Kain Yang Banyak Digunakan Untuk Pembuatan Souvenir | Toko Kain Surabaya

Windy 29 Aug 2022 at 8:20
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

10 Kain yang banyak digunakan untuk pembuatan souvenir

 

Souvenir berbahan kain masih menjadi favorit, terutama di kalangan wanita. Berbagai jenis souvenir lucu nan imut dibuat sebagai tanda mata dan kenang-kenangan dari acara istimewa yang hanya terjadi satu kali seumur hidup. Mulai dari pernak-pernik lucu seperti gantungan kunci, dompet, tempat tisu, tas kosmetik, goodie bag dan banyak lagi. Semuanya dibuat dari kain. 

 

Macam - macam kain untuk pembuatan souvenir

 

Dalam pembuatan souvenir, kita butuh mempertimbangkan dua hal, yaitu dari segi kualitas bahan dan harga. Mengapa? Karena souvenir diproduksi untuk dijual, sehingga selain bagus, juga harus bernilai ekonomis. Pelanggan akan menyukai souvenir cantik yang berkualitas dan harganya terjangkau. 

 

Selain mempertimbangkan harga yang ekonomis, kita pun perlu menemukan ide-ide brilian dalam pembuatan souvenir untuk menghasilkan produk yang unik dan menarik. Langkah pertama yang perlu kita tempuh adalah mengetahui kain apa saja yang sering menjadi bahan pembuatan souvenir. Melalui jenis-jenis kain yang cantik ini, kita bisa mulai berimajinasi dan berkreasi mencari ide produk souvenir.  

 

Pilihan Warna Rekomendasi Kain Nagata Drill Bahan Kain Seragam Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Kain kanvas 

 

Kain kanvas untuk pembuatan souvenir

 

Awal mulanya kain kanvas terkenal karena menjadi bahan dasar lukisan, namun saat ini kanvas tidak sekedar kain untuk melukis saja. Kegunaan kanvas semakin luas dalam dunia kreatif. Berbagai kerajinan tangan yang unik dan cantik dibuat dari kain kanvas. Pouch kosmetik, dompet, hand bag, tempat tisu, merupakan beberapa produk yang dibuat dengan mengkreasikan kain kanvas. Warna putih gadingnya yang khas, menjadi daya tarik tersendiri untuk produk-produk yang dihasilkan. Selain itu, kain kanvas juga memiliki keunggulan yang sulit ditandingi kain lainnya, yaitu produk yang dibuat dari kain kanvas bisa dilukis dengan cat air sebagai hiasan yang alami dan unik. 

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Kain satin 

 

Kain satin untuk pembuatan souvenir

 

Pembuatan souvenir tidak lengkap tanpa menyertakan kain satin sebagai bahan dasarnya. Kain satin memiliki karakter yang lembut, licin serta mengkilap. Hal tersebut menjadikannya tampak mewah. Produk souvenir yang dapat dibuat dari satin diantaranya tempat tisu, sajadah mini, kerudung segi empat atau pouch mukenah. 

 

Kain goni 

 

Kain goni untuk pembuatan souvenir

 

Goni memiliki karakter yang bertolak belakang dengan satin. Karakteristik goni lebih cocok digunakan untuk membuat souvenir bernuansa vintage, kekunoan dan klasik dimana warna coklat mendominasi desain produknya. Konsep vintage dan klasik mengusung tema kesederhanaan yang manis. Contoh souvenir yang dapat dibuat dari kain goni misalnya, kantong kopi mini, pouch mini, gantungan kunci dan tempat tisu. 

 

Kain flanel 

 

Kain untuk pembuatan souvenir

 

Bila kain goni bertekstur dan sedikit kasar permukaannya, maka kain flanel menawarkan sebaliknya. Kain flanel memiliki permukaan yang lembut dan berserabut halus. Flanel memiliki beberapa jenis ketebalan dan hadir dengan beragam pilihan warna. Flanel sangat terkenal di dunia pengrajin tangan karena telah ada banyak sekali produk souvenir yang bisa dibuat. Boneka mini, gantungan kunci, bros, placemate, kotak tisu dan banyak lagi. 

 

Kain organza

 

Kain organza untuk pembuatan souvenir

 

Bila ingin mencoba membuat souvenir yang unik dan tidak pasaran, kain organza dapat menjadi sumber inspirasi. Mari kita bayangkan produk apa saja yang bisa kita ciptakan dari kain organza yang tipis, mengembang, transparan dan mewah ini? Sebuah bros bunga yang cantik, buket bunga mini, ikat rambut wanita, dan sebagainya. Kain organza menawarkan kemewahan dan nuansa yang elegan untuk produk souvenir Anda. 

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Kain jaring 

 

Kain jaring untuk pembuatan souvenir

 

Kain jaring memiliki serat kain selayaknya jaring sungguhan. Berpori besar, tipis dan tentu saja tembus pandang karena berlubang-lubang. Akhir-akhir ini, kain jaring banyak memberikan inspirasi untuk pembuatan souvenir. Kain jaring sering kali dijadikan pembungkus souvenir dengan tambahan pita, atau dibuat menjadi tas pouch besar dengan serutan. Tas jaring banyak dimanfaatkan sebagai alat pembawa sepatu atau sandal. 

 

Kain wol 

 

Kain wol untuk pembuatan souvenir

 

Kain wol memiliki nilai estetika tinggi saat dibuat menjadi kerajinan tangan. Kain wol memiliki serat benang yang besar-besar, berserabut dan lembut sekali. Kain wol terbilang cukup tebal sehingga mampu menahan panas tubuh dan memberikan kehangatan kepada tubuh kita. Selain menjadi bahan dasar pakaian, kain wol juga cocok dijadikan bahan souvenir. Salah satu ide souvenir yang baru adalah kemoceng dari wol, syal panjang rajutan wol, atau handuk kecil. 

 

Kain spunbond

 

Kain untuk pembuatan souvenir

 

Kurang lengkap rasanya membahas kain untuk souvenir tanpa menyertakan kain spunbond. Ini merupakan kain andalan untuk berbagai produk tas souvenir, baik tas sebagai souvenirnya maupun tas pembungkus souvenirnya. Banyak pouch dan goodie bag yang diproduksi dari kain spunbond. Selain harganya yang terbilang ekonomis, kain spunbond juga mampu menahan air meski sebentar saja. Ketebalan spunbond juga beragam, mulai yang tipis gramasinya hingga paling tebal. 

 

Kain batik 

 

Kain batik untuk pembuatan souvenir

 

Praktik pembuatan souvenir dari kain batik sudah ada sejak dulu. Begitu banyak produk souvenir yang berbahan kain batik, seperti contohnya dompet wanita, pouch, tas tangan kecil, sapu tangan, atau tempat tisu. Masih banyak ide souvenir lainnya yang dapat diproduksi dengan kain batik. 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 12
  • 2861 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article