Kain Maxmara Kekurangan Kelebihan dan Pemanfaatannya | Toko Kain Surabaya

Administrator 5 Mar 2021 at 17:36
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Kain Maxmara Kekurangan Kelebihan dan Pemanfaatannya

 

 

Maxmara

 

 

Satu fakta, kain maxmara sebetulnya merupakan perusahaan atau rumah mode di Italia yang khusus memproduksi mantel mewah untuk wanita. Seiring waktu, merek ini kemudian diasumsikan sebagai jenis kain tertentu.

 

Sebetulnya kain maxmara lebih tepat disebut kain satin yang diproduksi di rumah mode Italia. Karena kain maxmara adalah kain satin dengan kualitas premium, kain maxmara umumnya memiliki ciri-ciri yang sama dengan kain satin. Tapi, kain satin maxmara yang diproduksi di Italia ini mempunyai perbedaan, seperti apa?

 

Baca Juga Artikel Terkait

 

Karakterisitik

 

Maxmara

 

 

Meski secara umum kain maxmara memiliki ciri yang sama dengan kain satin, permukaan kain maxmara lebih berkilau bak sutera. Kesan mewah dan glamor ini muncul dari proses tenun dengan teknik filamen yang menghasilkan permukaan halus dan berkilau sehingga mudah diterima oleh berbagai kalangan walau harganya jauh lebih mahal dibanding jenis kain lain.

 

Teksturnya rapat, tidak mungkin tembus pandang. Karena terlihat seperti sutera, kain maxmara memang halus, licin, dingin, dan memiliki kesan jatuh ketika dikenakan. Serupa kain satin, kain maxmara cenderung ringan dan tipis sehingga tidak memerlukan vuring sebagai pelapis seperti saat mengenakan kain satin pada umumnya.

 

Kain maxmara jika dibandingkan dengan kain satin biasa, justru tak terlalu mengkilap sehingga sangat nyaman dikenakan untuk keperluan sehari-hari. Warna kain maxmara polos juga tak semencolok satin. Jika satin biasa lebih populer dengan warna polos, kain maxmara lebih menawarkan motif cantik yang beragam.

 

Cek bahan2 kain populer di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Kelebihan dan Kekurangan

 

Maxmara

 

 

Kain maxmara yang beredar luas di pasaran tersedia banyak macam jenisnya. Bahkan antara kain maxamara polos saja bisa memiliki perbedaan yang signifikan, termasuk kelebihan dan kekurangannya. Tapi secara umum, kain yang dibuat dari teknik filamen agar menyerupai sutera ini memiliki kelebihan yang hampir sama.

 

Apabila berencana membeli kain maxmara untuk bahan baju, kain maxmara cenderung halus, lembut, tipis, dan berkilau seperti sutera sehingga sangat cocok digunakan. Kainnya adem dan jatuh sehingga nyaman dipakai, terutama jenis maxmara lux, maxmara galaxy, dan maxmara pure italy.

 

Sementara itu, kekurangan kain maxmara sendiri adalah meskipun kainnya adem saat dipakai tapi tak cukup mampu menyerap keringat sebagaimana kain katun. Beberapa jenis seperti kain maxmara lokal dan maxmara midi memiliki serat yang tebal dan kaku. Kain maxmara tampak licin dan halus hanya di satu permukaan saja, sedang permukaan lain cenderung kasar dan kaku.

 

Harganya yang mahal menjadikan kain maxmara tidak terjangkau untuk semua kalangan. Pun maxmara lux cenderung lebih tipis dibanding jenis kain maxmara lain sehingga perlu kain pelapis. Kain maxmara perlu perawatan khusus seperti harus dicuci manual dan tidak boleh dijemur di bawah sinar matahari untuk mempertahankan warna agar tidak mudah pudar dan serat kain tidak cepat rusak.

 

Baca Juga Artikel Terkait

 

Penggunaannya dalam Busana

 

Maxmara

 

 

Menggunakan kain maxmara untuk busana tak bisa sembarangan. Maksudnya, tak semua jenis busana bisa memakai kain maxmara, terutama outfit yang dipakai sehari-hari di rumah dan aktivitas di luar ruangan. Karakteristiknya yang glamor dan elegan sudah menjawab untuk siapa sebaiknya kain maxmara ini diciptakan.

 

  • Baju

Perempuan adalah makhluk istimewa yang nyaris cocok menggunakan semua jenis busana dari jenis kain. Baju gamis yang diperuntukkan khusus untuk muslimah juga sangat cocok jika dibuat menggunakan kain maxmara premium. Karena sifat kain yang jatuh dan adem, kain yang dipilih tak harus tebal yang penting tidak tembus pandang.

 

  • Dress

Dress untuk pesta maupun acara formal dan kasual lain memang cocok menggunakan bahan maxmara yang berkilau dan memiliki kesan “wah”. Terlebih kain maxmara memiliki motif cantik dan warna doff sehingga tak terlalu mencolok sebagaimana kain satin.

 

  • Gaun

Meski sama-sama untuk acara formal, gaun tak sama seperti dress yang modelnya simpel. Gaun biasanya dibuat dari gabungan beberapa jenis kain yang glamor, salah satunya kain maxmara jenis premium. Agar lebih memberi kesan mewah dan elegan, coba gabungkan dengan jenis kain chiffon, georgette, organza, tulle, dan beberapa jenis kain estetik lain.

 

  • Jilbab

Sebelum membuat jilbab dari kain maxmara, baiknya pilih kain maxmara yang tak terlalu tebal tapi juga tak tipis supaya tidak tembus pandang. Terlebih untuk jilbab syar’i yang panjang dan lebar, pemilihan kain maxmara yang tebal justru membuat tidak nyaman digunakan. Untuk pemakaian jilbab dari kain maxmara baiknya pilih jenis yang ringan.

 
 
 
 
 
 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 96
  • 79986 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article