Tips Memulai Bisnis Jualan Busana Muslim di Bulan Ramadhan | Toko Kain Surabaya

Windy 18 May 2022 at 8:04
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Tips Memulai Bisnis Jualan Busana Muslim di Bulan Ramadhan 

 

Bisnis Jualan Busana Muslim di Bulan Ramadhan

 

Sebagai negara dengan jumlah umat islam terbesar di dunia, pantas rasanya jika Indonesia dinobatkan sebagai negara dengan pasar yang sangat basah untuk produk-produk muslim. Banyak pengamat pemasaran dan praktisi yang mengatakan bahwa Indonesia memiliki pasar muslim kelas menengah yang sangat besar. Oleh karena itu, permintaan terhadap produk-produk yang berbau muslim sangat tinggi. Permintaan tersebut akan bertambah tinggi kala ramadhan dan idul fitri datang, mulai dari snack camilan kue kering, alat-alat ibadah dan juga fashion.

 

Baca Juga Yuk Artikel Terkait

 

Sebagai negara dengan pasar muslim terbesar, tentu hal ini menjadi peluang bisnis jualan busana muslim yang menggiurkan. Terlebih ketika kita melihat bagaimana produk-produk busana muslim dapat terjual habis hanya beberapa jam setelah diluncurkan. Bukankah banyaknya fakta seperti itu semakin menguatkan motivasi dan keinginan kita ikut bisnis jualan busana muslim?

 

Ya, semangat memang boleh, namun jangan lupa bahwa produk-produk yang habis terjual dalam hitungan jam tersebut tidak serta merta sukses. Ada langkah-langkah bisnis yang harus dilakukan untuk mendulang kesuksesan sebesar itu, terutama untuk kita yang baru akan memulainya.

 

Langkah awal sangat penting, sebab bila gegabah di awal, dapat mempengaruhi seluruh proses berikutnya. Bisnis jualan busana muslim bukan tentang percobaan yang boleh gagal, ada seperangkat sumber daya yang disiapkan dan dikorbankan ketika memulainya. Bila kita gagal karena gegabah, semua sumber daya itu akan habis dengan sia-sia. Lantas bagaimana agar tidak gegabah memulai bisnis jualan busana muslim? Yuk kita diskusikan bersama!

 

Pilihan Warna Bahan Kemeja Dan Gamis Inma Premium Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

  1. Riset produk yang sedang trendy tiga bulan terakhir

 

Melakukan Riset produk yang sedang trendy

 

Variabel penting dalam berbisnis adalah produk. Produk adalah alat tukar untuk mendapatkan keuntungan. Sesuatu yang membuat pelanggan kembali membeli dan membeli lagi. Bila kita menawarkan produk yang tepat, dalam artian sesuai dengan kebutuhan pasar, maka produk bisa laku dengan cepat. Begitu pula sebaliknya. Oleh karenanya, penting sekali bagi kita untuk menemukan produk yang tepat sebelum mulai membuka sebuah bisnis jualan busana muslim.

 

Busana muslim seperti apa yang saat ini sedang naik trend? Busana muslim dengan model dan bahan apa yang paling laris di pasaran? Busana muslim yang bagaimana yang dibutuhkan dan diinginkan oleh pasar? Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, kita dapat memulai untuk melakukan riset produk untuk menemukan busana muslim yang tepat. Kita dapat mulai mengamati tren busana muslim yang berkembang selama tiga bulan ke belakang, dan memprediksi busana muslim apa yang akan meningkat permintaannya menjelang dan selama ramadhan.

 

  1. Riset pasar untuk menentukan target segmen pasar

Tidak cukup dengan mengetahui produk apa yang paling tepat, kita pun perlu melakukan observasi dari sisi pasarnya. Hal-hal yang perlu kita ketahui dari pasar meliputi preferensi gaya berbusana, kebutuhan dan keinginan, daya beli pasar, segmentasi demografisnya dan kebiasaan belanjanya. Semua variabel tersebut dapat kita cari untuk kemudian mengetahui segmen pasar mana yang paling tepat untuk kita bidik. Melakukan riset pasar ini juga dapat membantu untuk pijakan dalam merumuskan strategi pemasaran yang tepat, sebab pemasaran yang baik harus sesuai dengan karakter pasar yang ditarget.

 

  1. Temukan supplier berkualitas dengan harga bersaing

 

Temukan supplier berkualitas dengan harga bersaing

 

Bisnis jualan busana muslim harus menemukan supplier produk yang tepat. Bila ingin menjual tanpa melakukan produksi sendiri, maka temukanlah supplier baju jadi  yang berkualitas dan sesuai dengan hasil riset produk. Tentunya dengan harga yang bersaing. Bila ingin menjual hasil produksi sendiri, maka tetap perlu menemukan supplier kain, benang dan aksesoris lain yang dibutuhkan untuk memproduksi pakaian. Memiliki suplier yang tepat, menjadi variabel yang tidak boleh diremehkan. Kita dapat mengontrol kualitas produk dan harga, salah satunya karena supplier.

 

  1. Rancanglah strategi marketing yang sesuai

 

Marketing merupakan jiwa dari bisnis itu sendiri. Setelah semua persiapan telah matang, pasar sudah ditentukan dan produk siap di jual, maka strategi untuk memasarkannya tidak boleh asal. Konseplah dengan matang bagaimana akan mengenalkan produk tersebut ke segmen pasar yang sudah ditentukan. Buatlah desain promosi yang menarik dan sesuai dengan karakter pasarnya.

Pilihkan media-media promosi yang paling sering mereka akses. Bila menarget segmen remaja hingga dewasa muda, maka pemasaran melalui media online adalah pilihan yang tepat, sebab mereka sangat dekat dengan sosial media dan mengakses hampir setiap waktu. Bila yang ditarget adalah kelompok pasar ibu-ibu, mungkin pemasaran dapat mengkombinasikan media online dan offline.

 

  1. Do it!

 

Bisnis Jualan Busana Muslim di Bulan Ramadhan

 

Inti dari bisnis adalah melakukannya. Semua rencana yang disusun harus dilakukan agar kita mengetahui hasilnya. Tiada artinya konsep sebagus apapun bila tidak direalisasikan. Mulailah membuka toko dan lakukan pemasaran sesuai yang sudah direncanakan. Jangan lupa untuk senantiasa memantau perkembangannya dan membuat evaluasi agar dapat menemukan bahan-bahan perbaikan berikutnya.  

 

Baca Juga Yuk Artikel Terkait

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 6
  • 4196 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article