Makna Warna Merah dan Hijau Di Momen Natal | Toko Kain Surabaya

Windy 15 Dec 2022 at 8:01
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Makna Warna Merah dan Hijau Di Momen Natal

 

 

Makna Warna Merah dan Hijau Di Momen Natal

 

Hari Natal semakin dekat rasanya, tak terasa sudah hampir berada di penghujung tahun. Berbagai dekorasi dengan warna utama merah, hijau dan putih dan emas pun akan semakin mendominasi berbagai tempat umum khususnya di pusat-pusat perbelanjaan.
Untuk menyambut perayaan momen Natal biasanya Anda akan menghias rumah dengan dekorasi-dekorasi Natal juga agar semakin terasa suasana momen natal meskipun hanya di rumah. 

 

Dekorasi Natal yang identik dengan warna hijau dan merah bisa mempercantik dan membuat suasana rumah menjadi kesan lebih hangat, karna momen natal yang juga identik dengan musim dingin. Sebenarnya apa sih makna warna hijau dan merah yang menjadi warna utama saat Natal tersebut? Yuk, simak penjelasannya berikut ini agar bisa menambah wawasan religi Anda.

 

Rekomendasi Bahan Seragam Kantor Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Makna Warna Hijau

Warna hijau yang merupakan warna utama momen natal ini diartikan sebagai simbol kehidupan abadi Yesus dan harapan atas sesuatu yang baru. Tidak hanya itu saja, bahkan seorang ilmuwan penelitian di University of Cambridge Spike Bucklow menjelaskan jika warna hijau juga bisa menjadi simbol penyembuhan, pengharapan, dan pertumbuhan iman.

 

Sedangkan dalam tata warna liturgi, warna hijau ini merupakan warna yang melambangkan hidup baru, masa depan, harapan, dan keremajaan. Biasanya, warna hijau paling mudah kita temui dalam bentuk pohon Natal yang menjadi ikon momen natal.

 

Di luar negeri, umumnya waktu perayaan Natal datang di tengah-tengah musim dingin, meskipun momen Natal terjadi di tengah musim dingin, warna hijau terlihat paling menonjol dan ada di mana-mana, karena sangat kontras dengan salju yang warnanya putih. Dari pohon Natal yang hijau, dan juga berbagai karangan bunga yang tergantung di depan pintu rumah sebagai dekorasi natal. 

 

Di akhir musim dingin, sudah menjadi kebiasaan secara turun temurun oleh orang-orang Romawi akan saling memberi tanaman atau cabang yang hijau sebagai tanda keberuntungan. Biasanya orang Romawi  akan memilih tanaman berjenis evergreen karena tanaman tersebut enggak pernah kehilangan warna hijau meskipun berada di musim dingin sekalipun. Mereka meyakini bahwa warna hijau sendiri dianggap sebagai janji hidup dan musim semi. 

 

Makna Warna Merah dan Hijau Di Momen Natal

 

Makna Warna Merah

Warna merah yang khas di perayaan Natal memiliki arti sebagai rasa cinta dan penderitaan, selain itu warna ini juga diartikan sebagai simbol kekuatan dan kesetiaan Yesus. Selain itu, bahkan penulis buku Secret Language of Color Arielle Eckstut mengatakan bahwa warna merah juga memiliki arti sebagai kehangatan cinta, luapan rasa semangat, kebebasan, serta keberanian. 

 

Hal inilah juga yang menggambarkan makna dari suasana hari Natal, sebagai momen berkumpul dengan keluarga dan orang-orang yang terkasih.  Sedangkan dalam tata warna liturgi, warna merah berarti lambang dari Roh Kudus yang penuh kekuatan serta kesetiaan. Warna merah ini biasanya akan banyak ditemui dalam ornamen pohon Natal, hadiah Natal, kostum Santa Claus.

 

Penggunaan warna merah saat Natal juga sebagai lambang buah apel yang ada pada pohon di surga. Apel yang berwarna merah tersebut juga mewakili kejatuhan Adam ke dunia, selain itu merah juga merupakan warna buah holly berry, buah ini dikatakan sebagai representasi darah Yesus ketika mati di kayu salib. 

 

Kemudian, salah satu alasan terbesar lainnya mengapa warna merah menjadi warna dominan karena merah juga merupakan warna pakaian Santa. Legenda Santa Claus sendiri berasal dari St. Nicholas dari Smyrna. 

 

St Nick merupakan seorang uskup di Turki yang sangat terkenal murah hati kepada anak-anak dan orang yang kurang mampu karna sering berbagi kado. Nah, pakaian uskup tersebut berwarna merah, bahkan sampai saat ini, warna merah menjadi warna yang akan memberikan kesan yang lebih hidup di setiap perayaan Natal.

 

Makna Warna Merah dan Hijau Di Momen Natal


 

Selain hijau dan merah, terdapat juga warna lain yang identik dengan Natal, warna tersebut adalah warna emas dan putih. Pada umumnya warna emas jelas merupakan representasi dari logam mulia, namun pada perayaan momen Natal, emas memiliki beberapa arti yang lain. Di luar negeri, sinar matahari tentunya menjadi suatu hal yang langka di musim dingin, inilah yang berarti dengan memiliki hiasan emas di rumah dianggap membawa kehangatan. 

 

Warna emas juga berarti mewakili kemakmuran dan kekayaan  yang dahulu emas juga merupakan bagian penting dari kisah Natal karena emas merupakan salah satu hadiah yang diberikan orang-orang bijak kepada Yesus.

 

Sedangkan untuk warna putih, secara tradisional berarti sebagai kesan ramah dan damai, bahkan saat menjelang perayaan Natal, biasanya banyak yang menutupi rumah dengan warna putih untuk melambangkan penyambutan kelahiran Yesus.

 

Makna Warna Merah dan Hijau Di Momen Natal

 

 

Itulah beberapa makna warna perayaan momen Natal, kini Anda jadi lebih tahu apa arti di balik semua warna dekorasi Natal bukan...Selamat merayakan Natal :)

 

Baca Juga Artikel Berikut

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 5
  • 1373 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article