Tutorial Membuat Sweater | Toko Kain Surabaya

Windy 5 Dec 2021 at 8:06
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

 

Tutorial Membuat Sweater Musim Dingin untuk Hadiah Natal

 

Sweater atau pakaian hangat menjadi salah satu ciri khas dari perayaan momen natal, karena terjadi saat musim dingin atau musim penghujan untuk konteks Indonesia. Model pakaian sejenis itu pada akhirnya menjadi banyak dipakai dan dijadikan sebagai hadiah untuk natal. Terlebih bagi orang yang mengedepankan sisi fungsional dari sebuah hadiah, merasa bahwa sweater menjadi salah satu alternatif yang “pasti berguna”.

 

 

Meskipun kita dengan mudah menemukan sweater musim dingin dijual di toko baju baik offline atau online, namun ada sebagian orang yang memilih untuk membuatnya sendiri. Mereka beranggapan bahwa kado natal akan menjadi lebih spesial jika dibuat secara khusus, termasuk dalam konteks ini sweater musim dingin. Itulah sebabnya, Mitramulia menulisnya sebagai salah satu konten eksklusif di bawah ini!

 

Pilihan Warna Rekomendasi Kain Nagata Drill Bahan Kain Seragam Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Model Sweater Musim Dingin

Sebelum membahas tentang proses pembuatan sweater musim dingin, penting untuk memahami terlebih dulu model sweater yang akan dibuat. Dengan begitu Anda akan memiliki pedoman selama proses pembuatan. Berikut ini adalah beberapa jenis model yang dapat menjadi inspirasi untuk Anda:

 

  1. Sweater Turtleneck

Sweater ini sangat terkenal karena model potongan kerah lehernya yang tinggi hingga mampu menutupi seluruh tinggi leher. Memakai sweater turtleneck di musim dingin sangat nyaman, sebab potongan tinggi kerah lehernya mampu memberikan kehangatan di sekitar area leher. Bagian leher jarang mendapatkan perlindungan dari rasa dingin dengan semestinya. 

 

 

Model kerah pakaian biasanya pendek, hanya sweater yang berpotongan turtleneck saja yang memiliki keunikan potongan kerah tingginya. Pada beberapa pakaian yang lehernya tidak terlindungi, kita biasanya akan menambahkan aksesoris syal terbal saat musim dingin agar leher tetap hangat. Namun dengan sweater turtleneck, bagian leher sudah hangat dan nyaman tanpa harus memakai syal tambahan. Tentu outfit jadi lebih simpel.

Sweater turtleneck ini sangat cocok dijadikan sebagai kado di malam Natal untuk orang terkasih. Orang tersebut bisa salah satu anggota keluarga maupun sahabat dan kekasih pujaan hati. Sweater turtleneck sendiri tidak hanya cocok dipakai di musim dingin saja, dikenakan saat musim lain pun masih menarik. Perbedaannya ada pada tebal atau tipisnya sweater.

 

  1. Sweater Dress

Tak hanya sweater model turtleneck saja yang menarik dijadikan kado saat natal, model sweater dress juga sangat cocok. Sweater dress adalah model sweater terusan sepanjang lutut bahkan mungkin hingga ke mata kaki yang dapat memberikan kehangatan menyeluruh hingga ke seluruh tubuh. Model sweater ini hanya bisa dijadikan kado untuk wanita saja karena modelnya spesifik dress. Berbeda dengan turtleneck atau oversized yang lebih unisex, laki-laki atau perempuan masih cocok memakainya.

 

 

Model sweater dress tergolong masih unik karena jarang dijadikan outfit utama saat musim dingin. padahal sweater dress ini mampu memberikan kesan yang feminim dan stylis namun tetap hangat dan nyaman dipakai.

 

  1. Sweater Oversize

Tidak hanya kaos katun saja yang banyak model oversizednya, sweater pun menjadi item fashion oversized yang banyak peminatnya. Di musim dingin, sweater berpotongan kebesaran ini mampu memberikan kenyaman ekstra, bebas bergerak dan tetap hangat dipakai beraktivitas di cuaca dingin. Sweater ini pun cocok dipakai pada malam natal saat berkumpul dengan keluarga maupun bertemu dengan teman-teman.

 

 

Sweater oversized dapat dipadukan dengan celana panjang atau pendek yang lebih pas di kaki. Rok pun juga bisa dijadikan paduan bawahan. Pada prinsipnya, jika bagian atas sudah besar, makan pakaian bawah sebaiknya yang fit di tubuh. 

 

Pembuatan Sweater

Sweater yang akan dibuat dalam tutorial ini mengacu pada model sweater ke-3, yaitu sweater oversize. Sweater akan dibuat dengan bahan fleece yang memiliki tekstur lembut dan semi berbulu pada bagian permukaannya. Warna kain yang akan digunakan untuk tutorial ini adalah warna merah.

 

 

Sedangkan untuk ukuran yang digunakan pada pembuatan sweater oversize dalam artikel ini antara lain:

  • Lebar bahu 11 cm
  • lebar punggung 42 cm
  • Panjang lengan 59 cm
  • Keliling dada 85 cm
  • Panjang badan 76 cm
  •  

Anda juga bisa menggunakan ukuran custom sendiri atau menggunakan ukuran baju universal seperti berikut ini:

 

 

Bahan lain yang digunakan dalam tutorial ini antara lain adalah kain manset. Kain ini adalah jenis kain elastis yang biasanya digunakan untuk bagian pinggang, pergelangan dan kerah sweater. 

Jika semua bahan dan alat sudah tersedia, maka Anda bisa melanjutkan pada proses berikut ini:

 

  1. Pembuatan Pola 

Jika Anda mengikuti tutorial ini dan menggunakan ukuran baju universal, Anda bisa menggunakan pola baju wanita universal yang sudah tersedia. Namun jika Anda menggunakan ukuran yang lebih custom, maka Anda perlu membuat polanya terlebih dulu sesuai ukuran tersebut. Anda bisa melihat selengkapnya cara untuk membuat pola dasar jaket disini.

Berikut gambaran umum pola yang dibuat berdasarkan ukuran yang telah ditentukan di atas:

  • Pola besar untuk sweater terdiri dari pola bagian depan dan bagian belakang. 
  • Sedangkan pola bagian kecil terdiri dari pola lengan, pola kerah, pinggang dan kantong (jika ada). 
  1. Pemotongan Pola

Tahap berikutnya adalah memotong pola yang sudah dibuat. Disarankan untuk memakai gunting yang benar-benar tajam agar hasil potongan rapi. Anda bisa memulai potongan dari bagian yang dekat dengan tepian, mengikuti garis yang sudah dibuat. Sampai dihasilkan potongan pola seperti yang tampak di gambar atas. 

  1. Menjahit Sweater Oversize 

Untuk proses penjahitan, Anda bisa mulai melakukannya dari bagian-bagian kecil terlebih dulu seperti kerah, lengan, pinggang dan kantong. Kemudian dilanjutkan dengan bagian-bagian yang besar (bagian badan).

  • Jika sudah menjahit bagian yang kecil, satukan antara bagian belakang dan depan dengan menjahit bagian pundak, kemudian bagian samping kanan dan kiri. Satukan bagian bawah dengan bagian pinggang yang dibuat dengan kain manset. Jika sudah, obras supaya tampilan sweater menjadi semakin rapi.
  • Jahit bagian lengan dan gabungkan dengan bagian ujung lengan yang terbuat dari kain manset. Satukan bagian lengan dengan potongan bagian badan yang sudah menyatu. Kemudian satukan bagian kerah dengan bagian badan yang sudah menyatu. 
  • Setelahnya, Anda tinggal memasang bagian kantong dan merapikan bagian-bagian tepi. 
  • Setelah selesai semuanya, Anda bisa melakukan obras untuk membuat jahitan lebih kuat dan rapi.. 

 

Setelah semua proses selesai, bagian depan sweater oversize yang dibuat akan tampak seperti foto di bawah ini:

 

Baca Juga Yuk Artikel Terkait

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 63
  • 3416 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article