4 Ragam Hias Pakaian dan Fungsinya | Toko Kain Surabaya

Windy 15 May 2023 at 8:16
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

 4 Ragam Hias Pakaian dan Fungsinya

 

 

4 Ragam Hias Pakaian dan Fungsinya

 

 

Ragam hias atau dikenal juga sebagai ornamen, berasal dari bahasa Yunani yaitu 'ornare' yang artinya "menghias". Suatu karya seni rupa berbentuk dasar hiasan yang dibuat dengan tujuan untuk memperindah suatu benda, agar benda tersebut menjadi bermakna dan menarik. Dalam penerapannya, seni ini juga dapat diimplementasikan dalam pembuatan motif pakaian. 

 

Seni menghias dapat menjadi salah satu sarana untuk memperkenalkan kearifan lokal di suatu daerah. Suatu motif khas yang mengandung nilai-nilai budaya dapat diaplikasikan dalam berbagai hal untuk memperkenalkannya kepada daerah atau bahkan negara lain. Contoh sederhana adalah motif batik yang dibuat berbeda-beda dan khas sesuai dengan daerah yang membuatnya.

 

Hasil kesenian dari karya seni ragam hias dapat berupa berbagai jenis. Mulai dari seni tulisan pada kain batik, tenunan, ukiran, bordir, dan pahatan. Saat ini, ada banyak motif dengan jenis dan bentuk yang sangat beragam. Pada ulasan ini, akan dibahas mengenai penjelasan jenis, motif, pola dan teknik seni menghias pada pakaian beserta fungsinya.

 

Baca Juga Yuk, Beberapa Artikel Menarik Mengenai Kain Oxford

 

Motif Ragam Hias

 

Untuk mempermudah pembahasan, pada tulisan ini akan dibahas berdasarkan jenis-jenis seni menghias, meliputi:

 

  • Ragam Hias Flora (vegetal

Sesuai dengan namanya, objek jenis seni hias dengan motif flora terdiri dari bentuk tumbuh-tumbuhan. Dalam pembuatanya, bentuk motif dapat dibuat secara detail mulai dari  kelopak bunga, tangkai, pohon ataupun daun-daunan yang disusun sedemikian rupa menjadi karya seni yang bernilai.

 

 

Motif Ragam Hias

 

 

  • Ragam Hias Fauna (animal

 

Selain motif flora, ada juga motif fauna. Motif fauna merupakan hasil karya objek dan karya seni yang didasarkan dari inspirasi berbagai bentuk binatang. Dalam visualisasinya, bentuk binatang yang digambarkan terkadang hanya diambil pada bagian tertentu saja (tidak sepenuhnya) serta sangat sering dikombinasikan dengan motif yang lainnya. Misalnya hanya bagian kepala, sayap, dan sebagainya. Biasanya dalam pembuatannya, motif dapat dibuat dengna mengkombinasikan beberapa macam fauna tanpa mengurangi bentuk aslinya dengan menggunakan metode stilasi. 

Stilasi merupakan metode dalam mengubah bentuk asli dari sumber menjadi bermacam-macam bentuk baru yang bersifat dekoratif. Penggambaran fauna dalam ornamen dapat dibuat dengan menyederhanakan maupun mengayakan tambahan ornamen. Namun, motif yang dibuat tetap mempertahankan ciri khas dari gambar aslinya.  Oleh karena itu, sangat jarang bisa temukan bentuk binatang yang masih sesuai bentuk aslinya. Meskipun bgitu, motif dan gambar yang dibuat harus mudah dikenali baik dari segi bentuk maupun jenis binatangnya.

 

 

Ragam Hias Fauna (animal)

 

 

  • Ragam Hias Geometris 

 

Motif geometris merupakan jenis motif yang dikembangkan dari berbagai bentuk bentuk bidang datar seperti lingkaran, segitiga, kotak, dan trapesium. Selain itu, motif yang dibuat juga bisa ditambahkan dengan unsur-unsur garis, volume/ruang, serta sudut, yang akan dikombinasikan menjadi bentuk yang indah.

 

 

Ragam Hias Geometris  

 

 

  • Ragam Hias Figuratif 

 

Motif figuratif adalah salah satu jenis dari motif yang bentuk objeknya terinspirasi dari manusia. Gambar yang dibuat biasanya mengandung berbagai bagian tubuh dan wajah manusia. Jenis hias ini biasanya diaplikasikan pada bahan tekstil maupun bahan kayu.

 

 

Ragam Hias Figuratif

 

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Pola Ragam Hias 

 

Selain terdapat motif, ada juga pola dari seni menghias. Tujuan dibuatnya pola adalah untuk memperindah karya seni hias pada pakaian. Sama seperti motif, pola dari seni menghias ini juga ada berbagai macam. Mulai dari Pola tepi, memojok, memusat, bidang beraturan, komposisi, dan pengulangan. Pemilihan pola gambar harus disesuaikan dengan tujuan pembuatan karya seni tersebut. Beberapa jenis pola yang bisa digunakan dalam menghias kain pakaian berdasarkan penempatannya antara lain: 

 

  • Pola Simetris 

Pola simetris meletakkan fokus desain hiasan di tengah. Sedagnkan unsur-unsur motif lainnya diletakan secara berimbang di bagian kiri maupun kanan kain. Jadi bisa diibaratkan seperti pinang dibelah dua.

Jika motif kain terdiri dari dua fokus dalam komposisi pola simetris, maka penempatannya bisa satu di kiri dan satu di kanan agar tetap seimbang. Dengan penempatan demikian, pola akan memberikan kesan bagian kiri dan bagian kanan menjadi sama kuat. Komposisi dengan pola simetris akan memberikan kesan formal, beraturan dan statis. 

  • Pola Asimetris 

Pola ini berpedoman pada penempatan komposisi yang tidak berimbang antara kanan dan kiri. Meskipun begitu, pola motif harus tetap dibuat menjadi satu kesatuan yang harmonis.

  • Pola Menyudut 

Pola ini akan membentuk corak pola segi tiga. Anda juga bisa menyesuakannya dengan bentuk ragam hias yang telah dibuat terlebih dahulu.

  • Pola Tepi 

Corak pada pola tepi terbentuk dari pengulangan bentuk sebelumnya, yang biasanya digunakan untuk menghias bagian tepi dari suatu karya seni. Jadi pembuatan motif hias lebih berfokus pada bagian tepi kain.

  • Pola Gabungan 

Pola gabungan merupakan campuran dari beberapa corak, misalnya seperti pola memusat dengan menyudut. Hal ini akan menciptakan pola motif yang baru dan unik.

  • Pola Beraturan 

Pola yang dihasilkan dari bentuk corak dan bidang susunan yang sama serta dilakukan secara berulang hingga membentuk karya yang indah.

  • Pola Tidak Beraturan 

Ragam hias yang dihasilkan dari pola ini akan sangat bervariasi, karena terdiri dari beberapa corak yang beragam. Penempatan pola dan motifnya juga dibuat tanpa mengikuti proporsi dan komposisinya.

 

 

Pola Ragam Hias

 

 

 

Rekomendasi Warna Kain Oxford Dy Yang Wajib Dibeli

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 10
  • 3973 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article