Tips Mengoptimalkan Fitur Whatsapp Business untuk Usaha Anda | Toko Kain Surabaya

Windy 27 Jul 2022 at 8:00
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Tips Mengoptimalkan Fitur Whatsapp Business untuk Usaha Anda

 

Whatsapp business menjadi angin segar bagi para pebisnis yang ingin lebih dekat dengan customernya. Tidak hanya menjadi lebih dekat, namun juga sebagai media pemasaran utama sekaligus menarik pembeli melalui whatsapp. Banyak pedagang besar dan brand-brand ternama yang saat ini juga menggunakan whatsapp business sebagai media utama customer service mereka. hal itu karena whatsapp business dinilai sebagai media yang paling mudah, cepat dan banyak penggunanya di Indonesia. Dilansir dari statista.com, berdasarkan survei yang mereka lakukan, sebanyak 87,7% masyarakat Indonesia aktif whatsapp. Itu artinya, social media ini mampu menjangkau pasar yang sangat luas. 

 

Fitur Whatsapp Business untuk Usaha Anda

 

Tidak hanya karena penggunanya yang melimpah ruah, whatsapp business menjadi pilihan utama karena menyediakan berbagai fitur yang diciptakan untuk memudahkan aktivitas bisnis. Berbeda dengan whatsapp messanger biasa yang lebih mengutamakan kenyaman berinteraksi secara personal, whatsapp business lebih mengedapkan profesionalitas dan memudahkan pebisnis untuk berinteraksi dengan customernya. Berbagai fitur khusus ini harapannya dapat menjadi alat bantu untuk meningkatkan penjualan sekaligus kepuasan customer. 

 

Nah, lebih jelasnya apa saja fitur bisnis tersebut, akan kita urai berikut ini! 

 

Rekomendasi Warna Bahan Seragam Kerja American Drill Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Visibilitas produk dengan memanfaatkan fitur profil dan katalog 

Profil ibaratkan ruang tamu di rumah kita. Inilah tempat pertama yang akan dikunjungi dan mengenal pemilik rumahnya. Fitur whatsapp business ini menyediakan lahan untuk mengenalkan profil usaha sekaligus katalog produk secara lengkap yang dapat diakses oleh siapapun. 

Fitur ini dapat kita atur pada tombol titik tiga pojok kanan atas, lalu pilih setting, masuk ke business tools dan di sanalah kita dapat menyunting profil bisnis seperti apa yang kita inginkan. Pada halaman yang sama juga ada fitur yang dapat kita isi dengan katalog berbagai produk kita. Persiapkanlah katalog yang bagus dengan foto yang menarik dan keterangan yang ringkas serta meyakinkan agar dapat menarik customer untuk membeli. 

 

Fitur Whatsapp Business untuk Usaha Anda

 

 

Broadcast dapat membantu menyebarkan info-info penting seperti diskon dan new product 

Dengan satu fitur ini, kita dapat mengirimkan pesan ke 256 kontrak penerima secara bersamaan. Caranya pun sangat mudah, pertama yang harus disiapkan tentu pesan broadcastnya. Apa yang ingin anda sampaikan kepada customer anda secara bersamaan? Pesan broadcast biasanya berisi informasi diskon atau produk baru untuk memanggil kembali customer lama dan baru agar membeli. Fitur broadcast dapat digunakan di pojok kanan atas ada titik tiga lalu pilih menu new broadcast. 

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Manfaatkan fitur greeting dan away message 

 

Fitur Whatsapp Business untuk Usaha Anda

 

Fitur berikutnya yang bisa dimanfaatkan adalah greeting dan away message. Ini merupakan fasilitas yang disediakan whatsapp business untuk menyapa customer Anda secara otomatis dengan pesan yang sudah Anda atur. Penyampaian salam otomatis ini diberikan kepada siapapun customer yang baru pertama kali menghubungi nomor Anda maupun customer lama yang sudah lama tidak melakukan kontak dengan nomor Anda. Fitur ini berfungsi memberikan sapaan dan salam hangat untuk menyambut customer baru dan memanggil kembali customer lama agar terus mengingat Anda dan kembali berbelanja. 

 

Lebih cepat membalas pesan dengan fitur quick replies

Terkadang kita menghadapi pertanyaan dan pesan-pesan yang sama secara kontinyu dari banyak customer yang datang. Semua orang ingin pertanyaannya dibalas dengan cepat dan dijadikan prioritas, padahal kapasitas kita terbatas untuk menanggapi semua pesan yang masuk bersamaan. Karena itulah, untuk menjaga kepuasan customer, kita dapat memanfaatkan fitur quick replies yang menyediakan template-template jawaban yang bisa dipilih secara otomatis. Template jawaban ini kita sendiri yang membuatnya dan didasarkan pada tren pertanyaan yang sama yang masuk. 

 

Sematkan label pada kontak untuk mengetahui prioritas

 

Fitur Whatsapp Business untuk Usaha Anda

 

Whatsapp business memberikan kemudahan kepada kita untuk menentukan prioritas customer berdasarkan status proses mereka. ada customer baru, customer yang sudah memesan, customer yang masih bertanya saja, customer yang bahkan sudah membayar atau customer yang barangnya harus segera dipacking. Membedakan semua status customer tersebut dapat memudahkan kita mengelempokkan dan memastikan semua prosesnya tepat dan tidak tertukar. Di whatsapp business ada fitur label yang memberi tanda warna untuk setiap status customer dan kita dapat mengelompokkan customer berdasarkan kelompok warna tersebut. 

 

Gunakan whatsapp link untuk mudahkan customer tanpa menyimpan nomor whatsapp 

Pernahkah malas menghubungi whatsapp customer service karena harus menyimpan nomornya terlebih dahulu? Pertama karena tidak efisien dan kedua karena terlalu lama. Bila ini terjadi, kebanyakan kita akan batal menghubungi ketika tidak benar-benar butuh. Kondisi ini cukup merugikan bisnis, karena telah mengurangi peluang penjualan dari customer yang sebenarnya prospek. Sehingga untuk mencegah customer kabur karena malas menyimpan nomor wa, kita bisa gunakan fitur whatsapp link yang membuat customer tidak perlu menyimpan nomor wa bisnis. Mereka tinggal mengeklik link yang kita sediakan dan akan tertaut langsung ke whatsapp kita. 

 

Baca Juga Artikel Berikut

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 25
  • 2804 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article