Packaging Kekinian Untuk Produk Anda | Toko Kain Surabaya

Windy 19 Jun 2021 at 10:00
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Packaging Kekinian Untuk Produk Anda

 

Kemasan jaman sekarang ikut andil dalam menentukan laris tidaknya suatu produk. Walaupun bukan variabel satu-satunya yang membuat produk itu laku keras atau justru merugi. Kemasan itu seperti wajah produk, sebab lewat kemasanlah konsumen melihat produk. Percaya atau tidak, bagaimana kemasan suatu produk akan sangat membantu proses pembangunan citra merk produk tersebut. Hal ini karena jaman sekarang, visual sebuah produk memegang peranan yang sangat besar. Terlebih, pemasaran saat ini didominasi oleh online. Jual beli pun dilakukan online. Calon pembeli mengetahui dan berkenalan dengan produk pertama kalinya lewat sebuah foto atau video. Jadi, untuk menghasilkan sebuah visual produk yang sangat baik di dalam foto dan video, packaging atau kemasan produk harus diperhatikan. 

 

Nah, bagaimana dengan Anda? Sudahkah menemukan ide packaging kekinian yang menarik untuk produk Anda? Di dalam artikel ini kita akan bahas beberapa ide yang bisa dipertimbangkan. 

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

IDE PACKAGING UNTUK PRODUK MAKANAN 

 

Saat ini bisnis kuliner sedang naik daun. Ya! Itu karena tidak ada orang yang tidak makan saat hidup. Bisnis makanan selalu naik daun kapan pun. Karena permintaan yang terus tinggi dan kreativitas pebisnis kuliner yang terus mampu menarik pasarnya dengan produk-produk baru. Makanan bisa diolah menjadi berbagai jenis. Makanan yang simpel pun mampu menarik peminat yang tinggi dengan kemasan yang menarik. 

 

Jika Anda ingin menambah nilai produk kuliner Anda dengan packaging yang menarik, berikut ini beberapa ide yang bisa dipertimbangkan. 

 

PAPER BOX

Paper box, paper lunch, paper bowl, ketiganya adalah jenis-jenis paper box untuk makanan. Kini semua peralatan makanan dan packagingnya tersedia dalam bahan kertas karton food grade. Paper box menggunakan kertas yang sudah disterilkan dan dikhususkan untuk makanan saja. Bahan kertas yang digunakan tentu berbeda dengan kertas HVS ataupun kertas koran. Bahan kertas untuk kemasan makanan ini ada yang berwarna putih dan coklat, namun keduanya adalah kertas karton food grade. 

 

Kemasan paper box biasa digunakan untuk produk makanan kering sampai basah. Pada beberapa paper lunch, paper cup ataupun paper bowl juga dilengkapi laminasi kertas minyak sehingga makanan yang basah tidak akan tumpah. Sedangkan makanan kering seperti camilan, lebih sering menggunakan packaging paper box kering tanpa laminasi plastik. 

 

STANDING POUCH 

Saat ini kemasan standing pouch ini sedang tinggi permintaannya. Bentuknya tinggi, dipress kanan kiri, sedangkan bagian bawahnya ketika sudah berisi akan mencembung dan berbentuk lingkaran semi oval. Bagian atasnya dilengkapi perekat yang bisa dibuka dan tutup atau disebut juga zipper. Standing pouch ini cocok sekali untuk kemasan makanan kering dan juga basah, bergantung pada bahan apa yang digunakan standing pouchnya. 

 

 

Ada tiga jenis bahan yang biasa dipake untuk membuat standing pouch: aluminium foil, plastik bening dan kertas karton. Standing pouch aluminium foil ada dua jenis, ada yang sebagai lapisan dalam saja, atau standing pouch satu lapisan yang semuanya aluminium foil. Bahan alumnium foil lebih cocok untuk makanan bubuk agar tidak mudah menggumpal, untuk makanan ringan seperti snack dan sebetulnya untuk semua makanan bisa. 

 

Sedangkan bahan kertas lebih terbatas penggunaannya. Makanan yang mengandung air tidak dianjurkan menggunakan standing pouch kertas. Tapi bahan makanan yang mengandung minyak, masih bisa pakai kertas supaya minyak makanan diserap oleh kemasan kertas. Jadi makanan tetap akan kering tanpa minyak berlebih. Sementara bahan plastik lebih multifungsi lagi. Semua jenis makanan bisa, ditambah akan lebih tahan lama. 

 

ALUMINIUM FOIL 

 

 

Pernah membeli klapertart?  Atau makaroni skutel? Atau aneka dessert yang memasaknya butuh dipanggang lebih dulu? Jika pernah, Anda akan mendapatkan kemasan produk yang berwarna silver mengkilap berbentuk mangkuk. Bahan tersebut tahan panas dan aman untuk makanan. Ya, itu adalah aluminium foil. Sebetulnya tidak hanya berbentuk mangkuk, piring ataupun gelas, aaluminium foil juga ada yang lembaran. Semua bentuk dan ukurannya menyesuaikan dengan kebutuhan makanan yang ingin dikemas. 

 

GABLE BOX 

 

 

Sedikit asing dengan nama packaging ini? Jika asing dengan namanya, baiklah, kita perkenalan dengan realitasnya dulu. Pernah menghadiri acara ulang tahun di mcdonal? Lalu dapat paket ayam dengan box kertas tinggi dengan pegangan di bagian atasnya? Itulah contoh gable box. Jadi, ini merupakan kemasan makanan yang berbentuk balok ataupun kubus dengan bagian tutup bukanya di atas, lalu di bagian atas juga terdapat pegangan yang menyatu dengan boxnya. 

 

Sampai saat ini model kemasan gable box masih banyak dipakai oleh produk-produk makanan. Tentunya dengan jenis bahan dan design yang variatif. Untuk gable box khusus makanan berat, bagian dalamnya dilengkapi laminasi plastik. 

Baca Juga Artikel Berikut

 

IDE PACKAGING UNTUK PRODUK PAKAIAN (KAOS) 

Selain packaging untuk makanan, ini dia beberapa ide packaging untuk bisnis fashion, lebih tepatnya produk kaos. Yuk kita simak!

 

PIZZA BOX 

 

 

Pizza box ini ternyata tidak hanya cocok untuk makanan pizza saja, tapi juga dijadikan packaging kaos. Persis seperti box pizza, yang lebar namun tidak terlalu tinggi, kaos dilipat rapi lalu diletakkan dalam box ini. Ukurannya yang pas dan kesan mewah yang diberikan oleh pizza, dapat dirasakan juga pada produk kaos ini. Kaos akan terkesan lebih mewah dan eksklusif. Tentu saja, pada bagian luar box bisa diberikan design-design yang lebih minimalis dan elegan untuk menambah nilai kaosnya. 

 

AMPLOP 

Pernah terpikirkan untuk membuat kemasan kaos berbentuk amplop? Ide kemasan ini terbilang simpel sekali namun dapat memberikan kesan elegan. Kaos dilipat lebar sehingga ketebalannya jadi tipis. Kemudian dibungkus dengan kertas atau plastik doff lalu dilipat membentuk amplop. Pada ujung bertemu ujungnya ditempel sebuah stiker nama brand untuk merekatkan. Modal yang dibutuhkan juga terbilang murah namun memberi hasil yang tidak murah. Tertarik mencoba? 

 

TAS SERUT

 

 

Ini kemasan berbentuk tas pouch dengan bagian atasnya yang bisa diserut sebagai tempat memasukkan dan mengambil kaosnya. Ukuran yang digunakan bisa beragam, namun semakin kecil akan lebih lucu. Bahan tas serutnya pun juga ada beberapa pilihan, seperti kain blancu, kanvas atau bahan umum yang digunakan sebagai totebag.

 

TALI SIMPEL DAN SELIMUT KERTAS DOFF

 

 

Packaging jenis ini jauh lebih sederhana dan lebih murah, namun jika didesign dengan benar akan menghasilkan kemasan yang benar-benar menarik. Kaos tinggal di balut kertas karton coklat yang doff lalu direkatkan menggunakan tali sabut kecil. Nah, kaos bisa bervariasi bentuknya: bisa digulung, dilipat normal atau dibentuk lipatan kecil. 

 

PAPER BAG 

 

 

Ide kelima ini hampir mirip seperti standing pouch makanan, namun ini digunakan untuk membungkus kaos. Bahan yang dipilih untuk standing pouchnya adalah kertas karton, dan tidak perlu yang food grade karena fungsinya untuk kaos, bukan makanan. 

 

Rekomendasi Bahan Tas ToteBag Unione Drill Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 99
  • 4705 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article