Peluang Bisnis Produk Pakaian ala Korea | Toko Kain Surabaya

Windy 27 Feb 2022 at 8:03
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Peluang Bisnis Produk Pakaian ala Korea 

 

Fashion korea? Kenapa tidak? Antara sadar dengan tidak, budaya korea telah merebak hampir ke seluruh lapisan masyarakat. Mulai dari budaya berpakaian, kuliner, entertainment bahkan bahasa. Mulai dari remaja muda hingga orang dewasa, menjadi para penikmat budaya korea di Indonesia. Segalanya bermula dari meledaknya budaya K-POP yang menjadi idola baru untuk para generasi muda kita. 

 

Peluang Bisnis Produk Pakaian ala Korea

 

Hampir satu dasawarsa sudah, mulai dari drama hingga lagu-lagu POP menjadi hiburan favorit para remaja tanah air. Kecintaan pada produk-produk entertainment korea, hingga mengidolakan para bintang K-POP ini membuat mereka ikut meniru cara berpakaian, memakai produk-produknya hingga penasaran mencicipi kuliner korea yang terlihat begitu nikmat di drama-drama mereka.

Kondisi ini membuka peluang bisnis yang sangat menjanjikan untuk para pengusaha di tanah air, salah satu produk bisnis ala korea yang dianggap paling besar peluangnya adalah fashion.

 

Pilihan Warna Bahan Celana Kulot American Drill di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 

Alasan kenapa produk pakaian korea sangat menjanjikan:

 

Pasar peminat korea di Indonesia sangat tinggi

Pernahkah bermain-main ke beberapa sosmed atau grup yang membahas drama korea? Atau akun-akun Indonesia tempatnya para fans idola korea berkumpul? Baik itu aktor/ aktris maupun seorang idol. Berapa jumlah pengikutnya? Bagaimana keaktivan para pengikutnya dalam menanggapi konten-konten seputar sang idola?

Saat mencari di peramban, banyak sekali akun fans bintang-bintang Korea, hampir semuanya adalah akun yang aktif. Aktif membuat konten, banyak yang memberikan tanda love dan banyak pula yang berkomentar. Apa artinya? Penggemar korea di Indonesia sangat melimpah. 

 

Peluang Bisnis Produk Pakaian ala Korea

 

Memang benar, kita tidak boleh memukul rata semuanya, namun ini adalah potensi pasar yang sangat besar. Para penggemar fanatis tersebut dapat menjadi calon pembeli produk-produk fashio ala korea yang kita tawarkan. Semakin fanatik seseorang pada idolanya, semakin besar pula pengorbanan yang rela dikeluarkan demi menjadi sama seperti idolanya, terutama mengenai cara berbusana.

 

Rentang usia pasar adalah remaja sampai dewasa awal (memiliki sumber daya)

Tidak hanya jumlah pasar yang melimpah, yang dibutuhkan oleh pengusaha adalah pasar yang memiliki daya beli sehingga peluang pembeliaan semakin besar. Percuma saja pasarnya banyak jika jumlah yang besar itu tidak diimbangi dengan daya beli yang tinggi. Penjualan pun tetap tidak akan terjadi.

 

Peluang Bisnis Produk Pakaian ala Korea

 

Melihat pasar penggemar ala-ala kekoreanan, didominasi pada pasar perempuan rentang usia remaja hingga dewasa. Pada segmen pasar dewasa, daya beli yang dimiliki sudah ada, sebab rata-rata pada usia tersebut seseorang telah memiliki pekerjaan dan penghasilan. Tidak hanya daya beli ekonomi saja, namun juga daya jangkau terhadap produk pun penting. 

Dengan bergesernya budaya belanja menjadi serba online dan pengiriman kemanapun bisa, maka jarak pasar dan penjual tidak lagi menjadi hambatan. Dari kedua kondisi ini, dapat kita simpulkan bahwa pasar penggemar korea di Indonesia yang melimpah ini juga disertai daya beli yang tinggi. Hal ini semakin membuka luas peluang bisnis fashion ala korea.

 

Baca Juga Artikel Terkait

 

Belum banyak pemain di sektor pakaian ala korea

 

Alasan berikutnya mengenai pemain bisnis dalam fashion korea itu sendiri. Pernahkah mendengar sebuah teori pemasaran laut biru dan laut merah? Laut biru adalah wilayah yang sepi predatornya, sedangkan laut merah sangat banyak ikan pemangsanya. Semakin banyak ikan pemangsa dalam satu wilayah yang sama, persaingan akan semakin ketat. Begitu pula dengan dunia pemasaran. Semakin banyak pelaku bisnis yang sama, semakin sulit dan ketat juga persaingannya.

 

Peluang Bisnis Produk Pakaian ala Korea

 

Saat ini pebisnis produk fashion ala korea masih terbilang sedikit, belum menjamur seperti halnya bisnis busana muslim yang dimana-mana ada dan sudah banyak pemainnya. Kondisi ini membuat persaingan bisnis fashion korea lebih lengang sehingga lebih memudahkan gerak pemasaran karena persaingan pun tidak ketat.

 

Metode marketing yang semakin beragam 

Dahulu jarak menjadi hambatan yang cukup sulit dipecahkan. Butuh biaya dan usaha yang cukup besar untuk dapat menjangkau pasar yang luas. Tidak jarang jika hanya perusahaan besar saja yang mampu menjangkau pasar yang luas karena memiliki sumber daya melimpah. Namun semua itu telah berubah semenjak ekosistem digital semakin mapan dan kebiasaan berbelanja masyarakat yang mulai bergeser serba online.

 

Peluang Bisnis Produk Pakaian ala Korea

 

Dengan era yang baru ini, dimana segala sesuatu bisa kita lakukan secara digital, kita dapat memasarkan produk hingga ke pelosok Indonesia dan tidak perlu mengkhawatirkan jarak pengiriman produk. Melalui pemasaran online, biaya marketing semakin murah dan lebih tepat sasaran. Berbagai kemudahan teknologi ini dapat meningkatkan peluang keberhasilan bisnis fashion ala korea.

Fashion ala korea memiliki banyak peminat di Indonesia. Pada mulanya ini dikarenakan keinginan imitasi untuk menjadi seperti idola korea, namun pada akhirnya itu semua tidak akan cukup untuk mempertahankan keminatan fashion ala korea. Kita tetap harus menyiapkan berbagai strategi bisnis lainnya untuk mempertahankan keminatan dan permintaan pasar tetap tinggi, salah satunya dengan menjaga kualitas produk tetap baik.

 

Baca Juga Artikel Terkait

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 16
  • 3714 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article