Kenali Kain Katun Poly yang Semakin Banyak Digemari | Toko Kain Surabaya

Windy 7 Jun 2023 at 8:00
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Kenali Kain Katun Poly yang Semakin Banyak Digemari

 

 

Kain Katun Poly

 

Kain katun sering dianggap sebagai kain terbaik untuk masyarakat Indonesia karena jenis kain ini sangat cocok dengan iklim tropis. Anggapan tersebut muncul dikarenakan kain katun pada dasarnya memang cukup baik dalam menyerap keringat. Tidak heran, bila kain katun sering digunakan untuk membuat berbagai jenis pakaian.

 

Ada berbagai jenis kain katun dengan karakteristik yang berbeda-beda, salah satunya adalah kain katun poly (polycotton) yang saat ini sangat digemari. 

 

Rekomendasi Bahan Gamis Terbaik Inma Premium Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Apa itu Katun Poly?

 

Varian Kain Katun Poly

 

Katun poly adalah salah satu jenis kain yang terbuat dari campuran serat katun dan serat poliester. Kain ini sangat populer dan banyak digunakan untuk membuat pakaian, terutama untuk busana sehari-hari. Katun poly merupakan jenis kain yang tidak mudah kusut dan tidak panas saat dipakai sehingga cocok untuk cuaca panas di Indonesia yang kadang sangat menyengat. 

 

Serat katun pada kain katun poly memberikan tekstur yang lembut dan nyaman saat dikenakan, sementara serat poliester menambahkan ketahanan terhadap kerutan, keausan, serta membantu kain untuk cepat kering setelah dicuci. Hal ini memberikan karakterisitk kain yang lembut dan awet untuk digunakan dalam jangka panjang. Dari segi harga, katun poly merupakan jenis kain yang harganya cukup terjangkau.

 

Dalam memilih kain katun poly, penting untuk memperhatikan kandungan serat katun dan poliester yang ada pada kain tersebut. Semakin banyak serat katun yang terkandung pada kain, maka semakin lembut dan nyaman saat dikenakan. Sebaliknya, semakin banyak serat poliester, maka semakin tahan lama dan mudah dirawat.

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Kelebihan Katun Poly

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Katun poly merupakan kain yang terbuat dari campuran serat katun dan poliester. Oleh sebab itu, kain ini memiliki berbagai kelebihan dari kedua jenis serat tersebut. Meskipun demikian, katun poly juga memiliki beberapa kekurangan.

 

Katun poly merupakan jenis kain yang tahan lama dan mudah dirawat. Serat poliester pada kain ini memberikan kekuatan yang lebih besar pada serat katun, sehingga kain menjadi lebih tahan lama.

 

Selain itu, katun poly juga mudah dirawat karena lebih awet dan tidak mudah kusut. Dalam penggunaan, katun poly bersifat jatuh dan mudah dibentuk. Bahkan, beberapa jenis katun poly mampu tahan terhadap luntur warna. Katun poly juga tahan dengan rendaman air dan jamur. Anda tidak perlu khawatir jika merendam katun poly terlalu lama. Serat kain dapat tetap terjaga dari kerusakan dan lebih aman dari jamur

 

Kain katun poly juga lebih hemat biaya dibandingkan dengan kain 100% katun. Hal ini dikarenakan serat poliester yang lebih murah dibandingkan dengan serat katun. Selain itu, katun poly memiliki sifat yang elastis sehingga membuatnya nyaman dan fleksibel saat dikenakan. Kain ini cocok digunakan untuk membuat berbagai macam jenis pakaian, baik untuk pakaian sehari-hari maupun untuk acara formal.

 

Varian Kain Katun Poly

 

Kekurangan Katun Poly

Meskipun memiliki banyak kelebihan, katun poly juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satu kekurangan dari katun poly adalah kemampuannya dalam menyerap keringat yang cenderung kurang baik dibandingkan jenis kain katun lainnya. Hal ini dikarenakan serat poliester pada kain ini tidak dapat menyerap keringat sebaik serat katun. Oleh karena itu, bahan katun poly tidak cocok untuk digunakan dalam aktivitas yang memerlukan banyak gerakan atau keringat misalnya seperti pakaian olahraga.

 

Kain ini juga cenderung lebih licin dari bahan lainnya. Akibatnya, garis-garis lipatan pada kain akan terlihat jelas dan menimbulkan kesan tidak rapi ketika tidak disetrika. Selain itu, katun poly cenderung lebih sulit menyerap pewarna ketimbang kain 100% katun. Hal ini disebabkan oleh kandungan serat poliester yang lebih tinggi pada kain katun poly. Akibatnya, bahan katun poly seringkali tidak cocok digunakan untuk membuat pakaian dengan warna-warna yang cerah dan mencolok.

 

Cara Merawat Kain Katun Poly

Merawat pakaian dari bahan katun poly merupakan hal yang penting untuk menjaga kualitas kain dan daya tahannya. Salah satu hal yang penting adalah dalam pencucian, dimana harus dilakukan dengan lembut. Jika Anda menggunakan mesin cuci, sangat dianjurkan untuk menggunakan putaran rendah. Berikut beberapa tips lengkap cara merawat kain katun poly agar tetap awet dan tahan lama:

 

  1. Cuci kain katun poly dengan air dingin atau suhu rendah. Hal ini akan membantu menghindari kerutan dan pengembangan serat poliester pada kain.
  2. Gunakan deterjen yang lembut. Deterjen yang terlalu keras dapat merusak serat katun pada kain. Hindari menggunakan pemutih.
  3. Jangan menggunakan pengering mesin untuk mengeringkan pakaian berbahan katun poly. Sebaiknya keringkan dengan cara menjemur atau digantung. Pengering mesin dapat merusak serat poliester pada kain.
  4. Jangan menyetrika kain dengan suhu yang terlalu panas. Suhu yang terlalu panas dapat merusak serat poliester pada kain. Gunakan suhu setrika yang rendah atau sedang.
  5. Jangan menumpuk pakaian berbahan katun poly dengan kain lainnya. Kain katun poly cenderung menarik serat pada kain lain, sehingga sebaiknya kain tersebut disimpan terpisah dari kain yang lain.

 

Baca Juga Artikel Berikut

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 9
  • 27340 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article