Percaya Diri Hadapi Resesi 2023 Dengan Tips Ini | Toko Kain Surabaya

Windy 21 May 2023 at 8:00
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Percaya Diri Hadapi Resesi 2023 Dengan Tips Ini!

 

 

Percaya Diri Hadapi Resesi 2023 Dengan Tips Ini

 

Resesi 2023 menjadi topik yang cukup menakutkan akhir-akhir ini. Beritanya digaungkan dimana-mana dengan headline news yang cukup tegas dan mengerikan. Apa sebenarnya resesi itu?

 

Secara singkat resesi adalah bagian dari krisis ekonomi. Suatu keadaan dimana pertumbuhan ekonomi suatu negara bergerak negatif selama tiga kuartal berturut-turut. Ekonomi melemah dan berbagai situasi merugikan dapat terjadi. Inflasi parah, pemutusan hubungan kerja, kesulitan pangan, krisis perbankan, dan berbagai permasalahan lainnya dapat terjadi karena resesi. Namun, kita tidak perlu terlalu panik karena masih ada waktu untuk mempersiapkan diri hadapi resesi. 

 

Resesi membawa petaka yang tidak dapat diprediksi arah dan besarannya. Terjadinya pun tiba-tiba dan dapat memukul telak layaknya bencana alam yang dahsyat. Seperti dijelaskan sebelumnya bagaimana krisis ekonomi dapat meluluhlantahkan kehidupan suatu bangsa, maka kita harus benar-benar bersiap untuk menghadapinya bila resesi 2023 itu sungguh akan terjadi. Lalu Apa saja dan bagaimana kita harus mempersiapkan diri? Berikut ini beberapa tips hadapi resesi di tahun 2023 nanti

 

Rekomendasi Bahan Seragam Wearpack Unione Drill Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Siapkan Dana Darurat Sejak Sekarang

Dana darurat adalah dana yang secara sengaja disisihkan dari pengeluaran bulanan untuk digunakan pada momen-momen darurat yang tidak diduga-duga akan terjadi. Keadaan darurat itu misalnya tiba-tiba ada keluarga yang sakit dan membutuhkan biaya pengobatan yang mahal, tiba-tiba terkena pemutusan hubungan kerja, atau kondisi tak terduga lain. Kondisi resesi juga termasuk dalam keadaan darurat. Sehingga dalam masa darurat ini, kita akan sangat memerlukan dana terlebih ketika sumber pemasukan tiba-tiba hilang.

 

Kita tidak dapat memperkirakan apa yang akan terjadi saat krisis itu tiba. Kapan waktunya pun kita tidak tahu. Oleh karena itu, sangat penting sekali memiliki dana simpanan yang dapat kita gunakan untuk penuhi kebutuhan di masa darurat. Bila prediksi akan datangnya resesi 2023 itu benar-benar akan terjadi, maka sejak awal tahun ini sebaiknya kita mulai menyisihkan dana darurat setiap bulannya. 

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Mencari Pekerjaan Sampingan 

Tidak ada salahnya kita memiliki pekerjaan sampingan selain pekerjaan utama. Pekerjaan sampingan dapat menjadi sumber dana tambahan bila sewaktu-waktu kehilangan pekerjaan utama. Paling tidak, kita masih memiliki sumber penghasilan dari pintu yang lain meskipun tidak akan sebanyak yang utama. Memiliki pekerjaan sampingan juga dapat menambah pemasukan untuk bertahan hidup di tengah krisis yang terjadi. Cara ini dapat dilakukan oleh siapapun dan dari golongan ekonomi manapun. Sejarah juga mencatat bahwa memiliki pekerjaan lebih dari satu menjadi salah satu cara bagaimana rakyat Indonesia mampu bertahan dalam krisis-krisis ekonomi sebelumnya. 

 

Percaya Diri Hadapi Resesi 2023 Dengan Tips Ini

 

Utamakan Berinvestasi dengan Resiko Rendah dan Likuiditas Tinggi 

Investasi adalah salah satu upaya yang bertujuan untuk menjaga nilai uang yang dimiliki tidak turun atau bahkan meningkat. Banyak jenis investasi yang dapat kita coba, mulai dari investasi beresiko rendah hingga tinggi. Di masa krisis ekonomi, kita perlu sangat berhati-hati saat memutuskan akan berinvestasi apa.

 

Karena keadaan ekonomi yang serba tidak menentu ketika resesi 2023 terjadi, investasi yang beresiko tinggi sebaiknya dihindari. Apalagi bila kita baru berkenalan dengan dunia investasi, akan lebih bijak bila memilih investasi yang aman. Di masa krisis dan resesi, kita juga berpotensi membutuhkan uang cash atau dana apapun yang mudah dicairkan. Oleh karena itu, pilihlah investasi yang likuiditasnya tinggi sehingga mudah dicairkan kapan saja seperti emas. 

 

Ubah Gaya Hidup Jadi Lebih Sederhana 

Tips ketiga yaitu mengubah gaya hidup dan pola konsumsi kita. Kita perlu merencanakan ulang anggaran pengeluaran bulanan untuk kehidupan sehari-hari. Hidup di masa-masa krisis tidak bisa kita samakan dengan kondisi ekonomi yang normal dan sehat. Apapun dapat terjadi tiba-tiba. Sumber penghasilan dapat menghilang tiba-tiba atau bahkan semua harga-harga naik sangat tinggi hingga kita tidak mampu lagi membelinya. Mengubah pola konsumsi dan gaya hidup adalah langkah strategis yang mesti kita tempuh sekalipun rasanya tidak nyaman.

 

Beberapa perubahan pola konsumsi tersebut bisa dimulai dengan mengurangi konsumsi barang mahal, mengubah produk pemenuh kebutuhan, menabung dan menyisihkan uang bila ada. 

 

Memilih Produk Dalam Negeri Alih-Alih Impor 

Kita tidak tahu akan sejauh apa resesi 2023 akan terjadi nanti. Berbagai pengamat akademisi dan ekonom mengatakan resesi ini hampir pasti terjadi. Messkipun Indonesia masih memiliki peluang untuk bertahan, kita tetap harus mempersiapkan cara-cara terbaik untuk bertahan bahkan menyiapkan langkah preventif.

 

Kita dapat memulainya dengan memilih berbelanja di tempat-tempat tradisional yang terdekat, alih-alih membeli produk impor sebaiknya kita konsumsi produk lokal buatan dalam negeri. Alih-alih membeli di swalayan besar, lebih bijak membeli dagangan toko kelontong milik tetangga. Tetaplah berbelanja dan hidupkan ekonomi di sekitar kita agar resesi 2023 tidak memburuk di negeri kita.

 

Percaya Diri Hadapi Resesi 2023 Dengan Tips Ini

 

Baca Juga Artikel Berikut

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 6
  • 466 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article