Rekomendasi Bahan untuk Celana Pendek Kekinian | Toko Kain Surabaya

Windy 25 Jan 2022 at 8:05
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

5 Rekomendasi Bahan untuk Celana Pendek Kekinian

 

Demi kenyamanan beraktivitas, hal pertama yang harus kita perhatikan adalah dari segi bahan dasar celananya. Sebagus apapun model, potongan dan merknya, jika bahan celana yang kita pilih tidak sesuai dengan kegiatan yang akan dilakukan, celana menjadi sangat tidak nyaman. Pemakaian bahan celana juga disesuaikan dengan fungsi celana itu. 

Celana yang ditujukan untuk santai di rumah, cenderung berbahan tipis, lembut, longgar dan menyerap keringat. Celana sehari-hari ini sangat mengutamakan unsur kenyamanan pekaianya untuk aktivitas dan pemakaian yang sama. 

 

Bahan untuk Celana Pendek Kekinian

 

Sedangkan untuk olahraga, bahan yang dipilih akan berbeda. Bahan-bahan yang tipis, elastis, mudah menyerap keringat sekaligus kering dengan cepat akan menjadi pilihan favorit. Bahan dengan berat yang ringan juga akan menjadi pertimbangan utama dalam memilih celana pendek olahraga. 

Nah bagaimana dengan celana untuk kegiatan yang lebih berat seperti aktivitas outdoor atau pendakian gunung? Tidak mungkin memakai celana dengan bahan yang sama seperti ketika berolahraga. Kegiatan pendakian tergolong berat, jadi butuh bahan-bahan yang tebal dan berserat kuat agar tidak mudah sobek ketika tergores dan beraktivitas. 

Itulah sekilas mengenai kesesuaian bahan celana dengan fungsinya. Agar pemahaman dan wawasan kita lebih banyak, berikut ini adalah lima rekomendasi bahan celana yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. 

 

Pilihan Warna Bahan Celana Kulot American Drill di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Denim 

Rekomendasi bahan yang pertama adalah denim. Seringkali bahan denim ini juga disebut dengan jeans. Bahan denim cocok sekali untuk membangun kesan fashionable saat memakai celana pendek, terlihat lebih muda dan gaul. Celana pendek berbahan denim seringkali dipakai untuk kegiatan non formal, seperti hang out bersama teman, nongkrong di café dan mall atau berwisata ke suatu tempat. 

 

Bahan untuk Celana Pendek Kekinian

 

Bahan denim tidak cocok dipakai dalam waktu yang lama, karena bahan ini cukup kaku dan berat. Sifat bahannya yang tebal, kaku dan tidak elastis ini memberikan beban tambahan pada tubuh kita sehingga tidak begitu nyaman untuk dipakai aktivitas berat dalam waktu lama. 

 

Baca Juga Yuk Artikel Lain tentang Celana

 

Katun 

Rekomendasi berikutnya datang dari kain andalan orang Indonesia, yaitu bahan katun yang cocok dipakai untuk semua item fashion di segala cuaca dan tempat. Katun menjadi juara sebab membawa segudang sifat alami kain. Katun mudah menyerap keringat, meski dalam intensitas banyak dapat membuat kain jadi berat. Permukaannya lembut dan adem ketika dipakai. 

 

Bahan untuk Celana Pendek Kekinian

 

Pilihan warnanya pun beragam, ada yang polos ataupun bermotif. Tidak seperti bahan denim dengan pilihan warna yang terbatas, katun memiliki hampir semua palet warna sehingga kita bisa bebas memadu-padankan dengan keseluruhan outfit kita. Bahan katun lebih lentur, tidak kaku dan lembut dibanding denim. Bahan ini pun lebih ringan. Celana katun sangat cocok untuk celana sehari-hari. 

 

Polyester 

Berbeda dengan celana untuk hang out dan sehari-hari, bahan polyester ini menjawab kebutuhan untuk celana khusus olahraga atau aktivitas apapun yang berkeringat banyak. Celana dari bahan polyester sangat ringan, tipis dan mudah kering. Celana olahraga juga membutuhkan bahan yang memiliki elastisitas baik sehingga tidak akan menjadi hambatan bergerak saat berolahraga, bahan polyester ini memiliki sifat demikian. 

 

Bahan untuk Celana Pendek Kekinian

 

Beberapa jenis polyester mampu melar dalam batas khusus, meski tidak semuanya demikian. Celana pendek olahraga ada dua jenis, yang lebar atau yang ketat dan memberikan kompresi. Dua jenis itu cocok untuk kegiatan olahraga yang berbeda. Jadi bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan.  

 

Linen 

 

Bahan untuk Celana Pendek Kekinian

 

Bahan yang keempat adalah kain linen. Jenis kain ini dapat menjadi solusi untuk anda yang menginginkan celana pendek dengan kesan formal, sebab bahan linen banyak menjadi pilihan untuk pakaian-pakaian kerja yang formal. Bahannya hampir seperti katun yang memiliki sifat adem, dan menyerap keringat dengan baik. Bedanya adalah bahan linen ini memiliki tekstur benang sehingga tidak selembut katun. Bahan linen memiliki kekuatan yang sama seperti katun sebab campuran kapas alaminya lebih tinggi dibanding campuran polyesternya.

 

Baca Juga Yuk Artikel Lain tentang Celana

 

 

Corduroy 

 

Bahan untuk Celana Pendek Kekinian

 

Jika menginginkan celana kain yang tebal namun tidak seketat bahan denim, maka bahan corduroy dapat menjadi alternatif pilihan terbaik. Bahan ini tebal dan memiliki tekstur kain yang lebih tegas dibanding linen, namun permukaannya lebih lembut dan terasa lebih lemas dibanding denim maupun linen yang agak kaku. Bahan corduroy ini banyak dijadikan bahan dasar celana-celana untuk aktivitas outdoor dan hang out. Kainnya yang tebal dapat memberikan kehangatan sekaligus perlindungan yang lebih besar dari goresan-goresan tajam di alam. 

 

Selain kelima rekomendasi kain untuk celana pendek di atas, sebenarnya masih banyak juga bahan-bahan untuk celana pendek lainnya, namun tidak begitu terkenal di pasaran. Untuk mendapatkan celana pendek yang nyaman dan sesuai dengan aktivitas pemakaiannya, tidak hanya butuh mempertimbangkan bahannya tapi juga model celana dan potongannya. Hal tersebut juga tidak kalah pentingnya sebab model celana juga menentukan kenyamanan dan peranan celana tersebut dalam melindungi kaki kita.

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 87
  • 5008 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article