. Disarankan untuk mencucinya dengan tangan saja agar tidak merusak tekstur dakron. Setelah dicuci, usahakan dakron dikeringkan dengan cara dijemur dibawah sinar matahari. Hal ini bertujuan agar dakron menjadi kering secara maksimal, dan dapat lebih mengembang.

 

2. Lebih Higienis

Bahan kain dakron dinilai lebih higienis dibandingkan bahan lainnya karena bahan kain dakron tidak menimbulkan debu. Sehingga cukup aman dipakai oleh orang yang sensitif atau memiliki riwayat alergi debu. Biasanya dokter juga akan menyarankan penggunaan dakron bagi penderita asma atau penderita penyakit pernafasan.

 

 

Foto : Dakron
Foto : Dakron
 
 

3. Praktis

Produk-produk berbahan baku dakron memiliki keunggulan mudah disimpan, dikemas, dilipat dan dibawa bepergian. Sebab produk yang berbahan baku dakron dapat divakum menjadi bentuk yang sangat kecil. Selain itu bahan dakron tidak mudah menyusut dalam jangka waktu yang lama. Sehingga konsumen dapat lebih menghemat pengeluaran untuk pembelanjaan produk hasil dakron seperti kasur, matras, bantal, guling.

 

4. Harga terjangkau

Seperti yang sudah dijelaskan diatas secara singkat, bahan kain dakron ditawarkan dengan harga yang terjangkau, apalagi mengingat banyaknya manfaat atau keunggulan dari kain bahan ini. Tentu saja anda tidak akan merugi jika mengolah produk yang anda inginkan dengan bahan ini.

 

Cek Yuk Bahan Furing yang lain

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article