Tips Memilih Bahan yang Cocok untuk Tas Anti Air | Toko Kain Surabaya

Windy 15 Oct 2021 at 7:49
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe


Tips Memilih Bahan yang Cocok untuk Tas Anti Air

 

Rasanya tas yang tak memiliki kekuatan dalam menolak air, sudah lama turun daun. Kini masyarakat lebih menyukai tas-tas yang multifungsi, aman untuk barang bawaan serta tetap fashionable dengan harga yang terjangkau. Apalagi untuk kaum pencinta kegiatan outdoor, tas dengan sifat anti air seakan menjadi syarat wajib nomor satu. 

 

Bahan tas anti air

 

Tas yang dapat melindungi barang-barang di dalamnya dari cipratan air maupun hujan, memiliki nilai tertinggi dalam levelisasi tas yang paling diminati. Terutama untuk masyarakat Indonesia dimana hujan pun dapat turun dengan deras di tengah musim kemarau. Agar pilihan tas anti air kita tidak salah, yuk disimak bersama beberapa tips memilih bahan tas anti air yang baik. Berikut ini beberapa tips menemukan tas anti air dengan bahan yang cocok! 

 

Baca Juga Artikel Terkait

 

Ketahui tiga level kekuatan tahan air 

Pernahkah mendengar istilah anti air yang berbeda-beda? Ada yang menyebutnya sebagai water resistance, water repellent atau water proof. Mungkin kita bingung memangnya apa bedanya ketiga nama itu? Ketiga nama itu sebenarnya mengintrepetasikan perbedaan kekuatan menahan air dari suatu bahan. 

 

Bahan tas anti air

 

Water resistance yang memiliki kekuatan paling lemah dan water proof yang paling kuat, hingga tak bisa ditembus sama sekali. Bahan yang bersifat water resistance mampu menahan air namun dalam jumlah terbatas dan dengan waktu tertentu. Jika guyuran air tinggi dan lama intensitasnya, bahan tak akan mampu menahan. 

 

Water repellent memiliki kekuatan di atas resistance. Daya tahannya pada air lebih kuat namun masih bisa ditembus pada waktu dan intensitas tertentu. Nah sedangkan water proof benar-benar menolak air. Mengetahui levelisasi kemampuan penolakan air ini sangat bermanfaat untuk kita memilih bahan tas terbaik. Tak melulu  bahan yang water proof  adalah pilihan terbaik. Semuanya bergantung pada kebutuhannya, akan dipakai untuk aktivitas apa tas tersebut. 

 

Pahami karakteristik kain 

Setiap bahan yang anti air memiliki kekurangan dan kelebihan yang hampir sama namun tetap berbeda. Perbedaan biasanya dalam hal kualitas dan kekuatan bahannya. Dengan memetakan kelebihan dan kekurangan secara konkret pada tiap bahan tas, proses memilih akan lebih mudah dan penuh pertimbangan yang jelas. Kita bisa memikirkan langkah antisipasi dari kekurangan bahan sebelum fiks membelinya. Dari situ bisa kita bandingkan antar bahan dan memilih yang kekurangannya paling bisa diantisipasi dan diatasi. 

 

Sesuaikan kebutuhan pemakaian tas 

 

Bahan tas anti air

 

Kerapatan benang pada proses penenunan bahan, menjadi salah satu faktor penentu kuat tidaknya bahan dan apakah mudah robek atau tidak. Jika tas akan dipakai untuk aktivitas yang tinggi, lebih baik pilih tas anti air yang dibuat dari bahan-bahan kuat dan tak mudah sobek. 

 

Pahami cara perawatannya 

 

Membeli tas anti air tak sama dengan membeli barang sekali pakai buang. Tas tersebut akan dipakai berkali-kali dalam berbagai event dalam waktu yang lama. Agar tasnya awet terus, tas harus dirawat dengan baik. Beda jenis bahan, tentu menuntut perawatan yang berbeda. Ada kain-kain yang tahan dengan deterjen sehingga tak perlu metode pembersihan khusus, ada juga jenis kain anti air yang tak boleh dicuci dengan deterjen karena lapisan anti airnya bisa rusak. Proses memeras dan menjemur pun perlu diperhatikan untuk jenis-jenis kain anti air yang bagus. Nah, mengetahui metode perawatan ini dapat menjadi pertimbangan yang luar biasa sebelum mengambil keputusan. 

 

Baca Juga Artikel Terkait

 

Bandingkan dari segi harga dan kualitas yang ditawarkan 

 

Pada intinya jangan tertipu harga murah tapi tas tak awet. Pilih saja tas anti air dengan harga sedikit lebih mahal asalkan awet bertahun-tahun. 

 

Bahan tas anti air

 

Setelah mengetahui tips-tips memilih bahan, berikut ini rekomendasi bahan yang sering dipakai:

  1. Milky Taslan

Kain taslan banyak ragamnya. Jenis yang paling cocok sebagai bahan pembuatan tas adalah taslan yang memiliki lapisan putih susu dengan kemampuan penolakan air yang baik adalah Milky taslan PA. Tas yang dibuat dari taslan terlihat indah dan kuat.

  1. Duratex 

Bahan ini sudah sering muncul sebagai rekomendasi bahan fashion kegiatan alam. Bahannya tak terlau tebal, tenunannya kuat dan punya lapisan penahan air yang sudah bagus. 

  1. Gore tex 

Kain gore tex menjadi kain premium anti air yang sedang naik daun. Semua orang seakan mencarinya meski hanya ingin melihat saja. Kain gore tex ini memiliki kemampuan menahan air yang sangat baik. Harganya memang tergolong lebih mahal, namun dibandingkan dengan harganya, ada kenyamanan dan perlindungan yang diperlukan dan itu lebih utama. 

Tak hanya ketiga bahan itu saja yang memiliki kemampuan anti air. Juga ada bahan lainnya seperti parasut, ripstop balon yang juga sering dijadikan bahan dasar pembuatan tas anti air.  

 

Macam2 Warna Parasut Milky Taslan dan Water Repellant

 

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 22
  • 3436 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article