7 fakta unik tentang kain spandex yang banyak digemari | Toko Kain Surabaya

Windy 17 Aug 2022 at 8:00
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

7 fakta unik tentang kain spandex yang banyak digemari

 

 

kain spandex yang banyak digemari

 

Meski sudah bertahun-tahun menjadi pilihan favorit untuk berbagai busana, hingga tahun ini, kain spandex masih disukai sebagai pilihan pertama untuk beberapa jenis fashion seperti outfit olahraga dan pakaian dalaman untuk berbagai outer wanita. Kain spandex banyak dijadikan bahan dasar untuk hijab olahraga, celana legging dan atasan olahraga wanita. Sementara itu, untuk busana wanita non olahraga, seringkali kain spandex dijadikan bahan untuk kaos manset, legging dalaman, manset tangan dan inner hijab. Berbagai item fashion mengandalkan kain spandex karena karakternya yang unik dan seperti paket lengkap. Karakter spandex yang lengkap itu sulit ditemukan di kain lainnya. Apa yang membuat kain spandex begitu unik? 

 

Pilihan Warna Rekomendasi Kain Nagata Drill Bahan Kain Seragam Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Memiliki ketebalan kain yang beragam 

Beberapa jenis kain hadir dengan banyak pilihan ketebalan, sebagian hanya diproduksi untuk satu ukuran ketebalan saja. Kain spandek termasuk ke dalam kelompok yang pertama. Ada dua ukuran ketebalan spandek, yang tebal dan tipis. Jenis ketebalan ini dipengaruhi oleh campuran serat benang lainnya dalam proses pembuatan kain spandek. 

 

kain spandex yang banyak digemari

 

Dengan adanya dua ukuran ketebalan ini, kita bisa memilih akan menggunakan yang tebal atau tipis berdasarkan kebutuhan dan keinginan. Bagi beberapa orang yang kurang nyaman dengan pakaian yang terlalu tipis, bisa memilih spandek yang lebih tebal. Namun, untuk kebutuhan pakaian olahraga yang membutuhkan pakaian ringan dan nyaman, spandek tipis lebih cocok. Meski demikian, kain spandek tipis memiliki kekuatan serat yang sama kuatnya dengan spandek tebal. 

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Kain spandex membentuk lekuk tubuh karena sifat kainnya yang menempel

Kain spandek yang tebal atau tipis, keduanya memiliki sifat yang sama yaitu menempel ke tubuh sehingga akan membentuk lekuk tubuh pemakainya. Hal ini karena sifat spandek yang cenderung jatuh dan sedikit berat, terutama untuk spandek yang tebal. Karena sifatnya inilah, kain spandek banyak dijadikan bahan dasar untuk pakaian dalaman outer hijab ataupun kaos manset. Karena kain spandek tidak menambah volume pakaian. 

 

kain spandex yang banyak digemari

 

Kain spandex sangat lembut dan nyaman dipakai 

Permukaan spandek sangat halus saat bergesekan dengan kulit. Keunikan ini meminimalisir kemungkinan iritasi kulit karena gesekan kulit dengan benda kasar. Permukaan yang lembut juga membuat kita jadi nyaman berpakaian sepanjang hari. Kontak kulit dengan kain yang lembut menjadikan kita betah memakainya dan enjoy beraktivitas apapun. 

Karena itulah kain spandek sangat direkomendasikan untuk kaos manset yang berfungsi sebagai dalaman pakaian-pakaian yang lebih kasar dan tidak nyaman. Sebagai outfit olahraga pun juga sangat recommended sebab setinggi apapun aktivitas fisik dan kontak kulit dengan kain, kenyamanan kita tidak akan terganggu. 

 

Memiliki daya elastisitas yang tinggi dan mampu kembali ke ukuran aslinya

Selain permukaan yang lembut, kelebihan lain dari kain spandek adalah elastis namun mampu kembali lagi ke ukuran semula. Meskipun sering ditarik-tarik dan direnggangkan, kain spandex tetap akan awet pada ukuran semulanya. Tidak akan melar dan tidak cepat rusak. 

Pakaian olahraga yang berbahan dasar kain spandek, sangat nyaman dipakai karena sifat elastis spandek memungkinkan pemakainya bergerak bebas tanpa khawatir pakaian sobek. Outfit tidak akan membatasi gerak sebab kain dapat melar hingga 5 kali ukurannya dan kemudian kembali ke ukuran semula. 

 

Kain spandek anti kerut dan kusut

 

kain spandex yang banyak digemari

 

Banyak jenis kain yang sangat butuh disetrika lebih dulu pasca dicuci karena mengerut dan kusut. Ada beberapa kain yang ukurannya mengecil setelah dicuci, ada juga yang sangat kusut sehingga tidak bisa langsung dipakai lagi. Namun, kain spandek tidak. Bahkan setelah dicuci, pakaian spandek dapat dipakai langsung ataupun disimpan tanpa harus disetrika karena tidak kusut sedikit pun. Permukaannya selalu halus dan rapi. Dari segi ukuran, juga tidak terpengaruh. Ukurannya tetap, tidak kusut atau melar. 

 

Kain spandek mampu menyerap keringat dengan baik

Alasan lain mengapa kain spandek menjadi rekomendasi banyak orang adalah kemampuannya menyerap keringat dengan sangat baik. Kain ini sangat mudah menyerap air sehingga ketika dipakai olahraga, kita jadi tidak gerah. Pun juga untuk kebutuhan pakaian selain olahraga. Kain yang mampu menyerap keringat dengan baik, sangat cocok dipakai untuk beraktivitas di iklim tropis seperti Indonesia. 

 

Licin dan sedikit panas 

 

kain spandex yang banyak digemari

 

Keunikan yang ketujuh ini kelebihan sekaligus sisi kekurangan. Di satu sisi, meskipun spandek mampu menyerap keringat dan anti molor, bahannya sedikit panas saat dipegang. Pori-pori kainnya cukup rapat sehingga sirkulasi udara sedikit terganggu. Di samping itu, sifat ini juga ada pengaruhnya dari bahan campuran lainnya. Bila campuran polyesternya atau bahan sintetis lainnya lebih banyak, maka spandek jadi lebih panas. 

 

Permukaan kain spandek sering kali mengkilap dan licin. Inilah yang membuat spandek terkesan lebih mewah karena memiliki efek kilap saat dipakai. 

 

Baca Juga Artikel Berikut


 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 16
  • 2942 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article