Inilah Prospek Bisnis Butik Online yang Semakin Menjamur | Toko Kain Surabaya

Windy 3 Aug 2022 at 8:00
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Inilah Prospek Bisnis Butik Online yang Semakin Menjamur

 

Pandemi semakin mengukuhkan posisi serba online nyaris di semua bidang bisnis. Berbagai bisnis mati-matian berjuang agar survive selama pandemi. Salah satu solusi yang banyak diterapkan oleh para pebisnis adalah Going online, tak terkecuali dengan bidang fashion seperti butik. Berbisnis ala butik yang erat dengan outlet/ tempat yang elegan, mewah dan menawan dengan produk-produk yang berkualitas, unik serta mahal ini juga harus memeras otak agar bisa bertahan. Maka muncullah ide bisnis butik online yang lebih ramah di kantong dan mampu menjangkau pasar lebih luas tanpa mereka harus datang ke kios butik. 

 

Prospek Bisnis Butik Online

 

Bisnis ini memiliki prospektus yang cukup bagus. Lebih jelasnya inilah alasan dan prospektus butik online layak dikembangkan. 

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Semakin banyak orang yang menyukai produk custom 

Produk custom kini semakin diminati meski secara harga terpaut cukup mahal selisihnya. Produk custom mahal karena hanya dibuat berdasarkan pesanan dan pesanan tersebut sudah khusus dan spesifik. Produk yang diproduksi oleh butik, hanya dibuat dalam jumlah kecil sesuai permintaan. Dengan demikian produk kita jadi lebih eksklusif dibandingkan fashion biasa. Produk-produk yang dibuat pun mengikuti keinginan detail pembelinya sehingga produk jadi benar-benar istimewa. 

 

Inilah Prospek Bisnis Butik Online

 

 

Rekomendasi Bahan Celana Kargo Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Pasar semakin mengutamakan kualitas dan harga mengikuti 

Pernahkah mendengar celoteh “ada uang ada barang”? sedikit banyak ungkapan itu menunjukan bahwa semakin banyak orang yang sadar dan menyukai prinsip bahwa kualitas barang berbanding lurus dengan harganya. Bila ingin produk yang bagus, maka milikilah daya beli yang cukup untuk membelinya. Pasar, saat ini lebih senang berbelanja barang-barang yang kualitas, sedangkan variabel harga menjadi pertimbangan berikutnya. Bisnis butik online juga dapat memanfaatkan kebiasaan ini. Menciptakan produk fashion yang berkualitas jadi tidak perlu khawatir tidak laku, justru semakin mahal harganya menunjukkan semakin kualitas barangnya.  

 

Kebiasaan konsumsi saat ini bergeser menjadi serba online dan praktis 

 

Inilah Prospek Bisnis Butik Online

 

Pasar sekarang lebih menyukai apapun yang praktis dan minim pengorbanan. Lebih baik keluar uang lebih mahal daripada harus menghabiskan waktu lebih untuk datang langsung ke tempatnya dan membeli di tempatnya. Jika semua hal bisa dibeli secara online, mengapa harus repot datang ke tempatnya? 

Oleh karena itu bisnis butik online ini menjadi solusi bisnis yang menjawab kebutuhan banyak orang. Dengan semakin sukanya pasar pada produk custom berkualitas dan tidak suka ribet, maka butik online hadir menjawab itu. Produk yang dibuat oleh butik sifatnya custom dan berkualitas. Produk tidak akan pasaran dan kemungkinan ada kembarannya sangat-sangat kecil. 

 

Masih sedikit pemain butik online di pasar sehingga persaingan masih terkendali 

Ada kalanya kita juga perlu mempertimbangkan persaingan pasar sebelum berbisnis. Di bidang fashion, pemainnya sangat banyak sehingga persaingan bidang ini sangat ketat. Bila tidak mampu melawan atau bertahan, maka sudah saatnya berpindah medan tempur dan mencoba sesuatu yang baru dan unik. Bisnis butik online menjadi alternatif bisnis yang masih belum banyak pemainnya. Persaingan yang rendah menjadi medan yang lebih baik untuk mengembangkan bisnis hingga besar dan kuat. 

 

Modal dapat ditekan karena menerapkan sistem made by order 

Salah satu modal yang menjadi momok besar membuka sebuah bisnis butik adalah bayangan berapa besar dana yang harus disiapkan di awal. Apalagi butik merupakan model jualan fashion yang terbilang kelas atas dan eksklusif dengan produk-produk custom dan mewahnya. Bila membuka butik offline, modal dana yang kita perlukan memang sangat banyak. Namun jika itu bisnis butik online, kita dapat mengubah sistemnya menjadi dibuat hanya berdasarkan pesanan. Cara ini dapat menghemat modal dana karena barang yang diproduksi sudah pasti laku dan kita tidak perlu memproduksi banyak di awal bila tidak ada yang memesannya. 

 

Ekosistem belanja online yang semakin mapan dari segi delivery dan pembayaran

 

Inilah Prospek Bisnis Butik Online

 

Pada awal mula disrupsi belanja online ini muncul, orang masih ragu untuk berbelanja online karena banyak hambatan. Kebingungan dan kecemasan pembayaran dan penipuan menjadi ketakutan yang mengurungkan belanja online. Namun, hal tersebut berhasil dipecahkan dengan jaminan uang kembali bila barang tidak tiba. Saat ini ekosistem belanja online sudah mapan dan bisnis butik online akan sangat terbantu untuk memberikan kepercayaan kepada pelanggannya. 

 

Butik online dapat menjangkau pasar tidak terbatas wilayah 

Salah satu hal yang menjadi keunggulan mutlak bisnis butik online dibandingkan offline adalah kemampuan menjangkau pasar yang sangat luas dengan bantuan pemasaran online. Dahulu kala butik yang berbisnis di ranah offline, mengandalkan pemasaran by experience, dari mulut ke mulut pelanggannya dan memasarkannya sangat terbatas pada jauh dekatnya jarak. Customer yang lokasinya terlalu jauh dari butik, enggan untuk berkorban datang jauh hanya demi melihat produknya saja. Karena itulah butik offline membutuhkan effort yang lebih besar dan sumber daya yang lebih banyak untuk meluaskan jangkauan pasar. 

 

Namun, situasi telah berbeda dengan kehadiran sistem online yang semakin mapan ini. Bisnis butik online dapat menjangkau lokasi pelanggannya dimana pun. Semua pemasaran dan komunikasi dilakukan secara online. Konsultasi juga dilakukan daring, lalu produk yang sudah dibeli dapat dikirim dengan jasa kurir. 

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 39
  • 1858 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article