Apa itu Jaket Murayama Ini Karakteristiknya | Toko Kain Surabaya

Windy 28 May 2021 at 10:10
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Apa itu Jaket Murayama? Ini Karakteristiknya!

 

Sekarang ini jaket tak lagi menjadi pakaian penghangat belaka. Setelan berlengan panjang ini juga menjadi salah satu cara untuk menampilkan gaya fashion dan identitas tertentu. Jika berkendara di jalanan, Anda tentu pernah menemui anak muda yang memakai jaket dengan tulisan nama Jurusan atau Kampus tertentu. Para mahasiswa atau pelajar sering menyebutnya sebagai jaket angkatan, karena menjadi salah satu ciri angkatan mereka. 

 

Pada konteks lainnya, jaket juga digunakan untuk menampilkan gaya fashion tertentu, termasuk salah satunya jaket Sukajan. Sebuah jaket dengan gaya dan hiasan khas ala Jepang yang salah satunya menjadi tren terkini, yaitu Jaket Murayama. Bagi para penggemar anime, jaket ini tidak hanya menjadi sebuah setelan biasa, tapi memiliki makna dan karismanya sendiri.

 

Seperti apa Jaket Murayama itu? Simak lebih lengkapnya di bawah ini!

 

Pilihan Warna Bahan Parasut Untuk Jaket Murayama di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Tentang Jaket Sukajan

 

Jaket Sukajan adalah salah satu model jaket yang sangat kental dengan nuansa Jepang. Secara umum bentuk model jaket ini mengadopsi bentuk jaket varsity, dimana bagian badan memiliki warna yang berbeda dengan bagian lengan. Selain itu juga tidak dilengkapi dengan hoddie dan memiliki area karet yang elastis pada bagian leher, pergelangan tangan dan pinggang. 

 

Foto : Jaket Maruyama

 

Perbedaannya pada warna dari jaket sukajan dan bahan yang dipakai. Bahan yang dipakai untuk pembuatan jaket Sukajan kadang memakai warna yang lebih mengkilap, berbeda dengan jaket varsity. Dulunya banyak dipakai oleh tentara pada saat perang dunia ke II. 

 

Selain pada bahan, perbedaan yang lebih mencolok terlihat dari motif yang dipakai. Jika pada jaket varsity, hiasan lebih minimalis, sedangkan jaket sukajan dihiasi oleh lebih banyak motif. Motifnya biasanya dibordir pada bagian dada dan bagian punggung (besar). Motif-motif yang dipakai umumnya filosofis sesuai dengan budaya jepang, seperti bunga sakura, naga, harimau, ikan koi, dan seterusnya. 

 

Baca Yuk Artikel Tentang Jaket Yang Lain

 

Lalu Apa itu Jaket Murayama?

 

Foto : Jaket Maruyama

 

Nah setelah Anda memahami apa itu jaket sukajan, pertanyaan selanjutnya yang mungkin muncul dalam benak Anda adalah “lalu apa yang dimaksud jaket Murayama?” atau “lalu apa hubungannya dengan jaket Murayama?”. Keduanya menjadi berhubungan karena jaket Murayama adalah salah satu jaket Sukajan yang saat ini sedang populer. 

 

Jadi, jaket Murayama dan jaket Sukajan sebenarnya adalah hal yang sama. Bedanya, Murayama merujuk pada desain yang lebih spesifik. Dimana Murayama itu berhubungan dengan tokoh film yang bernama Yoshiki Murayama. Tokoh itu sangat ikonik dengan jaket sukajan berwarna biru yang hampir selalu dikenakan dalam setiap aksinya. Itulah mengapa jaket yang ia pakai kemudian disebut dengan jaket Murayama. 

 

Tokoh Yoshiki Murayama

 

Anda akan memahami secara lebih mudah tentang jaket Murayama jika Anda juga memahami tokoh ikonik dibaliknya. Murayama adalah salah satu tokoh dalam film High & Low The Worst. Dia adalah pemimpin dari kelompok dari sekolah Oya Koukou yang dalam film ini bertarung dengan kelompok sekolah Academy Housen. Sekolah tersebut dikenal sebagai sekolah tempat para preman berkumpul.

 

Foto : Jaket Maruyama

 

Murayama menjadi salah satu ikonik dengan kekuatannya yang mampu memecahkan rekor tetap mampu berdiri setelah menerima 100 kali pukulan. Kekuatannya itulah yang kemudian menjadikannya diangkat sebagai ketua geng dari sekolah Oya. Hingga akhirnya kelompok sekolah itu dikenal sebagai salah satu geng terkuat. 

 

Film tentang gengster seperti ini sudah lama dikenal sebagai salah satu film ciri khas Jepang. Dimana terdapat banyak sekali gengster yang bukan hanya dibangun oleh preman-preman dewasa tapi juga dari kalangan pelajar. Karakter Murayama sebagai salah tokoh yang tangguh dalam film tersebut pada akhirnya membuat banyak orang suka. Hingga jaket yang selalu dikenakannya dalam beragam pertarungan tersebut juga ikut disukai banyak orang dan menjadi salah satu ikon fashion, terutama di kalangan penggemarnya.

 

Jaket Murayama didesain semirip mungkin dengan jaket yang dikenakan oleh Murayama, dengan detail ciri khas sebagai berikut:

 

  • Warna bagian badan biru, sedangkan untuk lengan putih. Tapi ada beberapa versi yang membuat lengannya berwarna putih kekuningan
  • Bahan yang dipakai dalam pembuatan jaket mengkilap, seperti jaket sukajan lainnya
  • Motif bordiran bagian dadanya berbentuk burung yang mengepakkan sayapnya
  • Sedangkan untuk motif bordiran pada bagian punggungnya, beberapa menggunakan motif burung (seperti bagian depan, hanya lebih banyak ornamen), beberapa lainnya menggunakan motif naga

 

Itulah penjelasan tentang apa itu jaket Murayama dan bagaimana karakteristik modelnya. Bagi Anda yang ingin membuat jaket yang sedang menjadi tren ini, tak perlu lagi bingung. Semoga bermanfaat!

 

Baca Yuk Artikel Tentang Jaket Yang Lain

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article