Rekomendasi Kain Super Nyaman untuk Kemeja | Toko Kain Surabaya

Windy 29 Oct 2021 at 7:46
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

5 Rekomendasi Kain Super Nyaman untuk Kemeja

 

Pakaian kemeja sering kali diafiliasikan dengan pakaian kerja atau momen formal lain, padahal tak selalu begitu. Kemeja tak hanya dipakai pada saat bekerja saja, tapi juga cocok dijadikan outfit ketika hangout bersama teman sejawat, berlibur ke pantai ataupun menghadiri pesta pernikahan dan acara formal lainnya. 

 

Kain Super Nyaman Untuk Bahan Kemeja

 

Begitu pun sebaliknya dengan pakaian kerja yang tak melulu harus berkemeja. Kini banyak perusahaan yang membebaskan karyawannya berpakaian ketika bekerja di kantor asalkan rapi dan formal. Sebanyak apapun fakta yang kita angkat untuk menunjukkan bahwa kemeja tak selalu identik pakaian kerja, tapi nyatanya anggapan di masyarakat masih demikian. Sehingga, apapun konteksnya, pakaian kemeja menjadi alternatif jenis pakaian yang paling sering dipilih untuk berbagai aktivitas, terutama pada kaum pria. 

Kemeja terkenal dengan kenyamanannya ketika dikenakan. Kenyamanan tersebut tak hanya datang dari desain potongan pakaiannya saja, melainkan yang lebih utama terletak pada jenis bahannya. Jenis kain yang dijadikan bahan dasar kemeja menjadi faktor terbesar nyaman tidaknya kemeja tersebut. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengetahui jenis-jenis kain yang direkomendasikan untuk kemeja. Supaya bagi konsumen, bisa mendapatkan kemeja nyaman yang diharapkan, sedangkan pengusaha konveksi bisa memperoleh referensi bahan untuk produksinya. Ini dia 5 jenis kain ternyaman yang paling banyak dipakai untuk produksi kemeja di pasaran. Yuk simak bersama!

 

Baca Juga Yuk Artikel Berikut Ini

 

Kain Oxford Two Tone 

 

Kain Super Nyaman Untuk Bahan Kemeja

 

Kain oxford menjadi rekomendasi kain pertama yang patut kita pertimbangkan. Sekilas pada pandangan pertama, kain oxford mirip sekali penampakannya dengan kain drill. Permukaannya terlihat bertekstur seperti kain drill, hanya saja kain ini lebih tipis. Tektur kain yang seperti itu dihasilkan dari kombinasi dua warna kain yang dibuat dengan teknik rajut anyaman. Kombinasi dua warna inilah yang menjadi ciri khas oxford two tone. 

Benang yang dipakai tidak hanya satu jenis saja, tapi dikombinasikan dari dua jenis benang dan dua warna. Kedua jenis warna tersebut menghasilkan dua warna kain yang terkadang terlihat seperti gradasi warna. Kombinasi warnanya pun beragam, tergantung pada teknik anyaman dan terkadang juga pesanan khusus. 

 

Kain Super Nyaman Untuk Bahan Kemeja

 

Oxford two tone menjadi bahan kemeja yang sangat cocok untuk daerah tropis seperti Indonesia sebab tidak terlalu panas dan mampu menyerap keringat dengan baik. Hal itu karena ada kandungan 70% katun berbanding 30% polyester pada oxford two tone ini. Permukaan kainnya pun sangat lembut dan halus. Hanya saja, oxford two tone ini rentan sobek, jadi harus lebih berhati-hati saat menjahitnya. 

 

Kain Katun 

Untuk penduduk daerah tropis, katun menjadi bahan andalan untuk semua jenis pakaian. Sifat utamanya sebagai penyerap keringat yang sangat baik dan permukannya yang begitu halus, menjadi keunggulan yang tidak bisa dikalahkan jenis kain lainnya. Katun memiliki semua sifat serat alami yang sangat cocok untuk pakaian kemeja. 

 

Kain Super Nyaman Untuk Bahan Kemeja

 

Katun banyak jenisnya, mulai dari combed, carded, jepang, madinah dan banyak lagi. Kemeja berbahan dasar katun akan sangat nyaman dikenakan pada cuaca panas maupun dingin. Pada hari yang terik, katun dapat menyerap keringat sehingga membebaskan pemakainya dari gerah. Sedangkan pada cuaca dingin, katun dapat memberikan kehangatan. Hanya saja, katun cukup mudah kusut sehingga sebelum dipakai harus disetrika lebih dulu, dan ketika lama dipakai seharian dengan banyak kegiatan, kemeja akan tampak lusuh. 

 

Kain Drill 

 

Kain Super Nyaman Untuk Bahan Kemeja

 

Kain drill rupanya tak hanya digunakan sebagai bahan dasar celana, jaket maupun bahan tas saja. Kain drill cocok juga dijadikan kemeja atasan. Tak perlu khawatir jika akan terlalu tebal ataupun berat kainnya, karena kain drill ini memiliki tiga tingkat ketebalan. Kita bisa memilih tingkat ketebalan kain drill disesuaikan dengan kebutuhan jenis pakaiannya. Untuk celana, mungkin bisa memilih drill yang paling tebal. Sedangkan untuk kebutuhan kemeja, drill dengan gramasi yang lebih rendah, menjadi pilihan yang tepat.  Macam2 Kain Drill yg di sediakan di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya Mulai dari American Drill, Nagata Drill, Japan Drill, Maupun Unione Drill

Drill memiliki sepaket lengkap karakteristik yang berisi kelebihan dan kelemahan. Kain drill memiliki keunikan dari teksturnya yang beragam, warnanya yang tahan lama dan sulit kusut.

 

Kain Chambray 

 

Kain Super Nyaman Untuk Bahan Kemeja

 

Mungkin bisa dikatakan bahwa kain chambray ini ‘saudara jauh’ kain denim. Penampilannya mirip sekali dengan denim, dari segi warnanya juga permukaannya. Namun, ketika lebih teliti melihatnya, kain chambray jelas berbeda dari denim. 

Chambray memiliki serat yang lebih halus dan lembut sekali. Ketika disentuh, kain terasa dingin, jadi cocok sekali dijadikan bahan kemeja untuk daerah tropis. Kain chambray dibuat dari serat alami kapas yang memberinya keunggulan yakni kemampuan menyerap keringat dengan baik. Chambray cocok sekali dijadikan bahan dasar kemeja formal maupun informal. 

 

Baca Juga Yuk Artikel Berikut Ini

 

Kain Acrylic 

 

Kain Super Nyaman Untuk Bahan Kemeja

 

Untuk kita yang awam, nama kain acrylic terasa sangat asing dalam dunia tekstil. Hal itu disebabkan nama acrylic sebagai cat kaca lebih terkenal, dibandingkan acrylic sebagai nama kain. Kain acrylic sekilas seperti kain wol yang sangat halus.  

Kemeja berbahan acrylic, unggul dengan kenyamanannya saat dikenakan. Terasa halus dan lembut ketika bergesekan dengan kulit sehingga meminimalisir alergi maupun gatal-gatal. Satu hal yang membuatnya lebih menarik lagi, bahan acrylic ini mudah sekali kering. Untuk kita penduduk tropis yang mudah berkeringat saat cuaca terik, kemeja berbahan acrylic patut sekali dipertimbangkan, karena pakaian bisa cepat kering ketika basah oleh keringat maupun percikan air. 

 

 

Pilihan Warna Bahan Kemeja Dan Gamis Inma Premium Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 63
  • 3236 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article