Kain Balotelli Kekurangan Kelebihan dan Pemanfaatannya | Toko Kain Surabaya

Administrator 16 Feb 2021 at 1:52
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Kain Balotelli Kekurangan Kelebihan dan Pemanfaatannya

 

 

Anda lebih suka membeli baju jadi atau menjahit sendiri? Semisal lebih suka menjahit sendiri ketimbang membeli jadi, ada faktor penting yang harus diperhatikan, terutama saat memilih kain. Membuat busana formal dan busana muslim, misalnya, sebaiknya mencari bahan dengan ciri adem, tebal, dan tidak menerawang.

 

 

 

Kain dengan bahan seperti itu ada banyak jenisnya dan salah satunya adalah kain balotelli. Bahan balotelli, meskipun bukan murni katun masih tetap digolongkan sebagai kain katun. Inilah yang menjadi daya tarik desainer.

 

Baca Juga Artikel tentang Rayon

Kain Rayon Kekurangan Kelebihan dan Pemanfaatannya

 

Karakteristik

 

Foto : Kain Balotelli

 

 

Ciri khas kain balotelli adalah permukaannya yang licin dan terdapat serat-serat unik yang membentuk kotak-kotak kecil. Serupa dengan kain Inma, namun bahan balotelli seratnya tidak putus-putus. Kainnya cenderung kaku dan tidak lentur, yang disebabkan oleh seratnya yang sangat rapat dan tebal.

 

Dengan tingkat kerapatan serat yang tinggi, kain balotelli tak perlu tambahan vuring supaya tak menerawang. Ketebalan bahan balotelli juga lebih cocok dikenakan saat cuaca sedang sejuk atau dingin. Meski lebih tebal karena terbuat dari katun, kain balotelli cukup menyerap keringat.

 

Kain balotelli memiliki ragam jenis yang tak kalah banyak. Bahan balotelli grade original cenderung paling bagus dari segi kualitas dan harga. Sementara itu bahan balotelli dari grade ekonomis kasar dan panas, dan bahan balotelli dari grade A memiliki karakteristik adem, halus, dan jatuh.

 

Cek Yuk Pilihan Warna Kain Populer Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya


Kelebihan dan Kekurangan

 

Foto : Kain Balotelli

 

 

Sebelum memutuskan membeli kain balotelli untuk bahan baju, kenali dulu keunggulannya. Kelebihan balotelli ini tak membentuk lekuk tubuh karena seratnya yang rapat dan tebal sehingga tidak menerawang sama sekali. Yang menarik adalah meskipun tebal tapi cenderung ringan dipakai. Kok bisa?

Kelebihan lain dari kain balotelli karena terbuat dari katun, kainnya lebih adem dan jika panas mampu menyerap keringat. Memiliki ciri khas istimewa yaitu seratnya yang kotak-kotak, bahan balotelli juga tersedia dalam ragam motif dan warna. Dan yang keren adalah bahan baloteli tidak mudah kusut sehingga mudah diatur.

 

Adapun kekurangan dari kain baloteli adalah karena sifat kainnya yang kaku dan tebal sehingga tak semua orang bisa nyaman saat memakainya. Pertimbangkan selanjutnya adalah beberapa grade cenderung memiliki sifat gerah dan panas dan motif kotak-kotak yang kasar sangat menganggu.

Kain balotelli jatuhnya tidak sebaik kain lain. Semisal ingin mencari bahan baju yang sifatnya lebih jatuh, menggunakan bahan balotelli jadi kurang maksimal. Meskipun demikian, bahan balotelli bukan berarti tidak memiliki kualitas dan daya tarik sendiri.

 


Penggunaannya dalam Busana

 

Foto : Model Menggunakan Gamis Bahan Balotelli


 

Walau punya kekurangan dalam beberapa aspek, kain balotelli juga tetap bisa digunakan untuk beberapa jenis pakaian. Beberapa malah membuat semakin modis.

 

· Kemeja kantor

Kemeja kantor baik itu pria maupun wanita, cocok menggunakan kain balotelli. Bahannya yang tebal membuat jenis kain tak mudah kusut saat dipakai seharian. Itu berarti, tingkat kerapian bisa lebih terjaga.

 

· Busana Muslim

Bahan balotelli yang tidak tebal dan menerawang sangat cocok untuk busana muslim. Terlebih jika dipakai saat cuaca sedang dingin, bahannya yang tebal tak akan membuatnya mudah tersapu angin. Selain tetap syar’i, pilihan motif dan warnanya membuat jadi lebih modis dan trendi.

 

· Tunik

Kuliah, kerja, atau hangout adalah sejumlah kegiatan yang memaksa harus membaur. Supaya penampilan tak melulu itu-itu saja, coba pilih baju tunik dari kain baloteli. Mengenakan baju tunik sepanjang lutut dan memasangkan dengan celana jeans sudah cukup membuat elegan pemakainya.

 

· Rok

Baik rok mini, rok setinggi lutut, maupun rok sepanjang tumit, ketiganya cocok dibuat menggunakan bahan balotelli. Terkhusus rok tumit, meskipun bukan bahan jatuh, serat baloteli yang tebal dan rapat tak membuat tubuh terlihat menerawang. Tak perlu juga tambahan vuring sebagai pelapis.

 

· Baju Koko

Siapa bilang kain balotelli tak pantas dikenakan pria? Faktanya, bahan balotelli juga bisa digunakan untuk membuat baju koko yang keren dan elegan. Tinggalcari motif dan warna yang cocok sehingga pas dikenakan pria. Baju koko tak harus bermotif lukisan batik dengan model yang itu-itu saja.

 

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article