Cara Merawat Kain yang Sudah Dibordir agar Tetap Awet dan Cantik | Toko Kain Surabaya

Sekar A 4 Jul 2023 at 8:00
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Cara Merawat Kain yang Sudah Dibordir agar Tetap Awet dan Cantik

 

 

 

Baju Dengan Bordiran Yang Cantik

 

 

 

Kain yang sudah dibordir tentu memerlukan perawatan khusus agar tetap terlihat cantik dan awet. Bordiran pada kain biasanya terbuat dari benang-benang yang dijahit dengan rapat sehingga menimbulkan sebuah gambar atau pola yang indah. Jika tidak dirawat dengan baik, bordiran pada kain bisa cepat rusak dan luntur dan menyebabkan kain menjadi tidak cantik lagi. Berikut ini adalah beberapa tips cara merawat kain yang sudah dibordir agar tetap awet dan cantik.

 

 

Rekomendasi Bahan Seragam Kerja Unione Drill Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

 

 

Mengetahui Jenis Kain dan Bordirannya

Sebelum membersihkan kain yang sudah dibordir, pastikan Anda mengetahui jenis kain dan bordirannya. Jenis kain yang berbeda memerlukan perawatan yang berbeda pula. Selain itu, jenis benang yang digunakan untuk bordiran juga dapat mempengaruhi cara perawatannya. Pastikan Anda tahu jenis-jenis kain dan benang yang digunakan pada bordiran kain Anda.

 

Kain Dengan Bordiran Yang Cantik

 

Membersihkan Kain dengan Lembut

Ketika membersihkan kain yang sudah dibordir, pastikan Anda menggunakan deterjen yang lembut. Hindari menggunakan deterjen yang mengandung bahan kimia keras, karena dapat merusak warna dan bordiran pada kain. Gunakan air yang tidak terlalu panas untuk membersihkan kain. Jangan pernah merendam kain yang sudah dibordir terlalu lama, karena dapat merusak benang-benang pada bordiran.

 

 

Mengeringkan Kain dengan Benar

Setelah membersihkan kain yang sudah dibordir, keringkan kain dengan benar. Jangan pernah memeras kain yang sudah dibordir terlalu keras, karena dapat merusak benang-benang pada bordiran. Letakkan kain yang sudah dicuci pada permukaan yang rata dan biarkan kain mengering secara alami. Hindari mengeringkan kain yang sudah dibordir di bawah sinar matahari langsung, karena dapat merusak warna dan bordiran pada kain.

 

 

Menyimpan Kain dengan Benar

Ketika menyimpan kain yang sudah dibordir, pastikan Anda melakukannya dengan benar. Kain yang sudah dibordir sebaiknya disimpan pada tempat yang kering dan terhindar dari sinar matahari langsung. Hindari menyimpan kain yang sudah dibordir dalam keadaan yang terlipat terlalu lama, karena dapat menyebabkan bekas lipatan pada kain dan merusak bordiran. Sebaiknya kain yang sudah dibordir disimpan dalam posisi yang dijaga agar tidak terlipat atau terjepit.

 

 

Hindari Pencucian Kering

Hindari mencuci kain yang sudah dibordir dengan mesin pencuci kering. Mesin pencuci kering dapat merusak benang-benang pada bordiran. Sebaiknya cuci kain yang sudah dibordir dengan tangan dan jangan pernah merendam kain terlalu lama dalam air.

 

 

 

Rok Dengan Bordiran Yang Cantik

 

 

 

Menjaga Kain dari Bakteri

Kain yang sudah dibordir sebaiknya dijaga dari bakteri dan jamur. Bakteri dan jamur dapat merusak kain dan bordiran pada kain. Pastikan Anda menyimpan kain pada tempat yang bersih dan kering. Jangan biarkan kain yang sudah dibordir terkena air atau kelembaban yang berlebihan, karena dapat menyebabkan tumbuhnya bakteri dan jamur.

 

 

Menjaga Kain dari Serangga

Serangga seperti ngengat dan kutu dapat merusak kain dan bordiran pada kain. Pastikan Anda menyimpan kain yang sudah dibordir pada tempat yang bersih dan terhindar dari serangga. Hindari menggunakan produk obat nyamuk atau semprotan serangga pada kain yang sudah dibordir, karena dapat merusak warna dan bordiran pada kain.

 

 

Hindari Pemanasan Berlebih

Hindari pemanasan berlebih pada kain yang sudah dibordir. Jangan pernah menyetrika kain yang sudah dibordir terlalu panas, karena dapat merusak benang-benang pada bordiran. Sebaiknya gunakan setrika dengan suhu yang rendah atau menggunakan kain pelindung pada saat menyetrika kain yang sudah dibordir.

 

 

Kain Dengan Bordiran Yang Cantik

 

 

Melakukan Perawatan Secara Berkala

Agar kain yang sudah dibordir tetap awet dan cantik, lakukan perawatan secara berkala. Bersihkan kain yang sudah dibordir secara rutin dan simpan kain pada tempat yang bersih dan kering. Jangan biarkan kain yang sudah dibordir terkena air atau kelembaban yang berlebihan, karena dapat merusak kain dan bordiran pada kain.

 

 

Menjaga Kain dari Bahan Kimia

Hindari menyimpan kain yang sudah dibordir bersama dengan bahan kimia seperti parfum atau pewangi pakaian. Bahan kimia dapat merusak warna dan bordiran pada kain. Pastikan Anda menyimpan kain pada tempat yang terhindar dari bahan kimia.

 

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

 

 

Kesimpulan

Merawat kain yang sudah dibordir memang memerlukan perhatian khusus agar tetap terlihat cantik dan awet. Pastikan Anda mengetahui jenis kain dan bordirannya sebelum membersihkan kain. Gunakan deterjen yang lembut dan air yang tidak terlalu panas saat mencuci kain. Keringkan kain dengan benar dan simpan kain pada tempat yang bersih dan kering. Hindari pemanasan berlebih pada kain dan lakukan perawatan secara berkala. Dengan melakukan perawatan yang tepat, kain yang sudah dibordir dapat tetap terlihat cantik dan awet untuk waktu yang lama.

 

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 7
  • 756 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article