Dampak kenaikan suku bunga pada kenaikan harga produk | Toko Kain Surabaya

Windy 23 Aug 2022 at 8:00
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Dampak kenaikan suku bunga pada kenaikan harga produk

 

Dilansir dari cnbc.com, bank federasi Amerika Serikat yang biasa disebut the Fed, memberikan pengumuman yang mengejutkan dunia. The Fed memutuskan untuk menaikkan suku bunga acuan 0,5%. Tidak hanya itu, kenaikan suku bunga dana federal juga cukup tinggi, berapa di angka 0,75%-1%. Kenaikan suku bunga ini sebagai respon cepat atas inflasi yang terus meroket selama setahun terakhir yang mencapai angka 8,4%. Angka tersebut adalah inflasi tertinggi Amerika Serikat selama 41 tahun. 

 

Dampak kenaikan suku bunga pada kenaikan harga produk

 

Kenaikan suku bunga ini cukup memberikan pukulan untuk perekonomian dunia yang sedang pulih, tidak terkecuali dengan Indonesia. Kenaikan suku bunga dollar AS akan berimbas pada harga-harga produk di Indonesia karena menguatnya dollar tidak diimbangi dengan menguatnya nilai tukar rupiah. Rupiah melemah dan cadangan devisa akan terkuras untuk membayar utang luar negeri yang jadi lebih mahal. Semua skenario tersebut dapat menjadi pemicu inflasi di dalam negeri semakin tinggi. 

 

Indonesia perlu bersiap secepat mungkin untuk menghadapi gelombang inflasi dan guncangan ekonomi yang disebabkan kenaikan suku bunga the Fed ini. Pemerintah sebagai pembuat kebijakan, telah menyusun berbagai rencana dan strategi untuk mengantisipasi gejolak ekonomi yang akan terjadi. Meski demikian, kita sebagai rakyat Indonesia juga perlu mempersiapkan diri, terutama dari kesiapan financial. Nah berikut ini adalah beberapa dampak yang akan kita rasakan baik secara langsung maupun tidak langsung. 

 

Rekomendasi Warna Bahan Seragam Kerja Grandmax Tropical Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Dampak kenaikan suku bunga the Fed terhadap Indonesia

 

Dampak kenaikan suku bunga pada kenaikan harga produk

 

  1. Nilai tukar rupiah melemah 

Menguatnya dollar Amerika Serikat membuat nilai mata uang lainnya melemah, termasuk Indonesia. Semakin kuat nilai dollar, semakin banyak rupiah yang harus ditukarkan. Pada Mei lalu, nilai tukar rupiah sempat menguat, namun diprediksi nilai kurs ini akan melemah kembali dan secara konstan terus melemah dengan kenaikan suku bunga the Fed yang baru diumumkan. Nilai tukar rupiah memang tidak hanya dipengaruhi kenaikan suku bunga saja, namun juga bagaimana struktur perekonomian dalam negeri. Oleh karenanya, pemerintah memegang andil besar untuk menyelamatkan kurs nilai tukar rupiah agar kembali menguat. Bila nilai tukar rupiah terus melemah, kita harus mengeluarkan semakin banyak uang untuk mendapatkan barang-barang dari luar negeri yang dihargai dengan dollar. 

 

  1. Nilai utang luar negeri semakin besar 

Pada waktu yang singkat, nilai utang negara dapat bertambah dua kali lipat karena kenaikan suku bunga ini. Kenaikan tersebut dipicu oleh bunga yang harus dibayarkan menjadi semakin banyak, ditambah lagi dengan nilai rupiah yang melemah menjadikan semakin mahal nilai utang tersebut. Sebagai simulasi, apabila sebelumnya bunga utang semisalnya 100 juta saja, maka dengan kenaikan suku bunga ini, bunga utang dapat mencapai lebih dari 100 juta. Nilai utang yang semakin tinggi ini sangat berdampak pada beban keuangan negara yang harus menyisihkan anggaran belanja lebih banyak untuk membayar utang. Pemerintah harus mengeluarkan lebih banyak uang yang artinya pemerintah akan membutuhkan pemasukan anggaran yang lebih besar juga. 

 

Dampak kenaikan suku bunga pada kenaikan harga produk

 

  1. Cadangan devisa menipis 

Kewajiban membayar utang luar negeri dan semua belanja negara yang menggunakan satuan dollar, akan menguras devisa negara. Apabila hal tersebut tidak diimbangi dengan antisipasi yang matang, devisa akan habis dan masalah perekonomian berikutnya akan semakin kompleks. 

 

Dampak kenaikan suku bunga pada kenaikan harga produk

 

  1. Kenaikan suku bunga berbagai produk kredit di Indonesia 

Berbagai dampak tidak langsung yang akan terjadi pada ekonomi makro negara, perlahan namun pasti akan mulai dirasakan langsung pada ekonomi mikro yang bersentuhan langsung dengan rakyat. Situasi yang semakin buruk, menyebabkan suku bunga kredit di Indonesia terpaksa dinaikkan untuk menyikapi keadaan ekonomi global. Terutama apabila kredit dibayarkan dalam satuan dollar, maka bila nilai dollar menguat dan rupiah melemah, harga kredit dan bunganya jadi semakin mahal. Bagi masyarakat yang masih memiliki tanggungan kredit, keadaan ini harus benar-benar diantisipasi sebab secara langsung mempengaruhi financial keluarga. 

 

Dampak kenaikan suku bunga pada kenaikan harga produk

 

  1. Kenaikan suku bunga akan menaikkan harga-harga produk kebutuhan pokok dalam negeri 

Kenaikan suku bunga tidak hanya berhenti pada harga bunga utang berbagai produk properti dan perbankan, namun sektor kebutuhan pokok sehari-hari dan barang mewah akan ikut meroket harganya. Produk pangan, penyedia energi, pendidikan, pertanian dan industri, semua pelaku bisnis akan mengalami dampak kenaikan suku bunga the Fed ini. 

Harga bahan bakar minyak dan listrik yang sudah naik sebelumnya, tetap memiliki potensi naik lagi bila keadaan semakin memburuk. Hal ini juga berimbas tidak terkecuali pada harga kain. Akibatnya, hal itu juga berdampak pada kenaikan harga produk fashion dan bisnis konveksi di Indonesia. 

 

Dampak kenaikan suku bunga pada kenaikan harga produk

 

 

  1. Angka pengangguran meningkat 

Banyak tenaga kerja kehilangan pekerjaan karena perusahaan tidak mampu menjawab tantangan kenaikan suku bunga ini. Teruntuk perusahaan yang memiliki utang dalam satu dollar, perlu bersiap untuk membuat rencana keuangan yang kuat demi menghadapi tantangan suku bunga yang semakin mahal. Keuangan perusahaan dapat terguncang ketika utang mendadak berkali lipat lebih mahal sementara perusahaan tidak memiliki cadangan keuangan. Ketika perusahaan sedang goyah oleh masalah financial, langkah pertama yang seringkali ditempuh adalah PHK karyawan. 

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 7
  • 1433 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article