Inilah Alat untuk Mempertegas Lipatan Masker | Toko Kain Surabaya

Windy 26 May 2021 at 10:33
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Inilah Alat untuk Mempertegas Lipatan Masker

 

Sejak pandemi Covid-19 melanda, masker sudah menjadi bagian dari aktivitas kita sehari-hari. Selain sebagai pengaman dari droplet, orang-orang pada akhirnya menempatkan masker sebagai aksesoris pendukung tampilannya. Bentuk dan desain masker menjadi semakin beragam dan dibuat dengan semenarik dan senyaman mungkin. Terutama masker kain yang digunakan berkali-kali untuk jangka panjang.

 

Foto : Ilustrasi Lipatan Pada Masker

 

Desain masker kain dibuat dengan mengadopsi bentuk dari masker medis. Termasuk pula pada lipatan-lipatannya, baik itu pada bagian tengah maupun bagian tepi. Karena desain masker medis sudah diakui efektivitasnya berikut pula dengan tingkat kenyamanan saat dipakai. Tapi ternyata hal itu sering memunculkan kebingungan dari para produsen masker kain. Tentang alat apa yang dipakai untuk membuat lipatan pada desain masker. Karenanya Mitramulia membahasnya secara khusus melalui artikel ini, simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Alat-alat Produksi Masker Kain

 

Foto : Tips Membuat Lipatan Pada Masker

 

Berikut ini adalah beberapa alat yang dibutuhkan untuk membuat masker kain:

1. Jarum dan benang

Ini adalah alat utama yang dipakai untuk menjahit kain menjadi masker. Untuk produksi dalam jumlah lebih banyak biasanya menggunakan mesin jahit. 

2. Gunting 

Ini juga menjadi salah satu dari alat utama yang dibutuhkan dalam proses pembuatan masker kain. Dipakai untuk memotong kain supaya ukurannya sesuai dengan pola masker yang sudah dibuat. Selain juga dipakai untuk memotong benang yang dipakai dalam proses penjahitan. 

3, Peniti

Sebenarnya ini bukan menjadi salah satu alat utama, karena Anda masih tetap bisa melakukan produksi meskipun tidak menggunakan peniti. Tapi jika Anda ingin memproduksi model masker yang mempunyai lipatan, peniti ini menjadi alat bantu yang penting. Alternatif selain peniti adalah penjepit kertas yang cukup kuat untuk menahan lipatan kain.

4, Setrika

Ini juga sebenarnya bukan menjadi alat utama dalam produksi masker kain. Tapi setrika adalah alat yang dipakai untuk mempertegas lipatan kain masker. Sehingga ini juga menjadi salah satu alat yang penting jika Anda ingin membuat masker dengan lipatan. 

5, Penggaris/Meteran kain

Seperti pada umumnya, penggaris atau meteran kain dipakai untuk mengukur panjang kain supaya ukurannya sesuai dengan pola desain yang dirancang. 

 

Bahan Produksi Masker Kain

Sedangkan untuk bahan yang Anda perlukan untuk memproduksi masker kain antara lain:

1, Oxford Dy

Kain Oxford ini adalah salah satu dari bahan yang banyak dipakai dalam pembuatan masker kain. Hal itu karena karakternya yang mampu menahan air dengan baik (water repellant), sehingga bisa menahan droplet virus dengan cukup baik. Selain itu bahannya juga breathable yang memudahkan pemakainya untuk bernapas dengan baik meskipun memakai masker dengan rapat. Bahannya yang mengombinasikan katun dengan polyester ini, tidak membuat pemakainya gerah meskipun dipakai saat cuaca panas. Sangat cocok untuk dipakai di Indonesia dengan iklim tropis. 

 

Foto : Bahan Masker

 

2. Katun

Tentu tak asing lagi dengan bahan kain satu ini, karena kain katun sangat populer untuk pembuatan beragam produk fashion. Kain ini juga jadi salah satu alternatif bahan untuk produksi masker karena memiliki serat dengan kerapatan yang cukup tinggi. Sehingga cukup efektif dalam menahan partikel dan droplet virus. Selain juga nyaman untuk dipakai dalam cuaca dingin maupun panas sekalipun. 

3. Nilon

Bahan ini juga sangat efektif untuk menahan hingga 77 persen partikel besar dan 12 partikel kecil, khususnya untuk bahan nilon 70D. Sebenarnya bahan nilon kode 40D bisa menyerap dengan jauh lebih baik, hanya saja lebih sulit juga untuk pemakainya bernapas, sehingga justru berakhir kurang nyaman saat digunakan.

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Mempertegas Lipatan Masker Kain

 

Foto : Varian Masker

 

Nah, untuk menjawab pertanyaan utama dalam artikel ini, tentang bagaimana membuat lipatan yang tegas pada masker kain, berikut ini caranya:

 

  1. Atur lipatan terlebih dulu, berapa lipatan serta ukuran lipatan yang diharapkan.
  2. Sembari tangan menahan lipatan, pasangkan peniti pada bagian tepi kain dan lakukan pada tiap sisi (kanan dan kiri) supaya lipatan tidak mudah bergeser
  3. Setelah peniti ditempatkan pada setiap titik, Anda bisa mulai menjahit bagian tepi masker dengan jarum dan benang atau mesin jahit 
  4. Setelah selesai menjahit, semua peniti yang terpasang tadi bisa dilepaskan semuanya
  5. Untuk mendapatkan hasil lipatan yang rapi dan tegas, Anda bisa menggunakan setrika untuk menggosok pada bagian lipatannya. 

 

Sekarang Anda bisa membuat masker kain lengkap dengan bagian-bagian lipatan yang tegas sehingga tampilannya menarik untuk dijual dipasaran. Semoga bermanfaat!

 

Pilihan Warna Kain Oxford dari Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

 

 


 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 15
  • 3488 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article