Ingin Buat Kaos Dari Cotton Combed Kenali Perbedaan Cotton Combed 24s dan 30s | Toko Kain Surabaya

Windy 19 Feb 2023 at 8:00
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Ingin Buat Kaos Dari Cotton Combed? Kenali Perbedaan Cotton Combed 24s dan 30s

 

 

Apakah Kamu mengenal kaos distro? Kaos buatan anak bangsa ini mulai dikenal di masyarakat sejak tahun 2000-an. Kaos distro sangat populer di kalangan anak-anak muda terutama laki-laki karena desainnya yang keren dan kekinian serta mempunyai bahan yang nyaman untuk dikenakan karena bahan kainnya. Bagi yang belum mengetahui, kain distro diproduksi menggunakan bahan cotton combed.

Dua jenis kain sebagai bahan pembuatan kaos distro adalah cotton combed 24s dan 30s. Tentunya kedua jenis kain ini memiliki perbedaan. Lalu, apa perbedaan cotton combed 24s dan 30s ? Mari kita simak ulasan berikut ini tentang perbedaan cotton combed 24s dan 30s

 

 

Rekomendasi Warna Potensha Bahan Seragam Sekolah Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Perbandingan Cotton Combed 24s dan 30S

 

Kaos Dari Cotton Combed

 

  1. Kenyamanan saat digunakan

Bahan yang sama-sama berasal dari katun membuat kedua bahan ini nyaman dan akan terasa dingin saat digunakan. Alasanya karena terdapat pori-pori di sela-sela kain yang menjaga sirkulasi udara terus berganti dengan baik. Namun jika Kamu perhatikan secara seksama, cotton combed 30s yang berbahan lebih tipis dan ringan akan terasa sedikit lebih dingin ketika dikenakan dibandingkan cotton combed 24s yang berbahan lebih tebal.

Kaos dengan bahan cotton combed 30s sangat cocok dikenakan saat cuaca tropis dan panas, sedangkan cotton combed 24s akan terasa lebih hangat digunakan saat cuaca dingin. Namun kedua bahan ini cenderung lebih dingin dikenakan jika dibandingkan kaos berbahan polyster. Itulah perbedaan cotton combed 24s dan 30s dari segi kenyamanan.

  1. Berat kain

Perbedaan cotton combed 24s dan 30s yang kedua adalah dari berat kain. Sekedar informasi, satuan yang digunakan untuk mengukur berat kain adalah gramasi atau biasa disingkat gsm (gram/meter persegi). Gramasi pada cotton combed 24s adalah 175-185 gsm, sedangkan gramasi cotton combed 30s berkisar 140-145 gsm. Berarti cotton combed 24s lebih berat dibandingkan cotton combed 30s karena tingkat ketebalan cotton combed 24s yang lebih besar.

Setiap produsen kain cotton combed mempunyai standar gramasi masing-masing, yang mungkin berbeda angkanya. Namun tetap saja cotton combed 24s pasti akan lebih berat dibandingkan cotton combed 30s

  1. Ketebalan kain

Perbedaan cotton combed 24s dan 30s yang pertama adalah angka 24 dan 30 menunjukkan jumlah benang penyusun masing-masing kain. Semakin halus benangnya maka angkanya pun semakin besar. Sehingga dapat disimpulkan cotton combed 30s lebih tipis dan halus dibandingkan cotton combed 24s.

Bukan berarti kain katun yang lebih tebal itu pasti lebih baik kualitasnya. Semua mempunyai keunggulan dan peruntukan masing-masing. Yang pasti, kain berbahan katun akan memberikan rasa nyaman saat dikenakan dan tahan lebih lama.

Huruf ‘s’ adalah singkatan dari single knitt, artinya jumlah jarum yang digunakan untuk merajut kain ini adalah satu jarum saja, sehingga rajutannya akan lebih renggang dibandingkan menggunakan jarum ganda mempunyai inisial huruf ‘d’ (double knitt).

Untuk menghasilkan produk kaos yang lebih tipis dan nyaman dikenakan, umumnya produsen kaos distro menggunakan single knit. Sedangkan untuk produksi kaos anak-anak menggunakan double knitt karena bahannya yang lebih rapat.

  1. Harga Kain

Ternyata sebelum diproduksi menjadi kaos, harga kain cotton combed 24s yang mempunyai benang berukuran lebih besar dan tebal itu lebih murah dibandingkan cotton combed 30s yang bahannya lebih tipis. Cukup mencengangkan bukan? Hal ini dikarenakan kain cotton combed 30s dapat menghasilkan jumlah kaos yang lebih banyak dibandingkan cotton combed 24s.

Sedangkan untuk harga jual saat kaos sudah jadi, harganya akan sangat beragam tergantung merek dari kaos tersebut dan distro yang menjual kaos tersebut. Sebagian ada yang menjual kaos cotton combed 24s lebih mahal, namun tidak sedikit pula yang memberikan harga kaos berbahan cotton combed 30s lebih mahal. Dan ada juga yang memberikan harga yang sama antara cotton combed 24s dan 30s. Semua tergantung dari pihak distro yang menjual kaos-kaos tersebut

 

Baca Juga Artikel Terkait

 

Penggunaan bahan Cotton combed 24s dan 30s

 

Kaos Dari Cotton Combed

 

Jika Kamu ingin memproduksi kaos distro untuk cowok, maka cotton combed 30s adalah pilihan yang lebih tepat, karena bahannya yang lebih tipis, ringan, dan dingin ketika digunakan. Sangat cocok digunakan untuk banyak aktivitas apalagi di luar ruangan. 

Sedangkan cotton combed 24s dapat Kamu gunakan untuk memproduksi kaos distro cewek yang memang memerlukan bahan lebih tebal dan tidak transparan saat dikenakan. Dan jenis kain ini juga cocok diimplementasikan untuk pakaian muslim karena bahannya yang tebal.

Semoga ulasan tentang perbedaan kain cotton combed 24s dan 30s ini dapat bermanfaat dan memudahkan Kamu memilih jenis bahan yang akan Kamu gunakan untuk memproduksi kaos atau hanya sekedar menentukan mana kaos distro yang ingin Kamu beli.

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 16
  • 34973 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article