7 Fakta Menarik Baju Seragam Sekolah Indonesia | Toko Kain Surabaya

Windy 23 Apr 2023 at 8:01
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

7 Fakta Menarik Baju Seragam Sekolah Indonesia

 

 

Pernahkah terlintas di pikiran Anda mengapa pelajar sekolah di Indonesia tidak menggunakan pakaian bebas seperti di negara-negara eropa? Sejak kapan seragam sekolah Indonesia diberlakukan? Apa maksud dari warna seragam sekolah Indonesia? 

Mungkin masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan seputar seragam sekolah Indonesia yang terpikirkan. Fakta-fakta unik tentang seragam sekolah mungkinakan menjadi sesuatu yang sangat menarik untuk dibahas.

 

Model menggunakan seragam sekolah

 

Rekomendasi Warna Potensha Bahan Seragam Sekolah Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Sejarah Seragam Sekolah

Di abad ke-16, Inggris memulai memberlakukan seragam di sekolah-sekolah yang ada di negara tersebut. Hal ini dikarenakan pemerintah Inggris ingin adanya kesetaraan sosial di antara para pelajar sekaligus sebagai ciri khas jati diri sekolah. Di Indonesia sendiri, seragam sekolah pertama kali diberlakukan pada masa kolonial Jepang sebagai bentuk budaya kedisiplinan yang ingin diterapkan Jepang dalam dunia pendidikan Indonesia.

 

Baca Yuk artikel di bawah ini

 

Manfaat Seragam Sekolah

Seragam sekolah Indonesia maupun negara-negara lain bukan hanya bermanfaat untuk menutup dan melindungi tubuh dari debu, sinar matahari, dan hal-hal berbahaya lainnya. Tetapi, seragam sekolah juga mempunyai beberapa manfaat yang tak kalah penting, antara lain:

  1. Pembeda Tingkat Pendidikan Seseorang

Manfaat yang pertama adalah untuk melihat perbedaan tingkat pendidikan pelajar karena setiap tingkatan pendidikan mempunyai warna dan ciri khas berbeda.

  • Jati diri sekolah. Seragam sekolah akan menunjukan asal sekolah seorang pelajar karena adanya badge pada seragam.
  • Membangkitkan rasa persatuan. Dengan mengenakan seragam, walaupun berbeda sekolah bahkan berbeda daerah dapat membangkitkan rasa persatuan bangsa di kalangan pelajar.
  • Simbol kesetaraan sosial. Kesenjangan sosial akan semakin berkurang karena semua siswa baik dari kalangan menengah ke bawah ataupun menengah ke atas mengenakan seragam yang sama.
  • Sarana penegak kedisiplinan. Secara tidak langsung siswa belajar untuk lebih disiplin dalam berpakaian di sekolah, karena sudah ada standar seragam yang telah ditentukan dan tidak boleh dilanggar.

 

Warna Seragam Sekolah

 

Anak-anak menggunakan seragam sekolah

 

 

Sejak masa pemerintahan Presiden Soeharto, seragam sekolah telah diatur dan terdapat perbedaan warna di setiap tingkat pendidikan. Hal ini telah diputuskan melalui Surat keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 52 tanggal 17 Maret 1982. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini akan dijelaskan mengenai makna tersirat dari setiap warna seragam sekolah di Indonesia yang tercantum dalam peraturan tersebut, yaitu:

  1. SD dengan seragam putih merah

Warna putih pada atasan dan warna merah pada bawahan mengisyaratkan energi serta spirit yang tinggi. Warna ini merujuk pada kegembiraan serta keceriaan yang ada di usia SD.

  1. SMP dengan seragam putih biru

Pelajar SMP di seluruh wilayan Indonesia diwajibkan mengenakan seragam atasan putih dan bawahan biru tua. Pemilihan warna biru tua ini untuk mendeskripsikan rasa percaya diri dan kemandirian yang hadir dalam jiwa pelajar SMP yang tengah memasuki usia remaja.

  1. SMA dengan seragam putih abu-abu

Pemilihan warna putih pada atasan dan warna abu-abu pada bawahan dimaksudkan untuk menggambarkan ketenangan dan kedewasaan yang mulai tumbuh di kalangan pelajar SMA. Karena di masa ini, mereka mulai mencari atau menemukan jati diri mereka sebagai manusia seutuhnya

 

Model Seragam Sekolah

Model seragam sekolah secara nasional didesain dengan simpel dan nyaman untuk dikenakan saat aktivitas belajar. Sekolah boleh menentukan model dan warna seragam khas sekolahnya dengan tetap menitikberatkan pada hak setiap siswa dalam menjalankan agama dan kepercayaannya.

 

Seragam Batik

 

Model menggunakan seragam batik

 

 

Dalam Peraturan Mendikbud Ristek Nomor 50 tahun 2022 tentang aturan seragam sekolah, setiap sekolah diberi kebebasan untuk menentukan seragam yang akan dikenakan oleh siswanya selain seragam nasional dan seragam pramuka yang telah ditetapkan pemerintah. Hal ini pada akhirnya mendorong penggunaan pakaian adat atau batik disekolah-sekolah. Khusus untuk sekolah yang ada di Indonesia seragam batik biasanya dipakai setiap hari Kamis atau Jumat. Masing-masing sekolah biasanya memiliki motif batik mereka sendiri, yang membedakan dengan sekolah lainnya.

 

Bahan Seragam Sekolah

Jenis bahan yang biasa dipilih untuk pembuatan seragam adalah kain katun dan Teteron Cotton, atau sering di singkat TC Super, Mitra Mulia menyediakan TC Super Pandawa sedangkan pemilihan bahan celana ataupun rok memakai bahan Japan Drill, Taipan Drill, atau American Drill.

 

Badge Seragam Sekolah

 

Badge seragam sekolah

 

 

Beberapa badge ditambahkan di sejumlah bagian seragam sebagai bagian kelengkapan atribut seragam. Antara lain:

  • Di atas saku kemeja disematkan badge bendera merah putih
  • Di bagian saku kemeja disematkan badge organisasi kesiswaan. Dan warna dari badge ini berbeda-beda sesuai tingkat pendidikan siswa. Contohnya logo SD untuk tingkat sekolah dasar, logo OSIS berlatar kuning untuk SMP, dan logo OSIS berlatar cokelat untuk SMA. 
  • Di bagian dada sebelah kanan disematkan badge nama siswa.
  • Di bagian lengan kemeja sebelah kanan disematkan nama sekolah beserta nama kabupaten atau kota.

 

Demikian penjelasan tentang 7 fakta menarik seputar seragam sekolah, semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menjawab rasa penasaran Anda selama ini.

 

Baca Yuk artikel di bawah ini

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 8
  • 1745 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article