Mengenal Apa Itu Hoodie dan Bahan yang Cocok Untuk Membuatnya | Toko Kain Surabaya

Windy 1 Feb 2023 at 8:00
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Mengenal Apa Itu Hoodie dan Bahan yang Cocok Untuk Membuatnya

 

 

Masih banyak yang sering kali kesulitan untuk membedakan antara sweater, hoodie dan jaket. Kamu mungkin salah satunya. Bahkan beberapa menganggap bahwa semua pakaian hangat tersebut adalah jaket. Hal ini serupa sebagaimana sebagian masyarakat Indonesia yang menganggap semua merek sepeda motor itu Honda, dan semua merek mobil itu Kijang, padahal masing-masing mempunyai perbedaan. 

Begitu pula sweater, hoodie, dan jaket juga mempunyai perbedaan yang cukup mencolok walaupun sama-sama berfungsi sebagai pakaian hangat untuk tubuh. Ulasan ini akan membahas tentang ketiga pakaian tersebut, dan akan menjawab kebingungan Kamu tentang perbedaan-perbedaannya?

 

Mengenal Apa Itu Hoodie dan Bahan yang Cocok Untuk Membuatnya

 

Baca Artikel lain nya

 

Perbedaan Hoodie dengan Jaket dan sweater

Jaket merupakan baju luar yang panjangnya sampai pinggang atau pinggul dan untuk menjaga tubuh dari angin ataupun cuaca dingin. Biasanya terdapat resleting ataupun kancing di bagian depan jaket yang membuatnya mudah untuk mengenakan atau melepaskan jaket. 

Jaket terbuat dari kain berbahan tebal dan diberi kain pelapis agar menahan air hujan menembus ke bagian dalam. Sehingga bagian luar jaket tidak langsung bersentuhan dengan kulit. Dan sebagian jaket juga dilengkapi dengan bahan penghangat di bagian dalam dari bulu angsa, kapas, dan sejenisnya. Inilah rahasia mengapa jaket membuat tubuh menjadi hangat bagi orang yang mengenakannya.

Selanjutnya, sweater adalah pakaian luar yang berbahan tebal dan digunakan pada waktu cuaca dingin. Bahan pembuat sweater berasal dari bahan yang lembut dan hangat sehingga membuatnya disukai oleh orang dewasa bahkan anak-anak, baik laki-laki maupun perempuan. Terkadang sweater dipakai setelah kemeja, atau kaos, dan terkadang juga dipakai langsung. Dan sweater dibuat tanpa kancing dan resleting di bagian depan dan tanpa tudung kepala, serta digolongkan dalam baju terusan.

Lalu apa itu Hoodie Jumper? Jenis pakaian hangat ini dikategorikan pakaian luar yang memiliki tudung kepala bertali. Asal kata hoodie dari Bahasa Inggris yaitu hood dengan arti tudung atau tutup kepala, Sedangkan jumper merupakan jenis pakaian hangat untuk menutupi badan dan lengan. Bagian depan hoodie jumper biasanya terdapat kantong dan hoodie jumper juga mempunyai tali untuk menyesuaikan bagian tudung kepala.

 

Mengenal Lebih Dalam Apa Itu Hoodie

 

Mengenal Apa Itu Hoodie dan Bahan yang Cocok Untuk Membuatnya

 

Jika kamu bertanya, apa itu Hoodie, merupakan produk fashion yang cocok dikenakan dalam berbagai aktivitasmu. Modelnya yang trendy membuat Kamu akan terlihat keren. Contoh banyak penyanyi hip hop yang memakai hoodie jumper untuk menunjang penampilan mereka saat di panggung, dan para skater board juga sering mengenakannya ketika latihan biasa maupun saat mereka sedang mengikuti kompetisi skateboard.

Hoodie jumper merupakan jenis fashion item yang mempunyai beberapa variasi di bagian lengan, yaitu bentuk lengan raglan yaitu bagian lengan dijahit dari garis leher hingga bagian ketiak, dan lengan licin yaitu lengan dijahitkan pada lingkar kerudung lengan

Banyaknya variasi dari hoodie juga seringkali menimbulkan pertanyaan apa itu Hoodie. Ada hoodie yang mempunyai resleting di bagian depan sebagaimana jaket sehingga Kamu dengan mudah dapat memakai ataupun saat melepaskan hoodie jumper Kamu dan ada pula yang tidak terdapat resleting di bagian depannya sehingga Kamu mengenakannya seperti menggunakan baju terusan.

Para produsen hoodie jumper biasanya menggunakan bahan kain jenis fleece untuk menjamin kenyamanan produk yang mereka buat. Jenis kain fleece ini berasal dari perpaduan bahan polyster misalnya polyethylene terephthalate (PET), nylon, lycra dan bahan sintetis lain yang sejenis dengan itu. 

Kenyamanan yang Kamu dapat dari mengenakan hoodie jumper berbahan fleece adalah kainnya terasa lembut, memberikan kehangatan, begitu empuk saat dikenakan karena di bagian dalamnya berbulu. Hal inilah yang menjadikan kain jenis fleece menjadi primadona bagi para produsen hoodie jumper.

 

Kelebihan Kain Fleece Sebagai Bahan Pembuatan Hoodie

 

Mengenal Apa Itu Hoodie dan Bahan yang Cocok Untuk Membuatnya

 

  • Kain fleece dapat berguna menjadi insulator (penghangat) bagi tubuh orang yang mengenakannya walaupun kain fleece dalam keadaan basah.
  • Kain fleece termasuk dalam jenis kain breathable, sirkulasi udara yang dihasilkan cukup baik. Keringat, bisa menguap keluar lewat pori-pori kain sehingga mencegah tubuh menjadi gerah serta dan meresapnya air dari luar secara langsung, walaupun belum sampai kedap air alias water resistant.
  • Kain fleece meminimalisir timbulnya jamur karena kain ini lebih cepat kering.
  • Bahan fleece mempunyai karakteristik lentur.
  • Harga kain fleece dipasaran relatif terjangkau.
  • Kain fleece adalah kain yang ramah lingkungan karena berasal dai limbah daur ulang.
  •  

Kekurangan Dari Kain Fleece Sebagai Bahan Pembuatan Hoodie

  • Tidak cocok untuk tempat yang memiliki suhu ekstrem
  • Jika sudah dipakai dalam waktu lama, lapisan bagian luar mudah terkelupas.
  • Warnanya mudah memudar jika berkali-kali dicuci maka perlu perawatan ekstra saat mencuci
  • Jenis bahannya cenderung berat.
  • Jenis kain yang mudah kotor karena terdapat bulu-bulu di bagian dalamnya.


 

Demikian informasi yang dapat kami bagikan tentang jaket, sweater, dan hoodie jumper. Semoga dengan informasi ini, Kamu akan lebih mudah membedakan jaket, sweater, dan hoodie jumper. Dan tidak salah dalam menyebutkan ketiga item fashion tersebut. Semoga bermanfaat.

Baca Artikel lain nya

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 31
  • 2016 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article