Apa itu Tekstur Pakaian Pahami Juga Ragam Jenisnya | Toko Kain Surabaya

Windy 13 May 2023 at 8:04
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

Apa itu Tekstur Pakaian? Pahami Juga Ragam Jenisnya!

 

 

Pahami Tekstur Pakaian

 

Dalam dunia fashion, terdapat sebuah istilah yang dinamakan tekstur. Tekstur adalah suatu struktur kain dari benang yang terjalin sehingga membentuk kain tekstil. Tekstur merupakan salah satu hal yang sangat mempengaruhi kualitas visual dan sentuhan pada permukaan kain. Oleh karenanya, Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi sebuah pakaian dengan sentuhan.

 

Beberapa Rekomendasi Kain Parasut Terbaik Untuk Berbagai Macam Barang

 

Jenis-Jenis Tekstur

Saat ini ada sangat banyak jenis kain dan tekstur yang digunakan dalam membuat berbagai model pakaian yang modern. Jenis-jenis tekstur dapat digolongkan kedalam beberapa hal, salah satunya dari segi visualnya. Visualisasi tekstur adalah jenis tekstur yang bisa diketahui hanya dengan melihatnya saja, meskipun tetap dapat diraba.

Jenis-jenis tekstur visual pada bahan pakaian meliputi berkilau, bercahaya, bermotif kusam, berbulu, transparan, kaku, lemas, dan sebagainya. Ada juga tekstur yang bisa diketahui dengan diraba menggunakan sentuhan kulit atau ujung jari. Misalnya seperti tebal, tipis, lembut, halus, kaku, licin, kasar, dan sebagainya.

 

Jenis Kain dan Karakteristik Teksturnya

Salah satu kegunaan dari tekstur adalah memberikan ciri khas pada suatu kain. Ssetiap jenis kain saja memiliki tekstur yang berbeda-beda antar satu dan yang lainnya. Berikut beberapa jenis kain serta karakteristik dari tekstur yang dimilikinya:

 

Jenis Kain dan Karakteristik Teksturnya

 

  1. Kain Katun 

Katun adalah salah satu jenis kain yang paling umum digunakan karena teksturnya yang sangat nyaman digunakan untuk pakaian. Kain tenun dibuat dengan menggabungkan menggabungkan berbagai jenis tekstur sehingga menghasilkan jahitan pakaian yang luar biasa dan juga lebih menarik. Anda bisa memadu padankan kain dengan tekstur lembut seperti katun dengan celana jeans denim kasar karena dengan tekstur kasar tersebut akan menjadikan pakaian menjadi lebih keren, kasual, dan bergaya. 

 

  1. Wol

Meskipun tekstur kain wol terkadang bisa menjadi sangat gatal dan tidak nyaman bagi sebagian orang, namun pakaian berbahan wol dapat menghangatkan tubuh terlebih di cuaca yang dingin. Mantel wol  merupakan jenis pakaian luar yang paling hangat dan kokoh, selain juga menimbulkan kesan yang elegan ketika dikenakan. Kualitas isolasi inilah yang menjadikan tekstur wol ideal dijadikan sebagai bahan pembuatan selimut dan kaus kaki. 

 

  1. Sutra

Jenis kain yang satu ini terkenal dengan teksturnya yang halus, lembut dan kesan mewah. Teksturnya inilah yang sangat disukai banyak orang. Bahkan sejak zaman Mesir kuno kain sutra ini telah tersohor sebagai tekstil yang kokoh dan berkualitas tinggi. Tekstur kain luxe ini sangat ideal jika menginginkan pakaian dengan siluet ringan dan feminin yang biasa ditemukan di pasar mode masa kini. 

 

  1. Tweed 

Beberapa jenis pakaian memiliki kemampuan untuk menjadi ikon statement, baik dari unsur warna, ketebalan atau tekstur yang unik. Pakaian dari bahan tweed telah menjadi simbol fashion chic, modern dan juga bergaya. Tweed merupakan jenis bahan kain dengan tekstur yang menyerupai katun, namun cenderung lebih kasar. Dengan memanfaatkan kombinasi benang yang berbeda, tekstur tweed hampir langsung bisa dikenali, tidak hanya melalui sentuhan tetapi juga sangat jelas secara kasat mata.

 

Baca Juga Artikel Berikut

 

Kegunaan Tekstur Dalam Memilih Pakaian

 

Kegunaan Tekstur Dalam Memilih Pakaian

 

Salah satu kegunaan tekstur adalah dapat memberi kesan dan pengaruh tertentu terhadap bentuk badan. Oleh karena itu, tekstur juga menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih pakaian yang cocok dengan tubuh Anda. Berikut beberapa contoh cara memilih pakaian yang sesuai dengan bentuk tubuh berdasarkan tekstur bahannya:

  1. Tekstur berkilau atau bercahaya

Bahan yang teksturnya berkilau atau bercahaya memberi kesan gemuk atau besar. Oleh karena itu, pakaian dengan tekstur berkilau atau bercahayalebih cocok jika dipakai oleh orang yang bertubuh kurus jadi akan menimbulkan kesan lebih berisi.

 

  1. Tekstur lemas

Untuk bahan yang bertekstur lemas dan kainnya jatuh akan memberi kesan tampilan menjadi tambah langsing.

 

  1. Tekstur transparan

Pakaian dengan tekstur bahan yang tembus pandang kurang cocok jika dipakai oleh orang yang berbadan gemuk karena memberi kesan menjadi lebih gemuk. Contoh dari pakaian yang transparan pada bagian tekstur adalah siffon, brokat dan lain-lain akan

 

  1. Tekstur tebal, kaku dan kasar

Tiga jenis tekstur ini menimbulkan kesan tampilan yang sama, yaitu memberikan kesan tambah gemuk bagi pemakainya. Oleh karena itu, jenis tekstur ini kurang cocok digunakan untuk orang berbadan gemuk.. 

 

  1. Tekstur polos

Untuk bahan yang bertekstur polos akan memberi kesan lebih langsing dari pada bahan yang bercorak atau bermotif besar.

 

 

Rekomendasi Kain Parasut Warna Navy Paling Best Seller

 

Tidak hanya digunakan untuk mengenali jenis kain, ternyata kegunaan lain yang sangat bermanfaat dari tekstur adalah untuk memilih pakaian yang sesuai dengan bentuk tubuh. Pemilihan bahan dan pelengkapan busana yang teksturnya tidak sesuai dengan bentuk tubuh dapat menegaskan kekurangan bagi yang mengenakannya, sehingga terlihat kurang bagus. Selain itu yang sangat mempengaruhi desain hiasan busana juga sangat dipengaruhi oleh tebal tipisnya bahan, permukaan bahan. Jadi pilihlah tekstur kain yang sesuai dengan bentuk tubuh Anda sehingga akan membuat tampilan Anda lebih terlihat menarik dan juga proporsional.

 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 7
  • 2609 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article