Bahan Busana Muslim yang Tidak Bikin Gerah Selama Ramadhan | Toko Kain Surabaya

Windy 12 May 2022 at 8:03
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Bahan Busana Muslim yang Tidak Bikin Gerah Selama Ramadhan 

 

Iklam tropis Indonesia yang panas, praktis membuat kita membutuhkan pakaian dengan bahan yang sejuk dan anti gerah. Kita tidak membutuhkan pakaian berbahan tebal yang menghangatkan seperti halnya di negara-negara dengan beriklim dingin dan empat musimnya. Yang dibutuhkan pasar Indonesia adalah pakaian yang nyaman, ringan, dan paling utama adalah sejuk. 

Dengan karakter pasar seperti itu, banyak produk-produk fashion yang memilih bahan-bahan yang mudah menyerap keringat sehingga tidak membuat pemakainya gerah. Termasuk juga dengan busana muslim yang memiliki permintaan tinggi di tengah banyaknya pasar muslim Indonesia, bahan busana muslim juga harus dipilih yang paling nyaman untuk dipakai sepanjang hari. 

Nah berikut ini adalah rekomendasi bahan busana muslim yang sejuk dan anti gerah untuk menemani ibadah ramadhan kita! 

 

Baca Juga Yuk Artikel Terkait

 

Kain Toyobo 

Rekomendasi bahan busana muslim yang pertama adalah kain toyobo. Jenis kain ini cukup terkenal di kalangan pencinta gamis maupun tunik. Pada mulanya kain toyobo banyak diaplikasikan untuk gamis syari wanita saja, namun karena permintaan pasar semakin tinggi dan banyak yang mengaku nyaman dengan pakaian berbahan toyobo ini, kini kain toyobo banyak dipakai juga untuk baju koko pria, anak-anak dan beragam item fashion lainnya. 

 

Kain Toyobo Untuk Busana Muslim Ramadhan

 

Kain toyobo memiliki satu sisi permukaan yang mengkilap sehingga terlihat mewah. Warna-warna toyobo sangat hidup sebab kain ini memiliki daya serap tinggi selama proses pewarnaannya. Permukaannya yang mengkilap, sedikit licin dan lembut saat dipegang. Serat-seratnya cukup rapat sehingga kain toyobo memiliki kekuatan serat yang baik dan tidak mudah sobek. Ketika dipakai, baju berbahan toyobo terasa sejuk dan tidak panas, daya serap keringatnyaa standart. Kain ini juga tidak mudah kusut sehingga menjadikan pakaian terlihat rapi sepanjang hari. 

 

Cek Yuk Sis Pilihan Warna Bahan Kemeja Dan Gamis Inma Premium Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Kain Rayon 

 

Kain Rayon Untuk Busana Muslim Ramadhan

 

Tidak hanya toyobo yang menjadi rekomendasi terbaik bahan busana muslim untuk ramadhan, kain rayon juga memiliki peminat yang tinggi. Saat dipegang, bahan rayon terasa lebih dingin dibandingkan toyobo jenis apapun. Namun dari segi ketahanan pada kusut, bahan rayon mudah sekali kusut. Bila menginginkan tampilan yang rapi, kita butuh menyetrikanya setiap kali akan memakai baju tersebut. Dalam perawatannya pun butuh diperhatikan agar kain tidak menyusut atau kusut berlebihan apalagi sobek. 

Kain rayon yang adem dan sejuk ini mudah sekali menyerap keringat dan air, karena itu bahan ini sama sekali tidak gerah saat dipakai sekalipun cuaca sangat panas. Bahan rayon banyak diaplikasikan untuk mukenah, atasan tunik, gamis dan baju koko pria. 

 

Kain Katun Combed 

 

Kain Katun Combed Untuk Busana Muslim Ramadhan

 

Bila berbicara kemampuan menyerap keringat, kurang rasanya bila tidak menyertakan kain katun sebagai daftar pertama rekomendasi bahan busana muslim. Kain katun merupakan andalan untuk membuat semua jenis item fashion yang paling cocok untuk pasar Indonesia. Kain katun dibuat dari serat kapas alami sehingga kemampuannya menyerap keringat sangat baik. Bahannya sejuk dan lembut saat bergesekan dengan kulit. 

Namun kain katun ini menjadi sangat berat ketika basah dan lama keringnya. Kain katun memiliki banyak variasi warna dan warna-warnanya tampak hidup karena penyerapan serat kainnya yang bagus ketika proses pewarnaan. Saat ini kain katun banyak dimanfaatkan sebagai bahan utama kaos oblong, namun semakin hari semakin banyak item fashion yang memakai bahan katun sebagai bahan dasar. 

 

Baca Juga Yuk Artikel Terkait

 

Linen

Rekomendasi bahan busana muslim berikutnya adalah kain linen. Linen hampir mirip seperti katun, perbedaannya ada pada serat linen yang lebih besar sehingga permukaan linen bertekstur. Warna-warna kain linen tidak setajam dan sehidup katun, warna linen cenderung soft dan seakan pudar. Linen banyak digunakan untuk atasan koko pria dan juga gamis wanita. 

 

Kain Linen Untuk Busana Muslim Ramadhan

 

Pakaian dengan bahan linen ini tidak mudah kusut seperti halnya katun, namun kainnya terasa agak kaku. Kesan formal nampak kuat sekali saat memakai pakaian berbahan linen. Mengenai kemampuan menyerap keringat dan anti gerah dari bahan linen ini tidak perlu dipertanyakan lagi, sebab linen cukup baik dalam menyerap keringat.  

 

Bahan jersey 

Bila mencari bahan yang adem dan nyaman, tidak lengkap rasanya tanpa bahan jersey di daftar rekomendasi. Kain jersey terkenal karena menjadi bahan rujukan utama dalam olahraga dan seragam-seragam kejuaraan, sebab kemampuan penyerapan keringatnya yang luar biasa. Alasan yang menjadikan jersey spesial tidak hanya itu, namun juga ringan dan mampu kering dengan cepat. Kelebihan inilah yang menjadikan jersey sebagai alternatif pertama pakaian olahraga. 

 

Bahan Jersey Untuk Busana Muslim Ramadhan

 

Dewasa ini, jersey tidak hanya menjadi pakaian olahraga saja, namun telah merambah ke dunia fashion muslim. Berbagai item fashion muslim seperti rok, mukena, jilbab dan gamis telah menggunakan bahan jersey. Pakaian yang dibuat dari bahan jersey ini cukup elok dipandang sebab sifatnya yang jatuh menjadikan pakaian tampak lebih indah dan anggun. Satu lagi kelebihan jersey yaitu tidak mudah kusut. Kita bisa bebas beraktivitas apapun dengan pakaian berbahan jersey tanpa khawatir kusut.  


 

 

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 55
  • 2866 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article