Bahan Seprei Waterproff | Toko Kain Surabaya

Windy 15 Sept 2021 at 7:40
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Mengenal Sprei Waterproof Dan Bahan yang Cocok untuk Dipakai 

 

Fungsi utama sprei sebetulnya tak hanya sebagai pemanis tempat tidur kita. Tapi yang lebih utama adalah memberikan kenyamanan dan perlindungan selama kita tidur dan merecharge energi untuk kembali beraktivitas esok harinya. Kenapa dikatakan sebagai pelindung? Selama tidur permukaan kulit kita akan terus bergesekan dengan permukaan kasur (atau sprei), hal ini berpotensi menyebabkan iritasi pada kulit dan gatal-gatal jika permukaan kasur atau spreinya kasar dan kotor sehingga mengandung banyak bakteri sebagai sumber penyakit kulit. 

 

Apalagi ketika tertidur tubuh kita mengeluarkan keringat yang kemudian akan terserap ke permukaan sprei atau kasur, tempat yang lembap tersebut juga dapat menjadi sumber penyakit. Tak hanya pada kulit kita saja, namun juga pada pernapasan kita. Debu-debu dan bakteri yang menempel pada kasur dan sprei dapat masuk bercampur dengan udara yang kita hirup. Jadi, keberadaan sprei menjadi perisai yang melindungi tubuh kita dari sumber-sumber potensi penyakit tersebut. 

 

Seprei

 

Lalu apakah tidak cukup dengan sprei biasa? Pada kondisi tertentu, sprei biasa belum cukup memenuhi kebutuhan kita, terutama untuk kita yang memiliki anak kecil dimana mereka masih sering mengompol. Bagi orang dewasa pun, juga membutuhkan sprei waterproof untuk melindungi kasur dari tumpahan air yang tidak disengaja maupun keringat berlebih yang dihasilkan ketika tidur agar tidak menyerap langsung ke kasur. Jika itu terjadi, kasur akan lembap, dan butuh dijemur dengan rajin. 

 

Sprei waterproof juga memiliki kandungan anti bakteri yang disebabkan dari keadaan kain atau kasur lembap. Kemampuannya menangkal air itu akan mengurangi kelembapan yang terjadi pada kasur. Sementara sifat anti bakterinya dapat memberi perlindungan tambahan untuk pernapasan kita dan aman untuk yang memiliki kulit sensitif. Nah bagi yang memiliki anak bayi pun juga bisa tenang, tak perlu khawatir ketika bayi mengompol akan merembes langsung ke kasur. Sprei waterproof dapat memudahkan proses pencucian dan perawatannya. 

 

Untuk mendapatkan sprei waterproof yang berkualitas, pilihlah bahan-bahan yang selain mampu menolak air, juga memiliki permukaan yang nyaman untuk beristirahat, tidak gerah dan lembut. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi bahan waterproof yang cocok untuk sprei!

Baca Juga Artikel Terkait

 

Bahan Sparta 

 

Sprei anti air bahan sparta ini digadang sebagai alternatif pilihan yang terbaik dengan kualitas premium. Secara harga pun dibandrol cukup mahal jika dibanding bahan sprei waterproof lainnya. Ketika menelisik spesifikasi yang ditawarkan, memang akan sebanding dengan harganya. Apa keunggulan bahan sparta ini? 

 

Ini adalah bahan sprei paling nyaman diantara jajaran bahan anti air lainnya. Permukannya lembut layaknya katun jepang, tidak membuat gerah ketika tidur sebab kainnya memiliki pori-pori dan sirkulasi udara yang baik, juga tak memantulkan kembali panas tubuh. Bahannya tidak berisik karena minim kandungan plastiknya. 

 

Seprei

 

Untuk kemampuan tahan airnya, diperoleh dari teknologi tiga lapis bahan dari katun sutra, wool dan rubber. Jadi campuran antara katun, wol dan karet. Katun dan wol berfungsi memberi kenyamanan ekstra sementara fungsi penolak airnya dilakukan oleh lapisan karet di bawah permukaan sprei. Ketiga lapisan ini diproses dengan teknologi Goretex atau quiltid linning lamination. 

 

Taslan

 

Kain Taslan

 

Selain banyak dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan pakaian aktivitas outdoor, saat ini taslan merambah ke kain sprei. Terutama untuk taslan jenis milky yang memiliki lapisan putih susu dengan kemampuan penolak penetrasi air. Bahan taslan lebih tebal dibanding parasut. Serat kainnya ditenun sangat kuat sehingga bahan dari taslan akan awet. Hanya saja, bahan ini tak cukup ramah pada cuaca panas, sebab bahannya kurang memiliki sirkulasi udara yang baik. Bahan taslan cenderung menghangatkan pada cuaca dingin. 

Pilihan Warna Bahan Parasut Untuk Sprei di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Polyester Milky 

 

Sprei bahan ini berada satu kelas di bawah bahan sparta. Itu karena bahan dasar penyusunnya yang memiliki tingkat kenyamanan di bawah sparta. Sparta dibuat dari katun dan wol dengan tingkat kenyamanan dan kelembutan yang tinggi, sedangkan polyester dibuat dari serat sintetis yang permukaannya tak akan senyaman katun dan wol. 

 

Seprei

 

Meski demikian, bahan polyester milky ini juga tak bisa dipandang sebelah mata, sebab perpaduan dua bahan ini dapat memberikan perlindungan anti air yang kuat. Beberapa jenis polyester sendiri sudah memiliki sifat anti air, ditambah dengan lapisan milky yang makin menguatkan performa penolakan penetrasi airnya. 

 

Parasut Balon/ Latex 

 

Seprei

 

Bahan parasut sudah terkenal dengan sifat anti airnya. Namun dipasaran yang sudah banyak digunakan adalah untuk pembuatan barang-barang seperti jaket, payung, celana dann sarung mobil. Untuk pengaplikasian sebagai sprei masih cukup jarang. Meski demikian, dengan naik daunnya sprei waterproof, mulai banyak produsen yang membuat sprei anti air ini dengan bahan parasut balon atau latex ini. Harganya cenderung lebih murah dari bahan sparta, namun lebih panas dan kaku. Sifat itu membuat sprei kurang memberikan kenyamanan ekstra. 

 

Baca Juga Artikel Terkait  

 

 

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 63
  • 3227 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article