Meningkatkan Nilai Jual Pakaian dengan Sulam Custom | Toko Kain Surabaya

Windy 3 Apr 2022 at 8:00
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Meningkatkan Nilai Jual Pakaian dengan Sulam Custom

 

Kamu memiliki hobi menyulam? Hobi menyulam bisa menjadi sangat menguntungkan apabila dikembangkan dengan baik. Salah satunya dengan meningkatkan nilai jual pakaian melalui sulam custom. Banyak pebisnis yang menjual pakaian, tetapi masih jarang dari mereka yang menjual sulam custom. Hal ini dikarenakan menyulam membutuhkan waktu dan ketelitian yang tinggi. Celah pasar ini dapat Kamu manfaatkan jika memiliki hobi menyulam.

Sulaman atau bordir merupakan hiasan yang dibuat di atas kain polos atau bahan-bahan lain dengan jarum jahit dan benang. Kamu juga dapat menggunakan berbagai hiasan untuk sulaman atau bordir, diantaranya yaitu bahan-bahan seperti manik-manik, mutiara, potongan logam, bulu burung dan payet.

Di antara jenis tusukan yang umum dikenal dalam menyulam adalah tusuk jelujur, tusuk rantai, tusuk silang dan tusuk kelim. Selain dijahit menggunakan tangan, sulaman dapat dibuat dengan menggunakan mesin bordir komputer serta mesin jahit. Selain itu, adapula sulam tempel yang biasa digunakan untuk menghias kebaya.

Kain dan benang yang digunakan dalam seni menyulam berbeda-beda. Kain atau benang wol, linen dan sutra telah digunakan untuk membuat bordir sejak ribuan tahun yang lalu. Selain benang wol, linen dan sutra, bordir modern menggunakan benang bordir katun atau rayon.

 

Rekomendasi Warna Bahan Blazer Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Bordir Pita atau Sulaman Pita

 

Sulam pita adalah sulam desain bunga dengan menggunakan pita berbagai ukuran dan bahan. Pita memiliki efek tiga dimensi karena ukuran pita lebih besar dari benang. Hasil sulam pita juga lebih dekoratif karena bahan pita lebih beragam. Hasil akhir bordir dapat dibedakan menjadi:

  • Bordir datar: Hasil bordir rata pada permukaan kain;

  • Bordir terawang (kerawang): Hasil bordir berlubang, seperti taplak meja dan tepi kebaya;

  • Bordir yang timbul: Hasil bordir berdasarkan gambar lekuk-lekuknya membuat gelombang pada permukaan kain.

 

Bordir Pita atau Sulaman Pita

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Sulaman Aplikasi

Sulaman aplikasi atau sulaman terapan merupakan jenis sulaman yang menggunakan pola yang dibuat dari bahan lain kemudian ditempelkan pada permukaan kain. Bahan yang digunakan untuk membuat aplikasi bordir antara lain kain, pita, payet, tali, dan benang kasar. Jenis hiasan yang digunakan untuk membuat aplikasi ini biasanya berupa bunga, pohon, pemandangan dan binatang. Sedangkan jenis jahitan hias yang digunakan pada bordir terapan adalah jahitan creme untuk menjahit bahan tipis, jahitan weston untuk bahan tebal, dan jahitan polos atau batang stik sebagai pemanis dekoratif.

 

Sulaman Aplikasi

 

Sulaman Fantasi

Sulaman fantasi merupakan jenis bordir atau sulaman pada bahan polos seperti kain tetoron yang dibuat dari setidaknya tiga jahitan dejoratif. Contohnya seperti jahitan polos, batang, dan veston dari berbagai warna benang. Ornamen yang digunakan dalam sulam fantasi umumnya disajikan dalam bentuk bunga, binatang, dan pemandangan alam. Kombinasi warna yang kontras dan harmonis dapat memberikankesan lebih rapi pada sulaman yang dibuat.

 

 Sulaman Fantasi

 

Sulaman Perancis

Sulaman Perancis atau bordir Perancis adalah  bordir yang banyak diaplikasikan pada blus, kemeja, maupun pakaian anak-anak. Jenis sulaman tusuk hias yang digunakan untuk membuat sulaman perancis yaitu berupa tusuk jelujur, tusuk pipih dan tusuk balut yang digunakan untuk menjahit bagian tepian. Ada juga teknik tusuk rantai yang bisa digunakan untuk mengisi bagian yang kosong atau penebal motif sulaman.

 

Sulaman Perancis

 

Sulaman Hongkong

Sulaman hongkong atau bordiran hongkong adalah jenis sulaman yang dijahit secara bolak-balik dengan variasi tusuk pipih serta kombinasi warna bertingkat pada seluruh permukaan motifnya. Motif hias yang digunakan untuk sulaman hongkong contohnya berupa motif hias naturalis atau motif dekoratif seperti hewan atau tumbuhan. Penerapan warna bertingkat dapat diperoleh dari campuran campuran warna lain dengan warna hitam (shade), warna hitam dan putih (value), serta campuran warna lain dengan warna putih (tint).

 

Sulaman Hongkong

 

Sulaman Terawang

Sulaman terawang adalah jenis sulaman dengan motif hias geometris dengan bentuk segi empat berlubang yang dihiasi dengan trens atau rentangan benang dan dapat juga dihias dengan teknik sisipan. Dengan menarik satu helai benang atau lebih dari tenunan, maka akan terdapat benang lepas, benang yang lepas itulah yang kemudian diikat dengan tusuk terawang sehingga terdapat hiasan terawang. Sulaman terawang ini terdiri dari berbagai variasi mulai dari terawang richeliu, terawang hardanger, terawang inggris, terawang fillet, terawang putih, sampai terawang persia.

 

Sulaman Terawang

 

Baca Juga Artikel Berikut

Sulaman Melekatkan Benang

 Sulaman melekatkan benang diperoleh dari benang sulam kasar yang ditempelkan pada permukaan kain mengunakan tusuk hias. Biasanya menggunakan ragam hias berupa ragam hias geometris berbentuk garis-garis lengkung. Untuk memperoleh desain yang seimbang kita dapat menggunakan benang berwarna tunggal atau berwarna kontras dengan kain yang akan dihias.

 

 

Sulaman Melekatkan Benang

 

 

Sulaman Manik-manik dan Sulaman Mutiara

Sulaman manik-manik banyak digunakan untuk menghias pakaian atau jilbab. Dengan memberikan sulaman manik-manik, maka pakaian akan terkesan lebih mewah dan berwarna. Sulaman mutiara juga dapat digunakan jika Kamu ingin memberikan kesan yang simpel dan mewah. Sulaman mutiara biasanya diberikan pada gaun pengantin dan gaun untuk kondangan. Berikut ini contoh hasil dari sulaman manik-manik dan sulaman mutiara.

 

 

Sulaman Melekatkan Benang

 

 

 

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 12
  • 4569 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article