Waktu yang Tepat untuk Membuka Cabang Baru | Toko Kain Surabaya

Windy 3 Oct 2021 at 7:51
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Waktu yang Tepat untuk Membuka Cabang Baru

 

Membuka cabang sama saja dengan mendirikan perusahaan mulai dari nol lagi. Sekalipun sudah banyak hal yang dimiliki oleh perusahaan induk yang tentu menyediakan berbagai sumber daya yang dibutuhkan untuk perusahaan cabang, membuka cabang bukan perkara semudah itu. Ada banyak hal yang tak cukup sekedar disuplai bagaikan kebutuhan logistik dari perusahaan pusat ke cabang. Membuka cabang sama sulitnya dengan mendirikan perusahaan baru mulai dari nol. Kenapa? 

 

Sedang memiliki Ide

 

Membuka cabang pastilah di tempat yang jauh dari perusahaan pusat. Mulai mendirikan dari nol, mencari tempat yang strategis, menempatkan pegawai yang dapat dipercaya untuk membawa nama baik perusahaan di tempat yang baru hingga membangun sistem untuk menguatkan perusaahaan cabang agar stay on control oleh pusat. Banyak sekali hal yang butuh dipersiapkan agar pembukaan cabang berjalan dengan lancar. 

 

Membuka cabang perusahaan dilakukan salah satunya untuk meningkatkan penjualan, meluaskan jangkauan ke pelanggan sehingga perusahaan lebih dikenal luas dan mendapatkan pemasukan yang lebih tinggi. Semakin banyak cabang yang dimiliki perusahaan di berbagai kota-kota besar yang berlokasi strategis, semakin luas jangkauan perusahaan terhadap pasar-pasar baru. 

 

Namun, membuka cabang tidak bisa serta merta dilakukan tanpa kalkulasi yang ketat dan penuh pertimbangan. Ada beberapa indikator dan variabel yang bisa kita analisis untuk kesiapan perusahaan mengepakkan sayap dengan cabang yang baru. 

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Kesiapan Budget

 

mempersiapkan budget

 

Budget atau anggaran yang dimiliki dan disiapkan perusahaan menjadi variabel pertama yang harus dihitung. Perusahaan perlu menyediakan anggaran khusus di luar anggaran operasional harian selama ini yang kemudian dialokasikan untuk memenuhi semua kebutuhan pembukaan cabang. Untuk mendirikan satu cabang baru perusahaan beberapa hal fisik yang nampak jelas membutuhkan biaya seperti gedung kantor, perkakas kantor, biaya operasional cabang untuk tahap awal, biaya menggaji karyawan baru yang bekerja di cabang, modal untuk kulak barang yang akan dijual, perizinan pendirian usaha dan membuka cabang ke lembaga terkait, dan masih banyak lagi. 

 

Semua kebutuhan pembukaan cabandang ini membutuhkan biaya yang tentuu tidak sedikit. Jangan dikira mendirikan cabang hanya sekedar memasang papan nama dan mencari kontrakan baru. Mendirikan cabang itu membutuhkan biaya hampir di semua bidangnya, apalagi untuk operasional pada bulan-bulan awal hingga cabang dapat berdiri mandiri. 

 

Perusahaan perlu untuk memperhitungkan ketersediaan anggaran lebih tersebut, jika dialokasikan untuk membuka cabang, apakah keuangan pusat tetap aman ataukah goyah. Jika keuangan perusahaan pusat masih stabil, itu artinya perusahaan siap membuka cabang baru. 

 

Lokasi yang Strategis

 

mempersiapkan lokasi

 

Pemilihan lokasi tak kalah pentingnya dari perhitungan budget. Tidak cukup menentukan di kota mana cabang akan dibuka, tapi sampai lokasi perusahaan akan didirikan juga perlu dikaji baik-baik. Apakah lokasinya sudah paling tepat? Dekat dengan pasar dan konsumen yang akan ditarget, apakah lokasinya bisa dijangkau untuk suplai barang. Termasuk pun mempertimbangkan kemuduhan jaur perizinan birokrasi di kota-kota yang akan ditarget, juga butuh dipertimbangkan. Satu hal yang tak kalah pentingnya adalah mempertimbangkan peluang kesuksesan cabang tersebut dapat mandiri dan berkembang di kota tersebut sebesar apa. Jika sudah menemukan lokasi yang strategis untuk cabang, maka perusahaan telah siap melakukan ekspansi. 

 

Calon Pemimpin Cabang

 

mempersiapkan pemimpin cabang

 

Satu hal yang juga menjadi variabel paling penting dan mempengaruhi kesuksesan perusahaan cabang adalah kemampuan pemimpin cabangnya. Apakah perusahaan induk sudah memiliki calon terbaik untuk mengisi jabatan kepala cabang dan bersedia diamanahi tanggung jawab yang besar ataukah belum. Calon pemimpin tak bisa sembarang pilih orang. Ada segudang kriteria yang dilakukan oleh perusahaan untuk menyaring calon-calon terbaiknya untuk memegang kewenangan dan tanggung jawab sebesar itu. Jika perusahaan ternyata belum memiliki calon yang paling tepat, perusaahaan dapat memilih tidak berekspansi lebih dulu daripada dipaksakan namun segalanya hancur dan mundur. 

 

Memiliki Standart Operational Procedure (SOP)

 

SOP seakan menjadi pedoman mutlak untuk semua perusahaan jika ingin seluruh proses operasionalnya berjalan sesuai standart dan berkualitas. Keberadaan SOP perusahaan berfungsi untuk mengatur dan mengingatkan karyawan agar melakukan segala prosesnya sesuai prosedur yang tepat. Keberadaan SOP ini menjadi syarat yang tak boleh dilupakan untuk perusahaan yang ingin berekspansi. SOP tidak hanya ada, namun seluruh karyawan melaksanakannya dengan baik. Standart Operational Procedure inilah yang dapat menjadi pijakan bagi perusahaan cabang baru untuk memulai bisnisnya dan maju dengan pesat dengan dasar-dasar yang kokoh. 

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Mempertimbangkan Metode Membuka Cabang

 

mempertimbangkan persiapan lokasi

 

Ada banyak jalan untuk membuka cabang perusahaan. Dengan pembiayaan mandiri oleh perusahaan pusat atau didukung oleh investor untuk pendanaan pembukaan cabang. Selain itu juga bisa mencoba membuka waralaba untuk nama dagangnya sementara operasional diserahkan pada pihak lain. Semua pilihan ini tidak lepas pada bagaimana kondisi perusahaan. 

 

Itulah beberapa variabel yang dapat menjadi bahan pertimbangan sebelum perusahaan memutuskan untuk membuka cabangnya. Ketika semua variabelnya telah siap, maka saat itulah waktu yang tepat bagi perusahaan mengepakkan sayap.

 

Pilihan Warna Rekomendasi Kain Nagata Drill Bahan Kain Seragam Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 
 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 25
  • 3190 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article