11 Ide Unik Kerajinan Berbahan Kain | Toko Kain Surabaya

Windy 4 Aug 2021 at 5:07
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

11 Ide Unik Kerajinan Berbahan Kain 

 

Selain bisa dibuat menjadi baju, kain juga bisa dimanfaatkan untuk membuat kerajinan tangan atau souvenir. Apa saja itu? Simak lebih lengkapnya 11 ide unik kerajinan berbahan kain di bawah ini!

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Tote bag

Kerajinan Tas

 

Benda satu ini jadi favorit kaum muda untuk membawa apapun secara simpel dan cepat. Dengan desain yang simpel sekali dan sederhana ini, totebag banyak disukai dan bisa dibawa kemana pun, terutama untuk acara-acara santai dan semi formal. Totebag punya banyak ukuran yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan. JIka ingin membuat kerajinan totebag, kita bisa gunakan kain kanvas, kain perca ataupun kain drill sebagai bahan utama. 

 

Rekomendasi Bahan Tas & Tote Bag Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Tempat tisu 

 

Kerajinan Tas

 

Kerajinan satu ini sudah familiar sekali. Banyak tempat tisu yang dijual adalah produk kerajinan dari bahan kain. Ada tempat tisur yang dibuat begitu ciamik dari kain flanel, kain perca maupun kain lainnya. Tempat tisu yang dibuat sebagai kerajinan memiliki nilai jual yang lebih tinggi karena mengandung kreativitas dan custom.

 

Pouch 

Kerajinan Tas

 

Seperti dompet namun lebih besar dan tidak memiliki banyak slip maupun tempat uang, itulah pouch. Lebih berfungsi sebagai wadah praktis untuk membawa kosmetik, mukenah ataupun alat tulis. Segala benda-benda kecil yang berjumlah banyak dan selalu dibutuhkan setiap hari untuk dibawa-bawa bisa disimpan menggunakan pouch ini. Agar tidak bosan dengan pouch seperti yang dijual di pasaran, kita bisa mengkreasikan sendiri pouch sebagai kerajinan tangan, baik dari kain flanel maupun perca atau kain apapun tetap bisa. 

 

Gantungan kunci 

 

Kerajinan Gantungan Kunci Home Made

 

Rasanya ada yang kurang jika kunci tak diberi gantungan. Hampir setiap kunci selalu diberi gantungan sendiri. Gantungan kunci pun beragam bentuk dan bahannya, termasuk dari bahan kain yang dibuat kerajinan tangan tak kalah menariknya. Ada yang berbentuk boneka kecil, huruf, bunga, dan sebagainya. Kain perca maupun kain flanel yang paling banyak dijadikan bahan pembuatan kerajinan gantungan kunci ini. 

 

Bros 

 

Kerajinan Bros Home Made

 

Bros dari kain sudah sangat sering kita jumpai di toko-toko aksesoris kecantikan. Bahan kainnya bisa dari flanel maupun kain perca. Banyak ragam bentuk bros yang bisa dibuat dengan memanfaatkan kain flanel dan perca, seperti bentuk bunga, pita, boneka atau karakter-karakter lucu yang disukai wanita. 

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Sleep mask 

 

Home made Sleep Mask

 

Masker tidur untuk menutup mata yang biasanya dijual mahal, ternyata bisa kita buat sendiri dengan bahan-bahan kain seadanya di rumah, bisa dari kain perca ataupun kain flanel yang lembut. Bahan yang kita perlukan adalah kain seukuran penutup mata yang ingin dibuat, jarum dan benang, karet dan jika ingin lebih empuk maka butuh isian berupa spons atau kapas sintetis seperti yang dipakai isian boneka. 

 

Drawstring bag 

 

Tas Tarik pouch home made

 

Jika nama ini asing, maka tas serut mungkin lebih familiar. Kerajinan tangan berikutnya yang bisa kita buat dari kain adalah tas serut. Tas serut ini bentuknya seperti totebag, hanya saja terdapat tambahan di bagian atas tas berupa serutan. Biasanya tas serut ini dibuat sebagai souvenir acara-acara pernikahan maupun seminar, atau juga dijual bebas sebagai aksesoris tambahan saat hangout bersama teman. 

Kita bisa membuat sendiri tas serut ini dari bahan-bahan kain seperti kain kanvas ataupun kain drill yang biasa digunakan sebagai bahan celana. Ukurannya pun bisa kita sesuaikan kebutuhan atau ketersediaan ukuran kainnya. 

 

Keset 

 

Keset Home made

 

Keset banyak jenisnya, begitu pun dengan bahan pembuatnya. Tapi semuanya berasal dari kain karena fungsi dari keset ini adalah menyerap air yang menempel di kaki kita. Selain memberi keset baru dengan harga mahal, sebetulnya kita bisa membuat sendiri keset lantai dari kerajinan berbahan kain. Kita bisa memanfaatkan kain perca untuk membuat keset.

Keset dari kain perca saat ini tidak bisa dianggap sebelah mata. Hasil-hasil keset kain perca tidak kalah bernilainya dengan keset-keset bagus yang mahal dari berbagai jenis kain. Bahkan saat ini keset kain perca sudah diperdagangkan dengan peminat yang tinggi. Tertarik untuk membuat sendiri keset kain perca? 

 

Placemat 

 

Place Mat home made

 

Placemat sering digunakan untuk tatakan alat makan di meja makan. Biasanya berbentuk persegi maupun lingkaran mengikuti bentuk piring dan gelas. Tatakan atau alas alat makan ini memiliki fungsi untuk menjaga agar piring dan gelap tidak selip. Fungsi lainnya yaitu memberikan kesan estetik. Di restoran mewah, placemat ini menjadi bagian dari table manner saat makan. 

Nah, kita bisa membuat sendiri placemat ini dari berbagai jenis kain asalkan kainnya tidak licin. Kita bisa memanfaatkan sisa kain perca ataupun kain flanel untuk membuat kreasi placemat sendiri. 

 

Amplop

 

Amplop atau dompet kecil home made

 

Jika memiliki amplop dari flanel, kita bisa menggunakan amplop berkali-kali. Hal itu karena amplop berbahan kain lebih awet dan bernilai. Tidak seperti amplop kertas yang langsung dibuang sekali pakai saja. 

 

Tempat pensil 

Sama halnya seperti kotak tisu, bentuk tempat pensil pun mirip seperti itu. Kita bisa membuat sendiri tempat pensil sebagai kerajinan dari flanel alih-alih membeli tempat pensil yang itu-itu saja. 

 

 

 

 

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 58
  • 7034 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article