Kain Katun Jepang Kekurangan Kelebihan dan Pemanfaatannya | Toko Kain Surabaya

Administrator 27 Feb 2021 at 2:20
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Kain Katun Jepang Kekurangan Kelebihan dan Pemanfaatannya

 

 

Di antara beberapa bahan baju dari katun, mana yang jadi favorit? Dari banyak jenis kain, katun jepang adalah salah satunya. Wajar karena kain katun jepang memang sebagus itu. Dibanding kain katun lain, kualitas katun jepang memang lebih baik meski sedikit lebih mahal.

 

 

 

 

Jadi paling favorit di pasaran, katun jepang banyak ditiru meski dengan kualitas lebih rendah dan juga murah. Supaya tak salah pilih, ada baiknya ketahui dulu karakteriskan kain jepang beserta kelebihan dan kekurangannya.

 

Cek Yuk Sis Pilihan Warna Bahan Kemeja Dan Gamis Inma Premium Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Karakteristik

 

Foto : Kain Katun Jepang

 

 

Tiap punya karakteristik masing-masing, kain katun jepang original dilabeli dengan “Japan Design”. Katun jepang cenderung lebih halus dibanding katun jenis lain karena terbuat dari katun berkualitas dan daya serap keringatnya pun lebih baik.

Kain jepang, meski sering dicuci, tidak mudah pudar warna kainnya. Ditambah dengan tekstur khas Jepang, kain ini seharusnya sangat tidak bisa ditiru. Tekstur ini membuat katun jepang menjadi lebih fleksibel untuk dikreasikan menjadi apa saja.

Baca Juga Artikel Terkait

 

Kelebihan dan Kekurangan

 

Foto : Kain Katun Jepang

 

 

Kain katun jepang ini menawarkan banyak keunggulan atau kelebihan sehingga menawarkan daya tarik sendiri. Serat kain katun jepang bersifat lembut dan tebal sehingga cukup bisa diandalkan untuk melindungi kulit. Permukaan kainnya halus dan ada kesan glossy, serta warna yang tak mudah luntur saat dicuci.

 

Serat kain yang lembut sangat cocok dijadikan bahan baju, sebab kain katun jepang akan jatuh saat dikenakan. Selain lebih baik dalam menyerap keringat, katun jepang juga terasa adem dan ringan. Perawatannya pun sangat mudah, bahkan dicuci dengan sikat pun tak masalah. Motif dan warna khas Jepang juga tersedia dalam banyak pilihan sehingga bisa lebih disesuaikan.

 

Meski punya sejumlah kelebihan, katun jepang juga punya beberapa kekurangan yang bisa jadi pertimbangan saat hendak membelinya. Bahan katun jepang meskipun halus tapi mudah kusut sehingga perlu disetrika untuk membuatnya rapi kembali. Saat basah atau lembab, kain ini mudah menyusut, jadi ada baiknya ukuran baju agak dilebihkan.

 

Kain katun jepang yang tipis, halus, dan menyerap keringat sangat cocok untuk wilayah tropis seperti Indonesia. Tapi di sisi lain, katun jepang tidak cocok untuk tempat lembap sebab akan lebih cepat rusak. Selain itu, harga kain katun jepang asli cukup mahal.

 

 

Penggunaan dalam Busana

 

Foto : Mukena

 

 

Mengingat kualitas bahan katun jepang yang ditawarkan tak main-main, tapi tak sedikit kalangan yang memilih menggunakan bahan ini. Terlebih karena dibuat dari bahan alami, katun jepang minim menimbulkan alergi.

 

· Busana Muslim

Busana muslim yang cenderung panjang dan longgar juga cocok dibuat dengan kain katun. Ada banyak pilihan warna yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan busana.

 

· Kemeja

Dijadikan busana formal, seperti kemeja misalnya, katun jepang sangat cocok. Ragam warna yang dihadirkan memberi kelebihan dalam hal variasi warna. Kemeja dari katun jepang unggul dari tingkat kehalusan sehingga lebih terasa adem dibanding katun lain.

 

· Mukena

Seiring revolusi mukena dari yang tadinya putih polos menjadi banyak ragam warna dan motif, kini bahan katun jepang bisa dipertimbangkan untuk pembuatan mukena. Saat cuaca panas, kain katun jepang lebih cocok karena lebih adem dan tidak transparan.

 

· Rok

Produk pakaian wanita dalam bentuk rok yang kini tersedia dalam berbagai model, dan katun jepang cocok untuk membuat rok dengan dengan beragam jenis dan motifnya. Di pasaran, banyak yang tertarik dengan model rok straight skirt maupun flared skirt, dan katun jepang yang adem dan jatuh sangat cocok.

 

· Sprei

Meskipun banyak produk pakaian wanita dibuat dengan katun jepang, nyatanya kain katun jepang polos maupun motif sederhana juga cocok untuk pakaian pria, apalagi sprei. Beberapa jenis katun jepang saat ini tersedia dalam beberapa motif dan tekstur sehingga terkesan berkelas.

Baca Juga Artikel Terkait

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article