Tips Memanfaatkan Peluang Bisnis dari Budaya Lebaran di Indonesia | Toko Kain Surabaya

Windy 15 Apr 2023 at 8:01
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Tips Memanfaatkan Peluang Bisnis dari Budaya Lebaran di Indonesia

 

 

Tips Memanfaatkan Peluang Bisnis dari Budaya Lebaran di Indonesia

 

Lebaran atau Idul Fitr merupakan momen yang dinantikan setiap umat muslim di dunia, termasuk Indonesia. Momen ini sendiri telah mencoptakan budaya yang unik, mulai dari selama ramadhan hingga hari raya. Di Indonesia, budaya Lebaran menjadi salah satu budaya yang sangat penting dan meriah. Biasanya, budaya Lebaran diawali dengan masa persiapan, seperti membersihkan rumah, membeli baju baru, dan menyediakan makanan khas Lebaran. 

 

Lambat laun, kebiasaan berlebaran dan ramadhan ini membuka peluang bisnis baru yang dapat mengangkat perekonomian masyarakat luas, tidak hanya untuk umat muslim saja melainkan juga di luar muslim. Semua orang dapat memanfaatkan peluang bisnis di bulan-bulan spesial umat islam ini. Sebelum membahas apa saja peluang dalam berbisnis di momen lebaran yang dapat dimanfaatkan, terlebih dahulu berikut ini adalah beberapa budaya lebaran di Indonesia.

 

Rekomendasi Unione Drill Bahan Seragam Kerja Terbaik Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Budaya Lebaran di Indonesia

  1. Buka Bersama 

Berbuka puasa bersama masih menjadi kebiasaan yang wajib dilakukan paling tidak satu kali dalam satu bulan. Buka puasa ini biasanya dilakukan untuk mempererat silaturahmi baik antar teman, saudara jauh, keluarga besar bahkan juga rekan kerja. Banyak cara untuk melakukan buka bersama, dapat dilakukan di salah satu rumah peserta maupun di suatu tempat makan. 

 

Tips Memanfaatkan Peluang Bisnis dari Budaya Lebaran di Indonesia

 

  1. Takjil Wajib Sebelum Makan Berat

Rupanya memakan takjil atau makanan pembuka sebelum makanan berat dilakukan oleh semua muslim di dunia. Namun, apa yang dimakan inilah yang berbeda-beda. Jenis takjilnya menyesuaikan dengan kuliner kesukaan di masing-masing daerah. Beberapa contoh takjil yang cukup populer adalah kolak dan kurma. 

 

  1. Berbagi Santunan dan Pakaian Untuk Anak Yatim 

Bulan ramadhan dan lebaran idul fitri juga marak dengan acara-acara bakti sosial untuk yatim piatu. Berbagai instansi perusahaan, sekolah, lembaga pemerintah, atau bahkan komunitas pribadi kerap kali melakukan acara santunan di bulan ramadhan. Dananya bisa berasal dari CSR perusahaan, infaq karyawan, penggalangan dana, ataupun iuran peserta. Santunan ini biasanya berupa paket alat tulis, pakaian baru untuk lebaran ataupun paket sembako untuk sehari-hari. Ada juga yang memberikan uang saku kepada anak-anak yatim. 

 

  1. Baju Sarimbit Baru untuk Lebaran 

Lebaran sering diidentikan dengan mengenakan pakaian baru untuk menandai kemenangan. Di Indonesia mulai muncul kebiasaan memakai baju kembaran satu keluarga baik itu dengan model yang benar-benar persis atau sekadar warnanya saja yang sama. Baju sarimbit ini lambat laun menjadi budaya saat lebaran di Indonesia. 

 

  1. Berbagi Santunan dan Hampers Lebaran untuk Keluarga 

Selain pakaian sarimbit baru, budaya lebaran lainnya yaitu memberikan bingkisan cantik berupa hampers kepada sanak keluarga atau sahabat. Hampersnya bermacam-macam, ada yang berupa peralatan sholat, toples kue, kue kering ataupun sembako. Intinya bingkisan tersebut dibungkus cantik dan diberikan saat lebaran. 

 

Tips Memanfaatkan Peluang Bisnis dari Budaya Lebaran di Indonesia

 

  1. Aneka Kue di Ruang Tamu Saat Lebaran 

Tidak lengkap rasanya lebaran tanpa aneka kue kering yang tersedia di meja ruang tamu. Di Indonesia ada budaya silaturahmi di hari lebaran, salah satu ciri khasnya adalah menyediakan kue-kue di meja untuk dinikmati.

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Peluang Bisnis yang harus dimanfaatkan 

Dari uraian di atas, Anda dapat melihat beberapa potensi bisnis yang dapat dimanfaatkan selama momen ramadhan hingga lebaran. Berikut ini adalah peluang bisnis tersebut: 

 

  1. Peluang bisnis baju sarimbit pasangan dan keluarga 

Berbisnis fashion pada bulan ramadhan dan menjelang lebaran adalah waktu yang paling tepat karena pada dua bulan tersebut, permintaan fashion sangat tinggi. Anda bisa berjualan pakaian sarimbit untuk keluarga. Sarimbit dapat dijual dalam satu paket maupun terpisah. Model-modelnya pun dapat menyesuaikan dengan tren fashion yang sedang tinggi. 

 

  1. Peluang bisnis aneka kue kering 

Hampir semua orang butuh menyediakan kue kering di rumahnya. Penduduk kota maupun desa. Bahkan muslim dan non muslim, biasanya juga menyediakan kue kering saat lebaran tiba. Oleh karena itu bisnis kue kering menjadi peluang yang sangat besar di bulan ramadhan. Anda dapat menjadi produsen kue kering maupun distributornya saja. Bisnis kue kering akan mendulang banyak laba karena permintaannya sangat tinggi. 

 

Tips Memanfaatkan Peluang Bisnis dari Budaya Lebaran di Indonesia

 

  1. Hampers cantik 

Bingkisan cantik apapun isinya, peluang lakunya sangat tinggi menjelang lebaran tiba, karena banyak orang yang membutuhkan hampers bahkan di waktu-waktu kritis. Anda dapat memanfaatkan peluang ini untuk menawarkan bingkisan baju, alat sholat, bahkan kue kering yang cantik-cantik. Dibandingkan menjual kue kering biasa, mengemasnya menjadi hampers cantik akan meningkatkan nilai tawarnya sehingga keuntungan yang bisa didapatkan lebih tinggi. 

 

  1. Peluang bisnis katering sehat untuk buka puasa 

Banyak orang menginginkan makanan buka puasa yang mengenyangkan, sehat, dan praktis, tetapi malas untuk memasaknya sendiri. Alasannya karena tidak adanya waktu yang cukup untuk memasak sendiri. Kesibukan setiap harinya sudah cukup melelahkan. Oleh karena itu, membuka bisnis ketring rumahan untuk menu buka puasa sehat setiap hari memiliki peluang bisnis yang sangat tinggi. Anda dapat menawarkan ketring paket nasi kotak ataupun paket buka puasa untuk seluruh keluarga. 

 

Tips Memanfaatkan Peluang Bisnis dari Budaya Lebaran di Indonesia

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 4
  • 537 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article