Kain Diamond Kekurangan Kelebihan dan Pemanfaatannya | Toko Kain Surabaya

Administrator 12 Feb 2021 at 1:40
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Kain Diamond Kekurangan Kelebihan dan Pemanfaatannya

 

 

Menilik jenisnya, kain diamond merupakan salah satu jenis crepe. Sebagaimana kain crepe, bahan diamond juga memiliki ciri khas yang sama yaitu permukaan seperti kulit jeruk atau seperti ada butiran pasir. Lantas bagaimana cara membedakan antara kain crepe satu dengan crepe jenis lain?

 

 

 

 

Kain crepe dalam bahasa Perancis memiliki arti kerut atau crinkle, karena melewati berbagai proses penenunan yang rumit dan bervariasi. Karena kain satu dengan yang lain diproses dengan cara masing-masing, sangat wajar kain yang dihasilkan memiliki tekstur khas.

 

Baca Juga Artikel Terkait

 

Karakteristik

 
Foto : Variasi Warna Kain Diamond
Foto : Variasi Warna Kain Diamond
 
 

Saat diraba, bahan diamond crepe cenderung memiliki permukaan yang kasar dan kaku dibanding jenis crepe yang lain. Diamond crepe lebih kasar daripada mosscrepe. Namun demikian, serat bahan diamond yang bergelombang menyerupai awan atau kabut memberi daya tarik sendiri.

 

Karakteristik lain dari bahan diamond adalah meskipun kasar dan kaku, tapi kain ini cukup lembut dan elastis saat dipakai. Tapi sebelum memutuskan memilih kain ini, tentukan bahan diamond mana yang dipilih. Diamond ada dua jenisnya, yaitu: diamond italiano dan diamond georgette.

 

Diamond italiano memiliki ciri khas tekstur dengan butir pasir yang besar, permukaan kaku, dan agak melar. Sementara itu, diamond georgette memiliki tekstur butir pasir kecil-kecil dan lebih rapat, juga lebih tebal dibanding diamond italiano. Ketebalannya sendiri bisa dibedakan bahwa diamond georgette lebih tipis daripada diamonditaliano.

 

Pilihan Warna Kain Potensha Dari Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Kelebihan dan Kekurangan

 
Foto : Variasi Warna Kain Diamond
Foto : Variasi Warna Kain Diamond
 
 

Kelebihan menggunakan diamond crepe sebagai bahan baju gamis adalah tidak licin. Bahan yang licin tentu tidak nyaman jika dipakai untuk aktivitas tertentu seperti duduk di kursi.

Selain serat yang halus dan lentur, diamond juga tersedia dalam warna kalem atau pastel. Warna pastel sangat cocok untuk warna kulit orang Indonesia. Karena kain diamond tidak mengandalkan motif melainkan tekstur dan warna, bahan ini tidak tergerus oleh zaman.

 

Selain kelebihan tersebut, kain diamond juga tak luput kekurangan. Meski memiliki warna yang kalem dan tidak ketinggalan zaman, warna diamond tak bertahan lama dan mudah pudar, selain juga kainnya yang rapuh tidak tahan terhadap panas. Itu sebabnya, baiknya hindari menyetrika dengan suhu panas supaya kain tidak meleleh.

Kain jenis apapun jika tidak dirawat dengan baik akan mudah rusak, tak terkecuali dengan bahan diamond crepe. Karena kainnya mudah sobek, sebaiknya cuci secara manual. Saat menjemur, jangan terkena sinar matahari langsung karena bisa mempercepat rusak.

 

Penggunaannya

 
Foto : Model menggunakan pashmina bahan diamond
Foto : Model menggunakan pashmina bahan diamond
 
 

Melihat sekilas karakteristik diamond crepe yang tidak licin, lentur, dan jatuh, kain ini bisa dikreasikan menjadi berbagai jenis pakaian seperti baju gamis, pashmina, pastan, khimar, maupun busana wanita sepert tunik.

 

· Baju Gamis

Membuat baju gamis tentu tak boleh memakai kain sembarangan. Kain yang adem, jatuh, dan halus tentu harus diutamakan demi kenyamanan. Memilih diamondcrepe sebagai bahan baju gamis merupakan pilihan tepat karena tidak licin dan lentur.

 

· Pashmina

Selendang panjang yang di Indonesia akhirnya difungsikan sebagai penutup kepala setara dengan jilbab, harus dibuat dengan kain berkualitas dan nyaman saat dipakai. Selain menunjang penampilan dengan corak warna yang kalem dan lembut, pashmina dari diamond juga mudah dibentuk karena teksturnya cenderung kaku.

Jika menyukai sesuatu yang praktis, membuat pashmina instan atau pastan dari kain diamond sangat dianjurkan. Sejumlah kelebihannya seperti tekstur kaku dan tidak licin memungkinkan untuk itu. Tinggal dipakai, ditali, dan sedikit merapikannya saat sedang terburu-buru.

 

· Khimar

Berbeda dengan hijab, khimar merupakan kain penutup kepala, leher, pundak, serta bagian belakang dan depan dada. Kain diamond sangat cocok digunakan khimar, terlebih karena memiliki beragam kelebihan seperti; tidak transparan, elastis, tidak menimbulkan panas, dan flowy.

 

· Tunik

Serupa dengan blouse, tapi tunik lebih panjang hingga mencapai lutut. Sifatnya yang longgar membuatnya nyaman saat dikenakan. Dibuat dari diamond yang lentur, jatuh, dan memiliki tekstur unik, tunik jadi lebih indah dipandang. Terlebih jika warna kalem tunik disandingkan dengan bawahan polos gelap, Anda semakin classy.

 

Baca Juga Artikel Terkait

 
 
 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 84
  • 55950 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article