Bahan Seragam Chef Terbaik Kelebihan dan Kekurangannya | Toko Kain Surabaya

Windy 11 Jul 2021 at 10:22
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Bahan Seragam Chef Terbaik, Kelebihan dan Kekurangannya

 

Saat mengunjungi tempat makan atau restoran kita sering melihat chef atau juru masak memakai seragam khusus lengkap dengan topinya. Kadang kita menemukan seragam chef berlengan pendek, kadang berlengan panjang. Kebanyakan berwarna putih, tapi kita juga kadang menemukan seragam menggunakan warna lain seperti hitam, merah dan krem. 

Hal yang juga menarik untuk dibahas adalah bahan yang dipakai untuk pembuatan baju chef. Karena ada beberapa macam bahan yang biasanya dipakai, dengan karakteristiknya masing-masing. Disini Anda akan memahami lebih jauh tentang beberapa pilihan bahan seragam chef terbaik yang paling banyak direkomendasikan. Simak lebih lanjut di bawah ini!

 

Katun Oxford

 

Foto : Bahan Baju Chef

 

Kain ini menjadi salah satu kain yang direkomendasikan karena karakternya yang nyaman saat dipakai. Permukaannya halus dan memiliki pola seperti pixel dalam resolusi gambar. Terbentuk karena jalinan benang yang saling menyilang, dari bahan yang masih sejenis dengan bahan kain katun. Hanya bedanya untuk kain oxford dipadukan dengan campuran polyester. 

 

Selain hal itu, kain ini juga direkomendasikan untuk bahan seragam chef karena:

  1. Serat kain rapat dan halus sehingga sangat nyaman untuk dipakai aktivitas yang banyak gerak
  2. Ketebalan kain ini juga secara umum pas, tidak terlalu tipis tapi juga tidak terlalu tebal, sehingga cocok untuk digunakan membuat baju chef
  3. Secara tampilan, kain oxford juga menarik karena cukup mengkilap sehingga membuat seragam chef tampak lebih eksklusif
  4. Kain ini tergolong ringan, sehingga nyaman untuk dipakai banyak gerak. Meskipun begitu, kain ini kuat sehingga awet untuk dipakai dalam jangka waktu yang panjang
  5. Meskipun dibuat dengan campuran polyester, namun kain ini tidak terlalu gerah saat dipakai di cuaca panas sekalipun. Sehingga ketika dipakai untuk bahan seragam chef, akan tetap cocok untuk iklim tropis Indonesia. 

 

Baca juga 7 Inspirasi Desain Seragam Kafe Kekinian

 

Kain Japan Drill

 

Foto : Bahan Baju Chef

 

Kain rekomendasi kedua ini sebenarnya bukan jenis yang asing lagi, terutama untuk kalangan pebisnis konveksi. Karena kain ini sudah umum digunakan untuk produksi kemeja, celana formal, jas angkatan, dan seterusnya. Seperti halnya kain drill lain, kain ini juga memiliki ciri khas yaitu serat kain yang miring diagonal. 

Kain ini direkomendasikan untuk seragam chef karena karakternya berikut:

  1. Kain ini juga mengombinasikan campuran katun dengan polyester, hanya saja secara komposisi katunnya lebih tinggi, sehingga lebih sejuk saat dipakai
  2. Karena itu pula daya serap terhadap keringat dari kain ini juga lebih bagus dibandingkan kain oxford
  3. Jika dibandingkan dengan kain American drill, serat diagonal kain ini lebih besar. Secara umum kainnya pun lebih tebal dan kuat.
  4. Selain memiliki banyak pilihan warna, kain ini juga tidak mudah luntur saat dipakai karena komposisi katunnya yang lebih tinggi 

 

Cek Yuk Bahan Seragam Chef Japan Drill Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Kain American Drill

 

Foto : Bahan Baju Chef

 

Seperti yang sekilas dipaparkan di atas, bahwa kain american drill secara umum memiliki karakter yang hampir sama dengan Japan drill. Kain ini sama-sama dibuat dari campuran katun dengan polyester, hanya saja dengan komposisi katun yang lebih banyak. Sehingga di saat cuaca panas sekalipun, kain ini tetap nyaman untuk dipakai. Kain ini juga kadang disebut dengan Florida drill.

 

Cek Yuk Bahan Seragam Chef American Drill Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

 

Kain Katun Twill

 

Foto : Bahan Baju Chef

 

Kain ini juga dibentuk dari bahan katun dengan pola keper, sehingga nantinya dihasilkan motif diagonal sejajar. Kain ini juga menjadi salah satu rekomendasi bahan seragam chef karena karakteristik berikut:

  1. Kain twill lembut dan lentur 
  2. Kain ini juga mudah menyerap keringat dengan baik, terutama karena dibentuk dari bahan katun 
  3. Hal itu pula yang membuat kain ini adem saat dipakai di suasana yang panas sekalipun 
  4. Kain ini memiliki jalinan serat yang cenderung rapat, sehingga tidak menerawang
  5. Kain ini juga termasuk cukup kuat, tidak mudah sobek 
  6. Menariknya kain ini juga tidak mudah kusut sehingga tampilan chef bisa tetap terjaga kerapiannya meskipun banyak aktivitas gerak 

 

Selain memperhatikan dari segi bahan, penting pula untuk pengusaha konveksi memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  1. Model Baju Chef

Baju chef mungkin sekilas tampak sederhana modelnya, namun hal ini juga poin yang penting untuk diperhatikan. Pertama, bahwa baju chef biasanya didesain bolak-balik, dengan tujuan jika suatu ketika sisi luar terkena noda makanan, baju masih bisa digunakan dengan membalik ke sisi dalamnya. 

Sedangkan untuk lengan, ada yang lebih memilih lengan pendek, ada juga yang lebih suka lengan panjang. Tidak ada keharusan untuk mengikuti salah satunya, hanya saja biasanya lebih direkomendasikan untuk menggunakan lengan panjang, karena bisa sekaligus melindungi chef dari potensi luka bakar saat mengambil loyang dari microwave atau mengambil panci dari atas kompor. 

 

Foto : Bahan Baju Chef

 

  1. Warna Baju Chef

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya di awal bahwa ada beragam pilihan warna yang bisa dipakai untuk bahan seragam chef. Hanya saja memang biasanya lebih banyak direkomendasikan memakai warna putih. Selain tidak menyerap panas, sehingga tetap nyaman untuk dipakai di dapur, warna putih juga melambangkan kebersihan. Sehingga menunjukkan sisi profesionalitas chef untuk menjaga makanannya tetap higienis. 

Namun jika memang diinginkan tampilan yang lebih unik dan berbeda, warna lain seperti hitam, merah atau krem juga bisa dipilih. Tentu saja dengan konsekuensinya masing-masing dari karakter warna tersebut. Misalnya seperti warna hitam yang mudah menyerap panas, direkomendasikan untuk memilih bahan yang benar-benar bagus dalam menyerap keringat. 

  1. Ukuran Baju Chef

Sedangkan untuk persoalan ukuran, akan jauh lebih baik jika Anda membeli baju yang sesuai dengan bentuk tubuh chef yang akan memakainya. Sehingga jika bisa memesannya dengan ukuran custom, hal itu lebih baik. Supaya kemudian bisa dibuat baju yang tidak terlalu ketat, namun juga tidak terlalu longgar. Sehingga nyaman dan tampilannya lebih bagus saat mereka gunakan aktivitas kerja. 

 

Membuat seragam chef memang perkara yang tidak simple, tapi sekarang Anda telah memahaminya. Anda bisa mulai mempertimbangkan bahan seragam chef yang mana yang akan digunakan, berikut dengan model, warna dan ukuran yang akan diterapkan. Sehingga dengan begitu Anda akan mendapatkan seragam terbaik untuk para chef bekerja!

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 23
  • 5122 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article