Mengenal Bahan Rayon Viscose | Toko Kain Surabaya

Windy 5 Mar 2023 at 8:00
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Mengenal Bahan Rayon Viscose

 

 

Kelebihan dan Kekurangannya

Bahan rayon viscose merupakan kain yang telah digunakan sejak akhir 1800-an. Ciri khas dari kain ini yaitu lembut dan ringan, sehingga sangat cocok untuk membuat baju atau jilbab. Sebenarnya kain ini berasal dari pohon, tetapi banyak orang percaya proses pembuatannya tidak ramah lingkungan seperti kebanyakan berbagai jenis kain rayon yang lainnya karena pada proses produksi bahan rayon viscose biasanya menggunakan bahan kimia konsentrasi tinggi sehingga sangat berbahaya untuk alam sekitar.

 

Bahan rayon viscose adalah jenis kain rayon semi-sintetis yang terbuat dari pulp kayu, yang sering digunakan sebagai bahan pengganti sutra karena memiliki drape dan kesan halus yang mirip dengan bahan mewah. Bahan rayon viscose ini merupakan pilihan yang bagus apabila Anda sedang mencari kain yang berkilau dengan tekstur yang jauh lebih halus. Selain itu, jenis bahan rayon viscose ini juga dapat menyatu dengan baik jika di satukan dengan serat jenis lainnya seperti polyester, katun, dan juga spandeks.

 

Bahan Viscose

 

Baca Juga Artikel kami terkait

 

Kelebihan Bahan Viscose 

Bahan rayon viscose merupakan pilihan terbaik untuk Anda jika tengah mencari bahan ringan dengan detail mewah tapi tetap ramah di kantong. karena karakternya yang dapat mempertahankan bentuk, meskipun kainnya memang tidak elastis, namun bila dipadukan dengan jenis tekstil yang lain, seperti katun, polyester, atau spandeks dapat memiliki regangan yang baik. Tak hanya itu saja, ternyata masih banyak kelebihan bahan viscose yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

 

Bahan Viscose

 

  1. Cocok Digunakan untuk Cuaca Panas 

Kain sangat ringan sehingga sangat cocok untuk dipakai di cuaca yang panas sekalipun. Kain ini juga sangat nyaman saat digunakan sebagai pakaian terutama pada jenis pakaian santai.

  1. Menyerap Keringat 

Bahan rayon viscose memiliki tekstur yang lembut bahkan terlihat seperti jenis kain sutra juga terasa seperti kapas. Bahan rayon viscose ini mudah menyerap, jadi sangat sempurna digunakan ketika cuaca panas. Pakaian yang dibuat dari bahan rayon viscose cepat menyerap air dan keringat sehingga sering digunakan pakaian olahraga khususnya jenis kaos oblong. Tampilannya yang juga mengkilap seperti sutra akan memberikan kesan mewah saat Anda kenakan.

  1. Tidak Mudah Pudar 

Selain memberikan kesan mewah, ternyata bahan rayon viscose ini juga dapat menahan pewarnaan sehingga tidak mudah pudar. warna kain akan lebih awet dan tahan lama. Jadi, kini Anda tidak perlu ragu untuk menggunakan pakaian dengan bahan rayon viscose berulang kali, sebab warnanya tidak akan cepat pudar, tidak terlihat kusam ketika akan Anda kenakan, bahkan setelah penggunaan dan pencuciannya dalam jangka panjang. 

  1. Harga Terjangkau 

Apakah Anda sedang ingin memakai gaun atau blouse mewah, tetapi tidak mau merogoh kocek dalam? Pilihan bahan rayon viscose merupakan pilihan yang tepat. Kesan mengkilap akan Anda peroleh ketika memilih kain ini saat diubah menjadi pakaian, otomatis akan memberikan sentuhan mewah bahkan layaknya kain sutra. Selain itu, kain ini dapat menyerap keringat sehingga sangat nyaman saat digunakan meskipun dengan harga terjangkau sekalipun.

 

Baca Juga Artikel kami terkait

 

Kekurangan Bahan Viscose

Meskipun telah memiliki cukup banyak kelebihan yang ada, bahan rayon viscose juga tidak terhindar dari kekurangan. Bahan viscose memiliki beberapa kekurangan yang mungkin dapat menjadi pertimbangan Anda ketika akan memilih bahan ini untuk membuat pakaian. berikut beberapa kekurangan bahan rayon viscose yang pelru diperhatikan: 

  1. Tidak Ramah Lingkungan 

Salah satu kekurangan yang pertama dari bahan rayon viscose yaitu sifatnya yang tidak ramah lingkungan karena saat proses pembuatannya masih menggunakan berbagai jenis bahan kimia bahkan juga dapat melepaskan asap beracun. Hal tersebut tentu saja tengah menjadi perhatian banyak pihak, terlebih lagi beberapa peneliti telah menyebut bahwa selama proses pembuatannya bahan rayon viscose akan dapat mengganggu kesehatan para pekerjanya. 

  1. Mudah Menyusut 

Kekurangan bahan viscose berikutnya yaitu mudah menyusut, terlebih jika Anda mencucinya menggunakan air panas. Karenanya, cuci dengan menggunakan air biasa saja. Sebagai tambahan catatan, pastikan untuk menjemur baju dengan sempurna. Jika Anda tidak mengeringkan pakaian berbahan rayon viscose dengan sempurna, serat kain akan menjadi lemah dan mudah terkena jamur.

  1. Tidak Digunakan untuk Perabot Rumah Tangga 

Bahan rayon viscose tidak dapat digunakan sebagai bahan perabotan rumah tangga, misalnya seperti sprei dan sarung bantal. Alasanya karena bahan ini tidak bisa kembali ke bentuk aslinya setelah diregangkan dengan melakukan percampuran beberapa jenis bahan.

  1. Mudah Terkena Noda 

Karena memiliki sifat bahan yang mudah menyerap air, ternyata juga berakibat membuat kain ini menjadi mudah terkena noda. Jadi, saat Anda sedang menggunakannya sangat harus berhati-hati,  terlebih ketika mengonsumsi makanan tertentu karena dapat meninggalkan noda permanen pada pakaian sehingga tak dapat dihilangkan.

 

Bahan Viscose



Itulah berbagai informasi yang perlu Anda pahami seputar kelebihan dan juga kekurangan dari kain bahan rayon viscose, sebelum Anda menentukan pilihan sebagai bahan kain, semoga bisa membantu Anda dalam memilih jenis kain yang tepat.

 

Rekomendasi Bahan Seragam Kerja Unione Drill Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 10
  • 9633 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article