Kenali Bahan Rafel DS yang Digemari untuk Produksi Topi | Toko Kain Surabaya

Eva J 17 Jun 2023 at 8:00
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Kenali Bahan Rafel DS yang Digemari untuk Produksi Topi

 

 

rafel ds untuk topi

 

 

Bahan Rafel DS merupakan bahan yangi terbuat dari serat sintetis yang dicampur dengan serat alami, sehingga menghasilkan kain yang lembut dan nyaman dipakai. Kain ini memiliki tekstur yang unik dan mudah dirapikan dengan cara dirafelkan.

Rafel DS sering digunakan dalam industri fashion dan kreatif karena keunggulannya dalam hal daya tahan dan ketahanan terhadap deformasi. Kain ini dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama meskipun sering dicuci dan digunakan. Selain itu, Rafel DS juga mudah dipadukan dengan berbagai jenis bahan lain, seperti denim, katun, dan kulit.

Produk-produk yang terbuat dari bahan Rafel DS umumnya memiliki tampilan yang kasual dan cocok digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Bahan ini sering digunakan untuk membuat jaket, celana, rok, tas, dan aksesoris. Kain ini juga sering digunakan dalam industri kreatif, seperti dalam pembuatan hiasan dinding, gantungan kunci, dan aksesoris lainnya. Selain itu, Rafel DS juga sagat digemari sebagai bahan untuk membuat topi.

 

 

Baca Juga Yuk Artikel Berikut Ini

 

 

Karakteristik Bahan Rafel DS

 

karakteristik rafel ds

 

 

Rafel DS merupakan jenis bahan yang terdengar sedikit asing. Padahal, bahan ini sudah banyak digunakan untuk memproduksi topi. Secara tapilan, Rafel DS sekilas hampir mirip dengan bahan twill dan denim. Sama-sama memiliki serat kain yang terlihat besar, tetapi berbeda dari segi ukuran serat dan permukaannya.

Rafel DS sedikit lebih tipis dibandingkan bahan denim, dan lebih tebal bila disandingkan dengan bahan twill. Dari segi kehalusan dan kelembutan bahan, Rafel DS agak lebih kasar dibandingkan bahan twill, dan lebih lembut dari denim.

Kain rafel ds memiliki serat kain yang kuat, kecil, dan ketebalan kain yang pas untuk bahan topi. Bahan rafel ds cukup baik dalam menyerap keringat karena memiliki serat katun dalam campuran bahannya. Kemampuannya dalam menyerap keringat ini yang mampu meningkatkan kenyamanan topi saat dipakai.

 

 

Jenis-Jenis Rafel DS

 

jenis jenis rafel ds

 

 

Terdapat tiga jenis kain Rafel DS. Masing-masing memiliki karakteristik dan kelebihan yang unik. Berikut jenis-jenisnya:

  1. Rafel DS Ori

Sesuatu dengan label ori biasanya dikaitkan dengan sesuatu yang asli, masih murni, tanpa campuran dan menjadi pijakan dibandingkan jenis lainnya. Begitu juga dengan karakteristik bahan Rafel DS Ori.

Rafel ori ini memiliki serat yang lebih tebal dan besar dibandingkan jenis lainnya. Dari segi warna-warna kainnya pun lebih tajam dan terkesan hidup. Warnanya sangat bold dan menyenangkan untuk dilihat.

Rafel DS Ori merupakan pilihan bahan premium untuk topi-topi yang eksklusif. Contohnya seperti topi distro dan butik, topi dari brand kenamaan yang mewah, topi baseball, serta topi golf. Hal tersebut dikarenakan bahan rafel ori memiliki penampilan yang elegan dan mewah dengan warnanya yang tajam dan kenyamanan kain yang pas.

 

  1. Rafel DS Daimaru  

Jika diklasifikasikan, Rafel DS Daimaru berada satu tingkat di bawah rafel ori. Sebenarnya rafel daimaru memiliki bahan yang sama baiknya dengan rafel ori, hanya saja ketebalan dan kelembutan permukaannya masih di bawah rafel ori. Begitu pun dari segi pewarnaan, rafel daimaru lebih pudar bila dibandingkan rafel ori yang sangat tajam warnanya. Pudarnya warna ini bukan karena daya serap daimaru yang di bawah rafel ori, melainkan karena rafel daimaru diwarnai dengan pewarna bekas 2x celup untuk rafel ori. Sehingga rafel daimaru dicelupkan yang ke 3 kalinya pada cairan pewarna yang sama. 

Namun demikian, kualitas dari bahan Rafel DS daimaru masih tetap menjadi yang terbaik di kelasnya. Rafel DS Daimaru diproduksi untuk segmen pasar yang berbeda dengan Rafel DS Ori. Topi berbahan rafel daimaru menyasar segmen pasar yang lebih rendah dan mematok harga yang lebih murah.

 

  1. Rafel DS Katun Sueding

Rafel DS Katun Sueding dibuat dari bahan katun yang memiliki ketebalan lebih tebal dibandingkan Rafel DS Ori. Bahan rafel katun juga lebih lembut dan halus dibandingkan rafel ori.

Selain kelembutan, bahan katun dalam rafel ds ini juga membuat kain ini mampu menyerap keringat lebih baik, bahkan sangat baik. Kemampuan penyerapan keringat inilah yang dapat memberikan kenyamanan ekstra dan anti gerah saat dipakai.

 

 

Tips Merawat Bahan Rafel DS

 

tpis merawat kain rafel ds

 

 

Baca Juga Yuk Artikel Berikut Ini

 

 

Berikut ini adalah beberapa tips merawat kain Rafel DS agar tetap awet dan tahan lama:

 

  1. Cuci dengan air dingin

Gunakan air dingin saat mencuci kain Rafel DS. Hindari penggunaan air panas karena dapat merusak serat kain dan mengakibatkan kerut pada permukaannya.

 

  1. Jangan menggunakan pemutih

Hindari menggunakan pemutih karena dapat memudarkan warna kain dan merusak serat kain.

 

  1. Jangan menjemur di bawah sinar matahari langsung

Hindari menjemur kain Rafel DS di bawah sinar matahari langsung. Jemur kain ini di tempat yang teduh dan terlindung dari sinar matahari langsung.

 

  1. Gunakan pengering dengan suhu rendah

Hindari mengeringkan bahan Rafel DS dengan pengering dengan suhu tinggi. Gunakan pengering dengan suhu rendah atau keringkan secara alami dengan cara dijemur di tempat yang teduh.

 

  1. Jangan merendam terlalu lama

Hindari merendam kain Rafel DS terlalu lama karena dapat merusak serat kain dan memudarkan warna kain.

 

  1. Gunakan deterjen yang lembut

Gunakan deterjen yang lembut saat mencuci bahan Rafel DS agar serat kain tetap terjaga dan tidak rusak.

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 8
  • 3431 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article