Tips Memilih Bahan Untuk Celana Training | Toko Kain Surabaya

Windy 1 Sept 2021 at 7:55
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Tips Memilih Bahan Untuk Celana Training

 

Celana training adalah komponen yang penting sekali dalam berolah raga. Dalam beberapa kasus, celana training ini tak hanya dipakai saat berolah raga saja. Beberapa model celana training juga cocok dijadikan outfit hang out atau kegiatan-kegiatan santai. Memakai outfit celana training dapat memberikan kesan sporty. Namun, tips memilih bahan celana training ini tak hanya berhenti untuk tampilan outfit yang sporty saja, lebih penting dari itu adalah untuk tujuan kenyamanan saat berolah raga. 

 

Baca Juga Yuk Artikel Lain tentang Celana

 

Kenapa harus memilih bahan yang tepat?

 

Barangkali akan lebih mengena jika pertanyaannya diubah sudut pandangnya, memangnya kenapa kalau salah memilih bahan celana training? Seberapa besar masalahnya jika ternyata celana trainingnya tidak memuaskan dipakai? 

 

Untuk menjawabnya, mari kita membayangkan, apa yang kita inginkan saat berolah raga? Tentu kenyamanan. Performa olah raga maksimal, tidak terganggu dengan celana training yang salah, bahkan juga pemilihan bahan yang tepat dapat mendukung performa olah raga kita. 

 

Model Menggunakan Celana Training

 

Ketika salah memilih bahan celana training untuk berolah raga, garis besarnya kita tidak akan nyaman saat olah raga. Lebih detailnya: merasa cepat gerah di bagian perut ke bawah, gerakan kaki jadi terhambat karena beban celana yang berat, merasa gatal ketika kulit bergesekan dengan kain celana dan bau yang tidak sedap karena keringat yang luar biasa. 

 

Selain itu, bahan yang salah akan menghambat mobilitas, misalkan kain celana ternyata kaku, dan tidak melar, itu tentu akan menghambat performa dan pergerakan kaki padahal dalam berolah raga, fleksibilitas dan kecepatan gerak akan sangat berpengaruh. Nah, tidak mau kan olah raga jadi terhambat karena salah celana training? Oleh karena itu, yuk disimak bersama, ini dia tips memilih bahan yang tepat!

 

Cari bahan yang mudah menyerap keringat 

 

Model Sedang olahraga

 

Salah satu yang paling wajib diperhatikan untuk bahan celana adalah kemampuannya menyerap keringat. Kebutuhan untuk pakaian olah raga memiliki perbedaan dengan pakaian biasa meski butuh yang sama-sama menyerap keringatnya. Namun ketika berolah raga keringat yang diproduksi tubuh bisa 2-3x lipat lebih banyak. Kalau bahan celana yang dipakai tidak memiliki kemampuan tinggi menyerap keringat,  ini akan sangat tidak nyaman saat olah raga. Rasanya akan sangat gerah dan panas. 

 

Pilih Bahan yang Cepat Kering

 

Lalu, pada bahan yang sama, selain mampu menyerap keringat dengan sangat baik, pilihlah bahan yang sekaligus bisa kering dengan cepat, bahkan kena angin sedikit sudah bisa lebih kering meski tak sepenuhnya. Kemampuan kering dengan cepat ini akan sangat membantu performa olah raga kita. Pakaian yang penuh keringat tidak akan jadi berat karena bisa cepat kering dan saat dipakai kita tidak gerah. Badan akan terasa ringan sebab kain tidak menampung keringat terlalu lama. Misalnya seperti kain parasut.

 

Bahan yang tidak panas saat dipakai 

 

Variabel yang ketiga adalah sifat kain yang panas atau sejuk. Panas tidaknya kain ini dipengaruhi oleh pori-pori kain. Ada kain yang berpori besar dan ada yang kecil. Kain dengan pori-pori yang besar akan lebih sejuk dipakai karena sirkulasi udara lancar dan panas tubuh bisa tersalurkan ke luar. Celana yang pori-porinya baik akan sangat membantu memberikan kesejukan, menghindarkan rasa gerah karena intensitas gerak tubuh yang tinggi. Memakai celana yang tidak membuat gerah akan sangat memberi kenyamanan pada saat olah raga. 

 

Kain yang cukup elastis tapi tidak berlebihan 

 

Model menggunakan Baju olahraga

 

Ketika olah raga, tubuh cenderung melakukan gerakan-gerakan penuh yang tidak dilakukan pada saat biasa. Ketika melakukan gerakan-gerakan tersebut, kita butuh celana dengan bahan yang lentur dan bisa melar agar bisa bebas bergerak tanpa batasan. 

 

Baca Juga Yuk Artikel Lain tentang Celana

 

Prioritaskan bahan yang anti bakteri

 

Keringat yang terkekang dan terpapar oleh debu tentu jadi tempat paling disukai bakteri. Jadi pertimbangkan juga bahan-bahan yang sudah mengandung sifat anti bakteri untuk menjaga kesehatan kulit. Jadi tidak akan mudah iritasi karena bakteri. 

 

Bahan yang ringan

 

Celana training yang ringan seperti bahan parasut lebih baik dari pada celana yang berat, sekalipun dalam segi model celana mungkin tidak kamu sukai. Kenapa? Karena bahan celana yang ringan ini akan mendukung gerak dengan intensitas tinggi selama olah raga. Pakaian yang ringan tidak akan memberikan beban tambahan untuk tubuh, ini akan membuat tubuh jadi lebih fleksibel dalam bergerak. 

 

Perhatikan juga tekstur kainnya 

Tekstur kain celana training ini juga tak bisa ditinggalkan

ketika mempertimbangkan memilih celana. Jika bahan memiliki dua sisi yang berbeda, maka prioritaskan bahan dalam yang bersentuhan langsung dengan kulit. Pilihlah bahan yang halus, lembut, untuk mengurangi terjadinya iritas dan gatal pada kulit selama berolah raga. 

 

Itulah beberapa hal yang bisa menjadi fokus perhatian ketika memilih bahan celana training. Semoga bisa membantumu menemukan bahan yang tepat. 

 

Rekomendasi Bahan Celana Training Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 4
  • 2633 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article