5 Bahan Kain Terbaik untuk Dikombinasikan dengan Batik | Toko Kain Surabaya

Administrator 23 Apr 2021 at 19:54
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

5 Bahan Kain Terbaik untuk Dikombinasikan dengan Batik

 

Tak diragukan lagi kemampuan batik dalam menunjang penampilan. Baik pria maupun wanita, dewasa maupun anak-anak terlihat cocok untuk mengenakan batik. Baik itu batik secara keseluruhan maupun yang dikombinasikan dengan kain lain. Kesan estetik berpadu dengan konsep model, menjadikan penampilan lebih menarik.

Meskipun kain batik mudah tergolong adaptif dan cocok untuk beragam jenis pakaian, namun penting untuk tahu kain-kain yang cocok sebagai kombinasinya. Terutama para pebisnis konveksi yang merencanakan pembuatan produk batik kombinasi. Karena itu Mitramulia ulas secara khusus dalam artikel ini, 5 kain terbaik yang sangat cocok untuk Anda kombinasikan dengan kain batik!

 

Baca Juga Artikel Terkait

 

Kain Satin

Cukup mudah untuk mengenali jenis kain satu ini, karena tampilannya yang glossy atau mengkilap. Karakter yang membuat satin tak pernah gagal untuk menampilkan kesan mewah dan elegan. Tak mengherankan jika kain satin sangat cocok untuk menjadi bahan kain kombinasi batik, khususnya untuk menambah kesan mewah dan sekaligus memperkuat kesan elegan dari batik. 

 

Bahan yang di kombinasikan dengan batik

 

Kebanyakan kain satin digunakan untuk pakaian-pakaian dengan nuansa mewah, seperti untuk pakaian pesta atau acara penting. Karenanya kita sering menemuinya dibuat menjadi gaun, blazer, outer dan gamis. Begitupun ketika kain ini dikombinasikan dengan batik, Anda bisa membuatnya menjadi blazer yang elegan, outer, gamis ataupun gaun. Misalkan bahan kain satin untuk bagian atasan dan kain batik untuk bagian bawahnya.

Jika Anda ingin mendapatkan kombinasi terbaik, disarankan untuk memilih motif batik yang tidak terlalu terang. Cobalah memilih motif dengan nuansa dan pewarnaan gelap. Karena kain satin sudah memunculkan kesan yang terang dan mengkilap. Sehingga kain batik yang cenderung gelap akan membuatnya kontras dan seimbang.

 

Kain Katun

Tak berlebihan jika menyebut kain katun sebagai kain segala kondisi dan kalangan. Karena kain ini memang sangat fleksibel untuk dipadupadankan dengan bahan kain lain, termasuk untuk menjadi kain kombinasi batik. Anda bisa membuat produk yang lebih variatif ketika mengombinasikan antara kain katun dengan kain batik.

 

American Drill di kombinasikan dengan batik

 

Kain katun yang Anda kombinasikan dengan kain batik bisa dibuat menjadi baju kerja, misalkan seperti kemeja atau blazer. Itu akan menampilkan kesan yang karismatik dan sangat cocok untuk mendukung style formal. Sedangkan untuk nuansa yang lebih kasual, kain katun kombinasi batik bisa Anda buat menjadi gaun, gamis, bawahan rok atau celana,  hingga jaket yang stylish. 

Ketika Anda memilih kombinasi ini, hal penting yang perlu Anda perhatikan adalah paduan warna. Sebisa mungkin untuk menggunakan warna dengan tone yang sama, supaya kombinasi antara katun dan batik bisa benar-benar menyatu. 

 

Kain Jersey

Bahan kain ketiga yang juga cocok untuk dikombinasikan dengan kain batik yakni kain jersey. Bukan, bukan jersey yang biasanya dipakai untuk berolahraga. Jersey yang dimaksud disini adalah salah satu jenis bahan kain tekstil rajutan. Bahannya bisa sepenuhnya katun, atau juga bisa dikombinasikan dengan serat sintetis. 

 

Bahan Kain Jersey yang di kombinasikan dengan batik

 

Jersey menjadi salah satu jenis kain yang sangat diminati daerah tropis, termasuk Indonesia, karena umumnya bisa menyerap keringat dengan baik. Selain juga sangat cocok jika dipadukan dengan kain batik, untuk dibuat menjadi aneka produk. Seperti misalnya gaun, gamis, tunik, bawahan rok, hingga selimut. 

Menyenangkannya, bahan kain ini memiliki banyak sekali ragam pilihan warna, sehingga sangat fleksibel untuk menjadi kain kombinasi batik. Karakternya yang jatuh membuatnya akan menampilkan kesan yang elegan, dan semakin kuat ketika dikombinasikan dengan batik.

 

Kain Sifon

Selanjutnya, kain sifon juga masuk ke dalam alternatif kain kombinasi batik. Kain yang terkenal dengan karakternya tipis dan ringan ini, menjadi salah satu pilihan favorit dalam pembuatan gaun. Termasuk juga ketika dikombinasikan dengan batik, Anda juga bisa membuatnya menjadi gaun, gamis, bawahan rok, tunik dan sejenisnya. 

 

Bahan Kain Sifon yang di kombinasikan dengan batik

 

Dengan karakter kain yang jatuh, membuat pakaian akan tampak semakin elegan saat dipakai. Berpadu dengan kesan karismatik yang dibawah oleh kain batik, membuat pakaian semakin memukau. Jika ingin menambahkan bagian sifon pada area yang seharusnya tertutup, bisa dipadukan dengan furing. Sehingga pakaian tetap nyaman dipakai meski karakter sifon yang tipis menerawang.

Saat menjahit kain ini, mungkin akan cukup sulit mengingat kain yang mudah bergeser dan sangat tipis. Anda bisa mengatasinya dengan menambahkan tisu diantara kain yang hendak dijahit. Setelah selesai, tisu itu bisa Anda cabut dengan pelan, sehingga pakaian yang dibuat bisa tetap memiliki garis jahitan yang rapi. 

Baca Juga Artikel Terkait

 

Kain Lace

Inilah kain kelima yang cocok untuk menjadi kain kombinasi batik. Kain lace atau yang sering juga disebut brokat, adalah kain yang memiliki motif (umumnya bunga dan dedaunan) dan memiliki karakter yang tipis menerawang. Pada bagian tertentu tenunannya lebih rapat dibanding bagian lain, yang kemudian membentuk motif. 

 

Bahan Kain lace yang di kombinasikan dengan batik

 

Kain lace atau brokat sudah lama menjadi andalan, terutama untuk pembuatan produk yang dengan kesan elegan, mewah dan artistik. Karenanya tak heran jika akan menambah kekuatan kesan dari batik, ketika dipadukan dalam satu pakaian. Anda bisa membuatnya menjadi gaun, tunik, bawahan rok, outer, blazer, hingga mukena. 

Ketika menjahit kain lace atau brokat, memang menjadi tantangan tersendiri. Apalagi jika karakternya yang licin, membuat kain mudah sekali bergeser. Pemotongan pun sering terkendala oleh karakternya itu. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan kertas minyak sebagai lapisan tambahan saat pemotongan. Sedangkan saat menjahit, Anda bisa memberi tanda terlebih dulu mana bagian depan dan bagian belakang, lalu gunakan jarum nomor 9 atau nomor 11.

Itulah beberapa jenis bahan kain yang sangat cocok untuk menjadi kombinasi kain batik. Semoga bermanfaat!



Cek Yuk Bahan Sergam Kerja American Drill Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 81
  • 30969 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article