Tutorial Membuat Celana Training dengan Kain Diadora | Toko Kain Surabaya

Windy 28 Dec 2021 at 7:05
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Tutorial Membuat Celana Training dengan Kain Diadora

 

 

Celana olahraga atau yang sering disebut dengan celana training tentu tak asing lagi untuk Anda. Selain dipakai untuk berolahraga, celana ini juga sering terlihat digunakan untuk aktivitas santai di luar rumah. Anda juga bisa menemukan dengan mudah celana ini dijual di pasaran dengan beragam jenis harga dan model. 

Dalam konten eksklusif bulan ini, Mitramulia secara khusus membahas pembuatan celana training dengan kain diadora. Kain ini sering disebut dengan kain sportwear, karena banyak dimanfaatkan untuk pembuatan pakaian olahraga, salah satunya celana training. Sekaligus sebagai kelanjutan dari konten eksklusif sebelumnya yang menjelaskan tutorial pembuatan jaket olahraga. Bagaimana detail pembuatan untuk celana training dengan kain diadora? Simak lebih lengkapnya di bawah ini!

 

Pilihan Warna Bahan Diadora Bahan Pakaian Olahraga Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Model Celana Training

Sebelum membahas tentang proses pembuatan celana training, kita perlu membahas terlebih dulu inspirasi model yang akan dijadikan pedoman. Berikut ini adalah beberapa ide yang dapat Anda jadikan model untuk celana training yang akan dibuat:

 

  1. Model Gaucho

 

 

Model ini biasanya dibuat dengan bahan yang lentur agar nyaman saat dipakai. Umumnya dipakai untuk olahraga ringan seperti senam ringan, bersepeda santai, berjalan-jalan, jogging ringan dan lainnya. Bentuknya longgar mirip celana kulot dan panjangnya hanya ? panjang kaki.

 

  1. Model Slacks

 

Model celana training satu ini adalah yang paling umum di pasaran. Potongannya lurus ke bawah dan sedikit menyempit. Cocok digunakan oleh pria maupun wanita. 

 

  1. Model Boot Cut

 

 

Model ini mirip seperti model slacks, hanya saja lebih sempit. Ukurannya lebih dibuat pas dengan ukuran kaki. Itulah mengapa celana ini banyak digunakan oleh orang-orang yang menginginkan kesan lebih slim. Potongannya lurus dari atas hingga bawah. Umumnya kain yang digunakan juga kain yang cenderung elastis, supaya tetap nyaman saat digunakan. 

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Pembuatan Celana Training

 

Celana training yang akan dibuat dalam tutorial ini adalah model celana slacks dengan potongan lurus. Hanya bedanya pada bagian bawah celana menggunakan bagian elastis untuk pergelangan. Hal ini ditujukan supaya celana tidak mudah tertarik ke atas saat digunakan untuk banyak aktivitas gerak seperti lari atau senam. 

Sebagaimana telah dipaparkan sejak awal, bahwa celana training yang akan dibuat menggunakan bahan diadora. Tentu saja Anda masih bisa menggunakan jenis bahan lain untuk mendapatkan hasil yang hampir serupa. Berikut adalah kain yang kami gunakan untuk pembuatan celana training dalam tutorial ini. 

Selain kain diadora, tutorial ini juga memanfaatkan kain manset. Nantinya kain ini digunakan untuk bagian pinggang dan bagian pergelangan kaki. 

 

 

Sedangkan untuk ukuran yang digunakan pada pembuatan celana dalam artikel ini antara lain:

  • Lingkar Pinggang 78 cm
  • Lingkar Paha 48 cm
  • Lingkar pinggul 90 cm
  • Lingkar pergelangan kaki 23 cm
  • Panjang kaki 93 cm

 

Anda juga bisa menggunakan ukuran custom sendiri atau menggunakan ukuran celana universal seperti berikut ini:

 

 

Jika semua bahan dan alat sudah tersedia, maka Anda bisa melanjutkan pada proses berikut ini:

 

  1. Pembuatan Pola 

Jika Anda mengikuti tutorial ini dan menggunakan ukuran celana wanita universal, Anda bisa menggunakan pola celana wanita universal yang sudah tersedia. Namun jika Anda menggunakan ukuran yang lebih custom, maka Anda perlu membuat polanya terlebih dulu sesuai ukuran tersebut. Anda bisa melihat selengkapnya cara untuk membuat pola dasar celana panjang disini.

Berikut gambaran umum pola yang dibuat berdasarkan ukuran yang telah ditentukan di atas:

 

 

  1. Pemotongan Pola

Tahap berikutnya adalah memotong pola yang sudah dibuat. Disarankan untuk memakai gunting yang benar-benar tajam agar hasil potongan rapi. Anda bisa memulai potongan dari bagian yang dekat dengan tepian, mengikuti garis yang sudah dibuat. Sampai dihasilkan potongan pola seperti yang tampak di gambar atas. 

 

  1. Memindahkan Pola 

 

 

Penjahit biasanya akan memindahkan pola pada kain untuk memudahkan proses jahit. Bisa menggunakan kapur jahit, karbon jahit atau jejulur renggang. Berikut ini beberapa tanda pola yang perlu untuk dipindahkan pada kain:

  1. Garis tepi pola
  2. Garis lipatan celana
  3. Batas saku celana
  4. Tanpa lipit dan tanda kupnat
  5. Batas pinggang dan panggul serta lutut dan kaki 

 

Menjahit Celana Training

 

 

Jika semua tanda pola sudah dipindahkan, kain sudah siap untuk dijahit menjadi celana training. Berikut ini beberapa step dalam proses menjahit:

  1. Jahit Bagian Depan Celana

Langkah awal bisa dimulai dengan menyatukan potongan bahan bagian depan (kanan dan kiri). Jika Anda mengikuti model kami, Maka Anda juga menyiapkan potongan untuk saku depan kanan dan kiri. 

  1. Jahit Bagian Saku

Langkah berikutnya adalah menjahit bagian saku. Karena model yang kami buat memiliki kantong di samping kanan dan kiri, sehingga saku yang dibuat ada dua potong. 

  1. Menyambungkan Pesak Belakang Celana 

Setelahnya Anda bisa menyatukan potongan celana bagian belakang (kanan dan kiri). Teknik yang bisa digunakan untuk menjahit bagian ini adalah teknik kampuh buka. 

  1. Menjahit Bagian Samping

Jika bagian depan dan bagian belakang sudah selesai, maka selanjutnya adalah menjahit bagian samping untuk menyatukan bagian depan dan belakang. Supaya mudah, posisikan bagian depan dan belakang secara berhadapan dan jahit sesuai garis kampuh. Tentu saja dalam proses ini potongan saku juga diikut sertakan saat menjahit bagian samping kanan dan kiri. 

  1. Penyempurnaan

Tahap terakhir dalam tutorial ini adalah membuat bagian pinggang dan bagian pergelangan kaki. Kemudian menyatukannya dengan bagian utama. 

 

Jika sudah dilakukan pengepresan, celana akan tampak seperti berikut ini:

 

 

 

Semoga bermanfaat, selamat mencoba!

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 13
  • 4609 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article