Mengena Kain Flax dan Karakteristiknya | Toko Kain Surabaya

Windy 7 May 2023 at 8:00
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Mengenal Kain Flax dan Karakteristiknya

 

 

Mengenal Kain Flax dan Karakteristiknya

 

 

Nama kain flax mungkin terdengar asing dan jarang yang mengetahuinya. Namun sebenarnya, kain ini merupakan jenis kain yang dapat ditemukan dengan mudah di pasaran. Nama lain dari flaz adalah kain linen. Anda tidak asing bukan dengan jenis kain yang satu ini?

 

Flax terbuat dari serat selulosa yang tumbuh di dalam batang tanaman flax atau Linum usitatissimum. Tak seperti jenis tanaman lainnya yang dalam setahun bisa dipanen beberapa kali, tanaman flax merupakan jenis tanaman tahunan yang hanya hidup selama satu musim tanam saja. Dalam artian, tanaman flax hanya bisa dipanen sekali saja dalam satu musim tanam tersebut. Hal inilah yang membuat flax memiliki harga yang cenderung lebih mahal dibanding harga kain rata-rata lainnya..

 

Rekomendasi Bahan Seragam Wearpack Unione Drill Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Jenis-Jenis Kain Flax

Serat flax lebih tebal dari serat kapas dan dapat bertahan dalam waktu yang sangat lama. Serat flax memiliki panjang yang bervariasi, antara sekitar 25 mm hingga 150 mm, sedangkan diameternya ada dikisaran 12–16 mikrometer. 

 

Terdapat dua jenis varietas dari serat ini, yaitu serat tow dan serat garis. Serat tow berukuran lebih pendek dan biasanya digunakan untuk kain dengan tekstur kasar. Sedangkan serat garis memiliki ukuran yang lebih panjang dan sering digunakan untuk pembuatan kain yang teksturnya lebih halus.

 

Varian Warna Kain Flax

 

Karakteristik Kain Flax

Bahan flax tergolong sebagai jenis kain yang sulit diolah menjadi pakaian. Meskipun begitu, jenis bahan ini memiliki berbagai kelebihan dibanding jenis kain lainnya, dimana hal ini juga mempengaruhi harga pakaian berbahan flax yang cenderung lebih mahal. Berikut beberapa karakteristik dan keunggulan dari pakaian dari bahan flax:

  • Nyaman dan adem ketika digunakan

Karena termasuk serat alami, kain ini memiliki banyak lubang yang membuat sirkulasi udara dapat keluar masuk dengan leluasa. Hal ini membuat pakaian berbahan flax menjadi adem dan nyaman digunakan.

  • Serat flax lebih kuat dari serat cotton 

Meskipun memiliki tingkat kenyamanan yang sama seperti mengenakan pakaian berbahan cotton, pakaian berbahan flax dua kali lipat lebih kuat daripada kain cotton.

  • Mudah dibersihkan 

Kain flax dapat dengan mudah dibersihkan. Anda dapat mencucinya dengan tangan langsung. Tak hanya itu, Anda juga bisa memberihkan kain ini hanya dengan mengeringkan kainnya saja.

  • Mudah dijahit

Flax memiliki sifat serat yang fleksibel. Hal ini memudahkan proses penjahitan flax ketika dibuat menjadi pakaian.

  • Mudah menyerap air

Kain flax memiliki daya serap yang sangat baik, sehingga cocok digunakan untuk pakaian yang digunakan ketika bereaktivitas fisik. Selain itu, sifatnya yang mudah menyerap air juga membuat proes pewarnaan kain menjadi lebih mudah dilakukan.

  • Berat kain bervariasi

Bahan flax yang tersedia di pasaran memiliki variasi berat yang sangat beragam. Banyaknya pilihan variasi flax dapat membuat Anda lebih fleksibel dalam memilih jenis flax yang sesuai dengan kebutuhan dan dapat dikreasikan menjadi berbagai jenis pakaian. 

  • Tidak memicu listrik statis & pilling

Salah satu alasan banyak yang suka menggunakan flas karena sifatnya yang fleksibel dan nyaman dipakai. Meskipun begitu, flax juga memiliki kelebihan lain yang tidak kalah pentingnya. Bahan flax merupakan isolator yang baik, dimana tidak memicu timbulnya listrik statis dan masalah pilling. 

  • Tahan abrasi 

Karena serat flax memiliki kekuatan yang bagus, tak heran jika jenis kain ini memiliki sifat yang tahan terhadap abrasi. Kemampuannya dalam mencegah abrasi ini bahkan lebih baik jika  dibandingkan dengan kain jenis lainnya.

 

Penggunaan Bahan Flax

 

Model Menggunakan Kain flex

 

Kain flax sangat cocok digunakan untuk membuat pakaian outdoor atau musim panas. Bahan flax memiliki karakteristik konduktivitas panas yang baik karena memungkinkan panas untuk keluar dengan cepat. Hal inilah yang membuat pakaian berbahan flax adem ketika digunakan di cuaca panas sekalipun. Hal tersebut mungkin terjadi karena bahan flax memiliki tekstur kain yang berpori sehingga sejuk ketika digunakan. Rongga-rongga pada permukaan flax menciptakan sirkulasi udara yang lancar. Flax juga dapat menyerap keringat dengan baik.

 

Menurut riset kain flax memiliki kemampuan konduktivitas panas hingga lima kali lebih tinggi dari kain wol, dan delapan belas kali lebih tinggi dari sutra. Hal tersebut karena serat flax yang telah ditenun memiliki karakteristik yang dapat memantulkan panas lebih baik. Oleh karenanya, flax cocok digunakan untuk bahan pakaian outdoor, aktivitas fisik, atau olahraga.

 

Dalam dunia fashion, bahan flax sering digunakan sebagai bahan pembuatan jas, gaun, rok, kemeja. Sedangkan pada sektor produk industri, kain ini sering digunakan untuk dibuat menjadi koper, kanvas, dan benang jahit. Kain flax juga seringkali digunakan untuk bahan membuat berbagai macam kebutuhan rumah tangga. Mulai dari taplak meja, handuk mandi, serbet, seprai, wallpaper / stiker dinding, gorden, dan sebagainya. 

 

Baca Juga Artikel Berikut

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 6
  • 915 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article