Kain Rayon Kekurangan Kelebihan dan Pemanfaatannya | Toko Kain Surabaya

Administrator 20 Feb 2021 at 9:31
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Kain Rayon Kekurangan Kelebihan dan Pemanfaatannya

 

 

Memilih bahan kain memang memiliki sensasi tersendiri. Sensasi membeli bahan kain lewat online juga tak kalah menarik saat berkunjung langsung. Tapi bisa datang ke toko dan merasakan teksturnya langsung di tangan bisa memberi perbedaan.

 

 

Kain Rayon

 

 

Kalau memang tak bisa pergi ke toko, membeli online pun tak masalah. Yang penting ketahui dulu sebelum memilih satu jenis bahan kain. Terlebih jika ingin membuat baju, bahan harus benar-benar yang membuat nyaman, seperti bahan rayon.

Baca Juga Artikel Terkait

Karakteristik

 

Foto : Kain Rayon

 

 

Kain rayon terbuat dari polimer oranik. Proses pembuatannya mirip katun, sehingga kainnya cenderung ringan, adem, halus, dan lembut. Semisal tahu selimut bali, seperti itulah kira-kira gambaran tentang kain rayon, meski tak setipis dan semenerawang. Bahan kain rayon berkilau dan licin, mirip seperti kain sutra.

 

Walau bukan berasal dari katun, tapi kain rayon mampu menyerap cairan atau keringat sama baiknya seperti katun. Ini yang membuat rayon mudah diwarnai. Permukaannya yang halus, adem, dan lembut seperti bulu kucing, membuat siapa saja merasa nyaman memakainya.

 

Dalam perkembangannya, kain rayon banyak beredar di pasaran dengan kualitas rendah dengan harga cukup murah, sehingga kainnya terlalu tipis dan transparan. Selain tak cocok sebagai bahan busana, kualitas seperti itu merusak nama kain rayon sendiri.

 

Kelebihan dan Kekurangan

 

Foto : Kain Rayon

 

 

Memilih kain rayon yang berkualitas bagus tentu karena ada banyak kelebihan yang tidak ditawarkan rayon kualitas rendah. Seperti bahan rayon yang tipis dan ringan, jenis ini cocok untuk yang tinggal di wilayah tropis. Sifatnya yang adem juga membuat merasa nyaman saat memakainya.

Kelebihan lain dari bahan rayon adalah jika berniat membuat bahan baju, bahan ini cenderung jatuh dan halus. Meski bukan terbuat dari katun tapi bahan rayon mudah menyerap keringat. Sifatnya yang mudah diwarnai juga memberi fleksibilitas sendiri.

 

Kekurangan dari kain rayon adalah mudah kusut dan luntur. Kainnya yang tipis membuat proses mencuci harus memakai tangan dan diseterika penuh kehati-hatian. Sifat kainnya yang jatuh menjadikan kain rayon susah diatur atau dibentuk. Pun kain ini tergolong licin dan mudah sobek.

Ternyata dibalik teksturnya yang lembut, tipis, adem, dan flowy, proses pembuatan bahan kain rayon cukup sulit. Mulai dari selulosa yang diekstrak dari pulp kayu, kemudian direndam dalam soda kaustik, kemudian digulung untuk menghilangkan larutan soda.

 

Cek Yuk Pilihan Merk Dan Warna Kain Yg populer Di Mitra Mulia Toko Kain Surabaya

 
 

 

Penggunaannya dalam Busana

 

Foto : Mukena

 

 

Mengingat kelebihan kain rayon yang lembut, halus, dan adem, membuat siapa saja sudah jatuh cinta sebelum mengenakannya. Kain rayon memang pantas dijadikan bahan baju maupun keperluan lain.

 

· Mukena

Mukena adalah busana yang dipakai muslimah untuk ibadah shalat. Membuat mukena dari bahan rayon adalah pilihan tepat mengingat mobilitas seorang muslimah kini tak hanya di dalam rumah saja. Alasan kepraktisan, karena bahan rayon bersifat tipis dan adem, menjadikannya mudah dibawa ke mana saja.

 

· Baju Muslim

Busana muslim yang panjang dan longgar bisa dibuat dari bahan rayon yang tipis dan adem. Warna dan model yang menarik cocok untuk dipakai saat kondangan. Sifatnya yang jatuh dan halus membuat nyaman saat dipakai. Tapi ingat, pastikan kualitasnya bagus sebab kain rayon yang banyak beredar merupakan kain tipis dan menerawang.

· Baju santai

Bersantai di rumah tak perlu memakai kain sutra nan mahal, bukan? Rumah adalah tempat kita berbagi kenyamanan. Kenyamanan bisa didapat salah satunya adalah dengan mengenakan pakaian yang tipis, adem, dan halus, seperti baju santai dari kain rayon. Coba kombinasikan warna dan motif yang sesuai selera.

 

· Hijab

Ber-hijab bisa menggunakan jenis bahan kain apa saja. Salah satu yang bisa dipilih adalah kain rayon. Sifatnya yang tipis dan adem tentu membuat tubuh tak merasa gerah. Namun, hijab dari kain rayon ada kekurangannya. Kain rayon sangat licin dan jatuh sehingga tak mudah diatur dan seringkali merosot dari kepala. Siasatnya adalah dengan mengenakan ciput dan kunci dengan mengenakan ciput dan kunci dengan jarum pentul.

 

Baca Juga Artikel kami terkait

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article