Tips Memproduksi Seragam Satpam Nyaman Berkualitas | Toko Kain Surabaya

Windy 8 Nov 2021 at 7:07
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Tips Memproduksi Seragam Satpam Nyaman Berkualitas

 

Saat melihat seragam satpam yang terlihat begitu pas di badan, sering kali terbesit pertanyaan dalam benak, apakah seragam itu nyaman dipakai? Ataukah mungkin sebenarnya seragam itu cukup menyiksa karena terlihat ketat dan kaku? Apalagi ketika dihubungkan bahwa pekerjaan seorang satpam cukup banyak melibatkan aktivitas fisik dan seringkali berada di luar ruangan yang panas. 

 

Kain Seragam Satpam

 

Bukankah seragam kerja merupakan unsur terbesar yang mempengaruhi kenyamanan bekerja? Hal tersebut juga berlaku untuk seragam kerja satpam. Faktor kenyamanan sangat mempengaruhi kinerja mereka. Seragam satpam harus nyaman dan terlihat pas ketika dipakai. Tidak kedodoran, tidak juga terlalu ketat. Selain itu, seragam satpam juga dituntut untuk terus terlihat rapi sehingga pemilihan kain pun sangat diperhatikan. Kain yang digunakan sebagai bahan dasarnya dipilih kain-kain dengan sifat tidak mudah kusut. 

Nah, sebetulnya apa saja yang perlu diperhatikan untuk membuat seragam satpam yang nyaman? Berikut ini akan kita uraikan bersama apa saja tips yang bisa kita terapkan. Yuk disimak! 

 

Baca Juga Artikel Lain nya dari Mitra Mulia

 

Mengikuti aturan terbaru perubahan seragam satpam 

Kita tahu bahwa ada perubahan wajah dari seragam satpam di kantor-kantor di lingkungan kita. Terkadang mungkin juga kaget dan mengira mereka adalah polisi. Dalam benak berpikir, “kenapa ada polisi di pintu gerbang sedang berkumpul?” Perubahan itu dikarenakan aturan seragam satpam yang diperbarui oleh Kapolri di tahun 2021 ini. Terutama yang paling kentara adalah warnanya yang benar-benar mirip seragam polisi. 

 

Kain Seragam Satpam

 

Tips yang pertama untuk membuat seragam satpam yang nyaman adalah dengan menaati aturan yang baru tersebut. Di dalamnya tentu diatur pula ketentuan seragam yang dikenakan pada waktu dan tugas yang berbeda. Pada siang hari berlengan pendek dan panjang ketika berjaga malam. 

Aturan panjang pendek lengan tersebut juga mempertimbangkan kenyamanan satpam ketika bertugas. Siang yang lebih terik dan panas, diberikan lengan pendek agar tidak terlalu gerah. Sedangkan lengan panjang dapat memberikan perlindungan pada suhu rendah dan angin di malam hari. Begitu pun dengan macam-macam atribut yang berbeda pada setiap tingkat jabatan atau perbedaan tugas. Seragam didesain khusus sesuai kebutuhan untuk menunjang efektivitas kinerja satpam. 

 

Memilih Jenis Kain yang Nyaman 

Nah, inilah faktor penting dengan kontribusi terbesar, yaitu jenis kain! Bahan yang digunakan mempengaruhi hampir 80% kenyamanan pemakainya. Untuk jenis kain seragam satpam yang direkomendasikan adalah kain Gaia. Kain tersebut diproduksi khusus untuk seragam keamanan dan sudah digunakan dalam jumlah banyak di pasaran.

 

Kain Seragam Satpam

 

Kain gaia memiliki kualitas terbaik dengan karakteristik kain yang sangat cocok untuk seragam satpam sehari-hari. Kainnya tidak mudah kusut, sehingga sang pemakainya dapat beraktivitas apapun tanpa khawatir seragamnya kusut. Gaia juga memiliki ketebalan yang pas dan kainnya tidak terlalu berat. Pakaian yang terlalu berat dapat menambah beban gerak ketika beraktivitas, hal tersebut dapat menghambat kinerja satpam. Kain Gaia cukup ringan meski bahannya terbilang tidak tipis. 

 

Baca Juga Yuk Artikel ini

 

Mempertimbangkan Harga dan Kualitas 

Pernahkah mendengar ungkapan “ada harga ada rupa”? Barang yang berkualitas harganya tentu lebih mahal dari barang dengan grade rendah. Ungkapan itu pun berlaku pada kain. Kain dengan kualitas tinggi tidak mungkin dijual lebih murah dari kelas di bawahnya. Inilah yang menjadi dilema berikutnya. 

 

Kain Seragam Satpam

 

Perusahaan menginginkan kualitas tinggi namun harganya terjangkau. Pada kondisi terburuk, perusahaan lebih memilih harga termurah dan tidak mempertimbangkan kualitasnya. Jika pilihan kedua yang diambil, korbannya adalah karyawan pemakai seragam menjadi tidak nyaman selama bekerja. 

Keputusan hendak memilih yang mana memang ada di tangan pemegang wewenang, namun ada baiknya jika memasukkan variabel hubungan kualitas barang dengan kenyamanan dipakai yang akan berimbas pada produktivitas kinerja satpam. Semakin nyaman seragamnya, satpam semakin produktif kinerjanya. Tidak masalah untuk merogoh harga sedikit lebih mahal jika hasil yang didapat dua kali lebih berkualitas. 

 

Melakukan Pengukuran Agar Seragam Fit Badan

 

Kain Seragam Satpam

 

Setelah memilih bahan dan desain sesuai aturan, tips berikutnya adalah melakukan pengukuran ukuran badan. Seragam satpam yang baik biasanya fit di badan, tidak kebesaran apalagi kekecilan. Agar seragam ini dapat menyesuaikan badan pemakainya, maka harus dilakukan pengukuran. Jika langkah ini dilewati, berarti produksi seragam satpam memakai ukuran universal. 

 

Bekerja Sama dengan Konveksi Handal

Pilihlah konveksi yang sudah teruji kemampuannya lewat kualitas pakaian yang dihasilkan selama ini. Konveksi sebagai ujung tombak yang akan membuat seragam tersebut, mulai dari mengukur, membuat pola, menggunting dan menjahit. Semua proses produksi ini sangat penting untuk menghasilkan pakaian dengan potongan yang pas di badan dan kualitas jahitan yang sempurna. 

 

Kain Seragam Satpam

 

Ada baiknya menggunakan jasa konveksi-konveksi yang spesialis pada seragam kerja, karena mereka sudah berpengalaman dan paham dinamika membuat seragam kerja. Selain itu, kita patut mempertimbangkan juga kecepatan pengerjaan, ongkos konveksi dan beberapa poin perjanjian kerja sama. 

Nah itulah beberapa tips yang bisa menjadi pertimbangan Anda dalam membuat seragam satpam yang nyaman. Semoga bermanfaat!

 

 

Rekomendasi Bahan Seragam Satpam Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 11
  • 5718 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article