5 Pilihan Kain Terbaik untuk Membungkus Buket Bunga | Toko Kain Surabaya

Windy 20 Aug 2022 at 8:00
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

5 Pilihan Kain Terbaik untuk Membungkus Buket Bunga 

 

 

Kain untuk Membungkus Buket Bunga

 

Buket bunga menjadi simbol dan cara mengungkapkan perasaan kepada orang yang spesial. Tidak hanya kepada kekasih pada hari yang istimewa, namun kepada orang tua, saudara dan sahabat. Pada berbagai momen penting dalam hidup mereka, kita dapat memberikan bunga sebagai ucapan selamat. Agar bunga yang kita berikan semakin cantik, ada beberapa kain yang sangat cocok dijadikan pembungkus. Berikut ini penjelasannya. 

 

Pilihan Warna Rekomendasi Kain Nagata Drill Bahan Kain Seragam Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

 

KAIN ORGANZA

Organza seringkali diidentikkan dengan sesuatu yang mewah dan elegan. Tampilan kain yang mengkilap memberikan efek mewah, mahal dan sangat cantik. Warna-warnanya pun begitu cantik, warna pastel, cerah maupun warna gelap tetap terlihat sangat elegan karena sifat kainnya yang sedikit transparan dan mengkilap. Kain organza sangat cocok sebagai kain pembungkus buket bunga. Ditambah dengan karakter kainnya yang mengembang dan ringan, buket bunga dengan kain organza akan terlihat berisi dan manis. 

 

Kain untuk Membungkus Buket Bunga

 

Kain organza cocok untuk berbagai jenis bunga, terutama mawar penuh. Namun, bila ingin menggunakan kain organza untuk buket bunga campuran lainnya, tidak masalah. Agar buket bunga terlihat lebih kokoh dan sempurna, kain organza perlu dipadukan dengan kertas atau jenis kain lainnya yang berwarna bold dan tidak transparan. Dengan memadukan yang solid dan transparan, buket bunga jadi lebih manis dan mewah. 

 

KAIN TILE 

Kain tile biasanya disandingkan dengan keluarga kain brokat sebab memiliki kegunaan yang hampir sama, yaitu menjadi bahan dasar pakaian-pakaian formal seperti kebaya dan gamis. Ada juga yang menganggap bahwa kain tile adalah salah satu jenis brukat. Sebenarnya kain tile cukup berbeda.

Kain tile memiliki ketebalan yang cukup tipis. Bila ingin membuat baju dari kain tile, kita perlu menambahkan kain dalaman lagi. 

 

Kain untuk Membungkus Buket Bunga

 

Namun cerita akan berbeda saat kita manfaatkan kain tile sebagai pembungkus buket bunga. Kain tile yang transparan, bening dan memiliki motif benang yang timbul menjadi alasan mengapa kain tile sangat cantik dijadikan pembungkus buket bunga. Kita tidak membutuhkan kain furing tambahan, namun bila ingin menambahkan kain polos sebagai pelengkap buket bunga, juga tidak masalah. Keberadaan kain polos dengan warna senada, dapat menonjolkan kecantikan kain tile. 

 

Ada tiga macam kain tile yang cocok dijadikan pembungkus buket bunga:

 

  1. Tile salju

Tile salju mengacu pada motif benang tilenya yang bulat-bulat, timbul dan tersebar acak, persis seperti butiran salju. Hanya saja tile salju hadir dalam beberapa variasi warna, tidak hanya berwarna putih saja. Agar tile salju lebih menonjol, kita bisa menambahkan kain atau kertas karton yang berwarna senada dan polos. Dengan demikian, motif tile salju dapat lebih terlihat. 

  1. Tile stripwave 

Bila tile salju bentuk motif benangnya bulat-bulat tersebar, maka stripwave mengusung konsep gelombang. Jadi motifnya berbentuk garis-garis bergelombang bagaikan gelombang air laut. 

  1. Tile polos kaku

Sesuai dengan namanya, tile polos ini tidak memiliki tambahan motif benang yang timbul. Benar-benar polos dan justru karena tanpa motif itulah, tile polos banyak dipilih. Tile polos mewakili kesan elegan dan simpel pada buket bunga. 

 

KAIN SPUNBOND 

 

Kain untuk Membungkus Buket Bunga

 

Jenis kain berikutnya adalah kain yang begitu familiar akhir-akhir ini, yaitu kain spunbond. Pada masa pandemi dua tahun terakhir, kain spunbond laris di pasaran karena dijadikan bahan baku pembuatan baju APD untuk tenaga kesehatan. Siapa sangka bila kain spunbond juga memiliki nilai estetika yang tinggi hingga menjadi kain pembungkus buket bunga? Ya, benar, kain spunbond menjadi salah satu rekomendasi kain pembungkus buket bunga. 

Kain spunbond yang tipis, polos dan memiliki pori-pori besar, menjadi pembungkus tambahan untuk mempercantik buket anda. 

 

KAIN GONI 

 

Kain untuk Membungkus Buket Bunga

 

Buket bunga memang penuh dengan kreativitas dan ide-ide yang luar biasa. Bila ingin membuat buket bernuansa vintage yang cantik dan serba coklat, anda bisa mendapatkannya dengan kain goni sebagai pembungkusnya. Warna coklat goni sangat alami dan natural, benar-benar kuat dalam membangun kesan vintage. 

Kain goni dulunya dipakai sebagai bahan dasar karung tepung, gula, kopi dan beras. Goni dibuat dari tanaman yang alami dan memiliki lubang-lubang pori yang besar. Saat ini fungsi kain goni semakin luas, salah satunya menjadi kain pembungkus untuk mempercantik buket. Kita bisa sepenuhnya hanya menggunakan kain goni atau memadukannya dengan kain organza berwarna senada untuk mendapatkan efek vintage yang modern. Bila ingin kesan vintage yang manis dan lembut, perpaduan coklat dan putih tulang atau pink pastel dapat menjadi alternatif yang patut dipertimbangkan. 

 

KAIN JARING 

 

Kain untuk Membungkus Buket Bunga

 

Kain jaring banyak dipakai untuk produk kerajinan tangan sebagai penambah estetika, termasuk untuk mempercantik buket bunga. Kain jaring memiliki dua jenis motif yaitu kotak dan lingkaran. Kain jaring mirip sekali dengan jaring, yang lubang-lubang dan transparan. Kita perlu memadukan kain jaring ini dengan kain dan kertas yang polos dan solid agar bunga terlihat lebih menonjol dan menjadi fokus perhatiannya.  


 

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 2
  • 2608 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article