6 Style Kebaya Modern untuk Wisuda Agar Terlihat Lebih Menarik | Toko Kain Surabaya

Clarisa 18 May at 8:00
Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe

6 Style Kebaya Modern untuk Wisuda Agar Terlihat Lebih Menarik

 

 

kebaya

 

 

Seiring berkembangnya zaman, gaya kebaya yang merupakan pakaian tradisional Indonesia juga mengalami perubahan dan transformasi. Kebaya modern pun kini menjadi salah satu pilihan wanita Indonesia untuk tampil elegan dan anggun pada momen spesial.

 

 

Berikut adalah 6 style kebaya modern yang dapat dipilih untuk merayakan Wisuda.

 

Kebaya Jawa

 

jenis kebaya modern yang diprediksi akan paling banyak dicari saat perayaan wisuda adalah kebaya jawa.

 

 

kebaya jawa

 

 

Dalam beberapa literatur, ada perbedaan dalam mendefinisikan bagaimana gaya khas kebaya jawa ini. Satu sumber menyatakan bahwa kebaya jawa memiliki ciri khas berupa kain sambungan di bagian dada yang dinamakan gaya kutu baru. Sumber lainnya meyakini bahwa kebaya khas jawa ini memiliki bentuk potongan leher “V” sehingga dapat dipastikan tidak ada kain sambung model kutu baru di bagian dadanya. 

 

Dibalik perbedaan pendapat tersebut, kebaya khas jawa memiliki satu ciri khas lain yang tidak dipertentangkan, yaitu modelnya yang anggun dan elegan. Kebaya ini memiliki potongan pakaian yang panjang hingga sepanjang paha dengan bentuk bawahannya menyerupai huruf V. Bahan yang digunakan untuk membuat kebaya jawa adalah kain brokat dengan hiasan payet. Beberapa brokat yang transparan membutuhkan kain furing/ dalaman. Sementara bawahannya menggunakan kain jarik batik yang dililitkan rapat sehingga memberikan kesan elegan dan berkelas. Kebaya khas jawa sangat cocok dipakai perayaan wisuda. Selain Itu juga cocok digunakan untuk menghadiri upacara dan pesta formal.  

 

 

Kebaya Betawi 

 

 

kebaya betawi

 

 

Tidak hanya kebaya jawa yang dikenal banyak orang, kebaya khas betawi juga sangat menarik dipakai untuk perayaan wisuda. Kebaya betawi dapat menjadi alternatif bila menginginkan penampilan yang lebih santai dan sederhana dibandingkan kebaya khas jawa. Hal tersebut karena dari segi bahan dan model kebaya betawi lebih sederhana.

 

Bila kebaya jawa dibuat dari kain brokat yang memberikan kesan mewah dan berat, maka kebaya betawi dibuat dari kain yang lebih tipis dan halus. Kainnya pun juga ringan. Biasanya hiasan kain kebaya betawi berupa bordil di bagian bawah dan ujung depan. 

 

Banyak yang mengatakan bahwa kebaya betawi mengusung model kebaya encim karena merupakan hasil perpaduan budaya jawa dengan cina tinghoa. Dengan kerah berbentuk “V” yang disatukan oleh bros besar, kebaya berkain polos dengan bordil bunga-bunga dan dominasi warna merah dan kuning. Bawahan kebaya betawi adalah kain jarik bermotif rebung atau tumpal. 

 

 

Kebaya Sunda

 

 

kebaya sunda

 

 

Meskipun Sunda dan Betawi bertetangga, namun kebaya khas kedua daerah tersebut berbeda. Dua perbedaan yang menjadi ciri khas kebaya Sunda adalah model kerah dan ujung tangannya. Kebaya sunda memiliki bentuk kerah yang unik. Alih-alih berbentuk “V” seperti kebaya betawi dan jawa, kebaya sunda memiliki bentuk segi lima dengan ujung tepat di tengah dada. Kerahnya juga berbentuk tegak sehingga memberikan kesan tegas sekaligus elegan.

 

Ciri khas kedua yaitu pada model ujung tangannya yang sangat berbeda dari dua kebaya sebelumnya. Ujung tangan kebaya sunda melebar sehingga lebih memberikan kebebasan gerak untuk pemakainya. Bila anda ingin kebaya yang mampu memberikan fleksibilitas saat perayaan wisuda, kebaya sunda dapat menjadi pilihan pertama anda. Selain itu, warna-warna khas sunda adalah warna yang terang dan cerah, seperti merah maroon dan kuning. Warna-warna cerah ini dapat menjadi simbolis kebahagiaan dan kemeriahan hari kartini. 

 

 

Kebaya Bali

 

 

kebaya bali

 

 

Setiap kebaya memiliki ciri khasnya masing-masing. Itulah yang menjadikan setiap kebaya daerah unik. Pada kebaya bali, ciri khas itu ada pada model tali ikat pinggangnya. Dibandingkan kebaya jawa, kebaya bali memiliki model yang lebih simpel dan sederhana. Potongan kebayanya pendek, tidak sampai menutupi paha, biasanya hanya sepanjang pinggul saja. Sementara model kerahnya bermacam-macam.

 

Ada model kebaya bali yang mengusung model kerah V, segi lima, bahkan off neck alias berpotongan bahu terbuka. Dari segi bahan pembuat, kebaya bali dibuat dari dua jenis kain yaitu kain brokat yang mewah dan kain katun yang lebih nyaman dan sederhana. Bagian bawahannya menggunakan kain jarik batik khas bali yang dililitkan rapat. 

 

 

Kebaya Melayu 

 

 

kebaya melayu

 

 

Kebaya modern melayu ini memiliki kekhasan yang cukup unik dan berbeda dibanding semua kebaya sebelumnya. Kebaya melayu memiliki nama lain kebaya labuh, yang mengusung konsep seperti baju kurung dimana potongan atasannya sangat panjang hingga menutupi lutut. Potongannya juga melebar ke bawah menyerupai “huruf A” ditambah model kancingnya yang hanya 3 sehingga bagian bawahnya cukup bebas. 

 

 

Kebaya Madura

 

 

 

 

Kebaya madura juga banyak diplih untuk perayaan wisuda, terutama daerah-daerah jawa timur yang mayoritas penduduknya berasal dari Madura. Ciri khas kebaya madura adalah keberadaan stagen untuk menyempurnakan penampilan kebaya. 

 

Stagen dikenakan sebagai dalaman kebaya, sementara bahan kain brokat biasanya dipilih jenis tile yang memiliki banyak pori dan transparan. Kebaya madura dipadukan dengan kain jarik batik bermotif madura yang dipakai sepanjang betis saja, sehingga tidak menutup hingga ke mata kaki. 

 

 

Share To:
Facebook Twitter Google+ WhatsApp Subscribe
  • 4
  • 716 views

Tak mau ketinggalan update artikel terbaru kami ikuti kami, masukkan email anda & klik subscribe, Terimakasih


Recent Post


Related Article