Bahan Recommended untuk Membuat Canopy | Toko Kain Surabaya

Windy 5 Jul 2021 at 10:00
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Bahan Recommended untuk Membuat Canopy

 

 

Selain digunakan untuk berbagai produk fashion kain juga digunakan sebagai kanopi. Yaitu yang biasanya dipasang di bagian depan sebuah rumah atau toko, restoran, hotel, atau cafe yang ditujukan untuk menjadi teduhan. Kanopi bisa sangat berguna terutama untuk daerah-daerah yang memiliki cuaca panas seperti Indonesia. Bagian kanopi bisa memberikan kenyamanan dan perlindungan dari sinar matahari secara langsung.

 

Foto : Canopy

 

Tentu saja kanopi juga bisa sekaligus menambah kesan estetika dari sebuah bangunan. Itulah mengapa terkadang bahan dari kanopi dipilih dengan motif yang menarik untuk menambah nilai estetika bangunan tersebut. Pertanyaannya bahan apa saja yang sering digunakan untuk pembuatan kanopi? Itulah yang akan kita bahas lebih lanjut dalam artikel di bawah ini!

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Kriteria bahan kanopi

Memang banyak sekali jenis kain yang tersedia di pasaran. Tentu saja tidak semua kain bisa digunakan dalam pembuatan kanopi. Karena bahan kain untuk pembuatan kanopi harus memenuhi kriteria berikut:

 

Bahan kuat

Ini menjadi salah satu kriteria penting untuk bahan kain bisa di gunakan dalam pembuatan kanopi. Karena nantinya kanopi tersebut harus bisa menahan guyuran air untuk daerah-daerah barat harus mampu menahan guyuran salju. Selain bisa menahan sinar matahari.

 

 

Foto : Canopy

 

Mudah dibersihkan

Kriteria yang kedua dari bahan kain untuk pembuatan kanopi adalah mudah dibersihkan. Karena nantinya kanopi tersebut bisa sangat mudah terkena kotoran baik debu ataupun kotoran lainnya. Jika bahan kanopi menyerap kotoran hal itu bisa mengganggu estetika dari bangunan. Sehingga idealnya bahan kain untuk kanopi lebih mudah dibersihkan dari bahan lain.

 

Tahan cuaca

Kriteria ketiga untuk bahan kain kanopi adalah tahan cuaca. Karena kanopi berfungsi sebagai teduhan sehingga bahan kainnya harus mampu bertahan dalam cuaca apapun. Misalnya untuk daerah Indonesia bahan kain yang digunakan idealnya bisa tahan terhadap sinar matahari,  dalam kata lain memiliki warna yang tidak mudah pudar. Selain itu bahan kain untuk kanopi idealnya mampu menahan guyuran air hujan. Sehingga lebih baik menggunakan bahan kain yang juga tahan air.

 

Contoh beberapa bahan yang memiliki karakter tahan cuaca adalah bahan starpaulin, tempotest, dickson, sunbrella, amarindo dan S.A recasens. Diantara beberapa bahan tersebut yang paling populer untuk digunakan dalam pembuatan kanopi adalah bahan kain sunbrella.

 

Tentang Kain Sunbrella

 

Foto : Canopy

 

Tidak mengherankan jika kain ini sering digunakan dan terkenal dalam pembuatan kanopi karena karakternya yang kuat. Sehingga kain ini nantinya tidak mudah sobek ketika digunakan sebagai kanopi. Selain itu kain ini juga memiliki warna dan corak yang sangat beragam sehingga pengguna nantinya tidak bingung menyesuaikan dengan dekorasi bangunan yang akan dipasang kanopi. Dengan menggunakan kain sunbrella yang pas pengguna tidak perlu menambahkan dekorasi lagi yang berlebihan. 

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Anda yang tertarik menggunakan kain sunbrella berikut adalah beberapa ciri khasnya:

 

  1. Tahan panas

Kain ini memiliki karakter yang tahan panas atau dalam arti lain tidak membuat cahaya matahari bisa tembus. Sehingga kain sunbrella akan sangat efektif untuk membuat area yang teduh. Miliki kain ini bahkan bisa awet meskipun terpapar oleh sinar UV terus menerus.

 

  1. Tidak mudah pudar

Karakter kedua dari kain ini yang membuatnya banyak digunakan dalam pembuatan kanopi adalah tidak mudah pudar. Sehingga pengguna tidak perlu merasa khawatir warnanya akan menjadi jelek saat sudah lama dipakai.

 

 

Foto : Canopy

 

  1. Ramah lingkungan

Nah ini juga menjadi keunggulan lain dari kain sunbrella yaitu ramah lingkungan dan mudah untuk didaur ulang. Sehingga meskipun nantinya Anda mendapati kain ini sudah rusak, Anda masih bisa menggunakannya untuk fungsi lain.

 

  1. Tahan air

Ini juga menjadi karakter yang sangat penting dari kain sunbrella karena mampu menahan hujan. Kain ini bisa sangat efektif untuk menjadi kanopi di depan rumah, toko, Cafe, atau bangunan lainnya. Meskipun tahan air namun uniknya kain sunbrella ini mudah untuk di sablon. Sehingga Anda bisa tetap mudah mendapatkan warna kain sunbrella sesuai dengan dekorasi yang anda harapkan.

 

Itulah beberapa informasi tentang kain yang direkomendasikan untuk pembuatan kanopi. Semoga bermanfaat!

 

Rekomendasi Bahan Seragam Kerja Unione Drill Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 69
  • 3942 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article